Berbagai Manfaat Teh Honeybush, Teh Herbal dengan Rasa Madu Alami

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Teh honeybush adalah minuman herbal asal Afrika Selatan yang terbuat dari tanaman honeybush (Cyclopia spp.). Nama unik minuman ini berasal dari rasa dan aromanya yang manis menyerupai madu. Selain memiliki rasa yang nikmat, teh honeybush juga dianggap memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Minuman yang mirip dengan teh rooibos ini bebas kafein serta mengandung beberapa macam mineral seperti kalsium, zat besi, dan zinc. Seperti minuman herbal lainnya, teh honeybush juga kaya akan senyawa antioksidan dengan segudang manfaat bagi tubuh.

Ragam manfaat teh honeybush

manfaat rooibos tea

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menguji khasiat dari zat-zat yang terkandung dalam teh honeybush. Berikut beberapa potensinya bagi kesehatan.

1. Melegakan kerongkongan

Teh honeybush sejak dulu digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan gejala flu, pilek, hingga infeksi saluran napas dan tuberkulosis. Minuman ini juga diyakini dapat melegakan tenggorokan yang tidak nyaman akibat penumpukan dahak.

Ini disebabkan karena tanaman honeybush mengandung zat ekspektoran yang mampu mengencerkan dahak. Tanaman ini biasanya direbus dan diberikan kepada orang yang sakit, mirip dengan penyajian teh honeybush modern.

2. Melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan

Teh honeybush sangat kaya akan senyawa antioksidan polifenol, khususnya dari jenis xanthone dan flavanone. Keduanya berpotensi mencegah peradangan pada tubuh dan menghambat pertumbuhan sel tumor.

Antioksidan lainnya pada teh honeybush juga memiliki manfaat lain, yakni melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Berkat hal ini, antioksidan dinilai membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

3. Mengendalikan gula darah pada penderita diabetes

Teh honeybush mengandung senyawa antioksidan mangiferin dan hesperidin. Menurut sejumlah penelitian pada hewan, mangiferin dapat menurunkan gula darah dengan cara merangsang produksi hormon insulin dan perbaikan sel-sel pankreas yang rusak.

Sementara itu, hesperidin bisa membantu menurunkan gula darah dengan cara meningkatkan fungsi enzim yang mengatur penyerapan gula dalam tubuh. Senyawa ini juga melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tidak hanya itu, sebuah studi terbaru dalam jurnal Molecules turut menyebutkan bahwa mangiferin dan hesperidin mungkin dapat mencegah komplikasi penyakit diabetes. Komplikasi diabetes yang dimaksud antara lain kerusakan ginjal dan sistem saraf.

4. Menjaga kesehatan kulit

cara mengurangi keriput di wajah

Selain meminum langsung, Anda pun bisa memperoleh manfaat teh honeybush dengan mengoleskannya pada kulit. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa ekstrak teh honeybush memiliki zat yang dapat melindungi kulit dari sinar UV.

Peneliti memberikan suplemen ekstrak tanaman honeybush kepada 120 orang peserta yang memiliki keriput di sekitar mata. Setelah tiga bulan, keriput pada mereka jauh lebih berkurang dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi suplemen.

Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa ekstrak tanaman honeybush mungkin bisa mencegah penebalan kulit dan tanda terbakar matahari. Tanaman ini meningkatkan kelenturan kulit dan menjaga kelembapannya sehingga kulit tampak awet muda.

5. Menjaga kesehatan tulang

Minuman untuk kesehatan tulang biasanya identik dengan susu. Namun, siapa sangka, teh honeybush ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan tulang. Manfaat ini lagi-lagi berasal dari kandungan antioksidannya, yakni mangerin dan hesperidin.

Secara berkala, sel-sel osteoklas pada tulang akan memecah jaringan tulang untuk mengambil mineral di dalamnya. Proses tersebut harus diimbangi dengan pembentukan osteoblas, yakni sel-sel yang akan membentuk jaringan tulang baru.

Jika pembentukan osteoklas lebih cepat dari osteoblas, tulang akan rentan mengalami pengeroposan. Mangiferin dapat menghambat pembentukan osteoklas, sedangkan hesperidin membantu pemulihan tulang dengan melindungi osteoblas dari kerusakan.

6. Meredakan gejala menopause

Menopause dapat menimbulkan gejala yang mengganggu, mulai dari menstruasi tidak teratur, hawa panas pada tubuh, hingga perubahan mood secara drastis. Gejala ini muncul karena hormon estrogen menurun sepanjang waktu.

Teh honeybush mengandung antioksidan isoflavon yang bersifat sebagai fitoestrogen. Artinya, senyawa ini dapat meniru hormon estrogen di dalam tubuh. Konsumsi isoflavon mungkin bisa mengatasi gejala menopause akibat menurunnya hormon estrogen alami.

Seperti minuman herbal pada umumnya, teh honeybush kaya akan antioksidan dan berbagai senyawa tumbuhan yang memberikan manfaat bagi tubuh. Senyawa-senyawa tersebut bahkan membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan dan risiko penyakit.

Sejauh ini, tidak ada laporan efek samping akibat meminum teh honeybush. Minuman ini dapat dikonsumsi secara rutin, tapi pastikan Anda merebusnya dengan air mendidih untuk mencegah risiko pencampuran dengan bahan lain dari proses produksi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat Mengejutkan Minum Teh Rooibos untuk Tubuh Anda

Jika bosan dengan teh biasa, Anda bisa mencoba teh rooibos. Sama seperti teh lainnya, teh rooibos juga memberikan manfaat bagi tubuh. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 2 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

3 Langkah Mudah Membuat Teh Sage Sendiri di Rumah

Minum teh sage diketahui menyehatkan tubuh. Namun, bagaimana cara membuat teh sage ini? Yuk, lihat langkah-langkahnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 12 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Menguak 4 Manfaat Tersembunyi Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan

Orang Indonesia tentu sudah sangat akrab dengan manfaat jamu beras kencur yang bisa meningkatkan nafsu makan. Mau tahu apa lagi manfaat jamu ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Nutrisi, Hidup Sehat 8 November 2019 . Waktu baca 5 menit

Katakan Selamat Tinggal Pada Perut Kembung dengan Minum 5 Teh Herbal Ini

Perut kembung memang membuat Anda tidak nyaman. Salah satu solusi mengatasinya adalah dengan minum teh herbal untuk perut kembung, apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Tips Sehat 29 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat teh chamomile

6 Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit
manfaat ampas teh bagi kecantikan

7 Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
minum teh herbal saat hamil

Amankah Teh Herbal untuk Ibu Hamil?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 10 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
minum jamu setelah melahirkan

Apakah Boleh Minum Jamu Setiap Hari?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 24 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit