Makan Es Krim Saat Sedang Demam Ternyata Banyak Manfaatnya (Asal Jangan Kebanyakan!)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Saat Anda sedang demam, Anda mungkin jadi tidak nafsu makan atau minum apa pun. Wajar saja, lidah mungkin terasa pahit dan tubuh terasa lemas. Padahal saat demam tubuh Anda membutuhkan asupan nutrisi dan cairan yang cukup untuk melawan penyakit. Nah, salah satu cara yang bisa Anda coba adalah makan es saat demam.

Cara ini mungkin terdengar tidak biasa atau justru berlawanan dengan kata-kata orangtua zaman dulu, yang katanya makan atau minum es justru bikin pilek. Tapi ternyata, ini tak selalu benar, lho! Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Makan dan minum es tidak bikin sakit

Sejak kecil, Anda mungkin diberi tahu oleh orangtua kalau makan atau minum es seperti es krim, es loli, sorbet buah, yogurt, atau minuman dingin bisa bikin sakit. Hal ini tidak tepat karena pada dasarnya yang bisa menyebabkan demam adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri atau virus, bukan suhu makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Demam sendiri adalah tanda sistem imun sedang memerangi peradangan atau infeksi di dalam tubuh. Penyebab infeksi sendiri bisa bermacam-macam. Misalnya infeksi bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan atau infeksi virus influenza penyebab flu atau pilek.

Karena itu, bila Anda sedang demam sebenarnya mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin tidak akan menyebabkan atau memperparah infeksi dalam tubuh.

Manfaat makan es saat demam

Makan es secukupnya ketika diserang demam ternyata bermanfaat buat Anda atau si kecil, lho. Perhatikan tiga khasiat makan es saat demam berikut ini.

1. Mencegah dehidrasi

Saat tubuh demam tinggi, Anda mungkin akan berkeringat lebih banyak dan buang air kecil lebih banyak. Hal ini bisa membuat Anda cepat kehilangan cairan. Padahal, mungkin mulut Anda terasa kurang sedap kalau harus minum banyak air.

Nah, mengisap es loli atau makan sorbet saat demam akan membantu Anda mengembalikan cairan dalam tubuh dengan rasa yang enak di mulut. Sebaiknya memang Anda membuat es loli atau sorbet sendiri di rumah supaya lebih sehat dan tidak terlalu banyak mengandung gula.

Anda bisa membuat es loli atau sorbet dengan cara membekukan jus buah asli di freezer. Supaya cita rasanya lebih manis tapi tidak kebanyakan gula, Anda bisa menambahkan madu saat membuat jus.

2. Menambah asupan kalori

Tubuh Anda membutuhkan kalori yang cukup supaya sel-sel tubuh Anda mampu mempertahankan diri dari serangan penyakit. Selain itu, kalori juga diperlukan untuk melawan infeksi. Salah satu sumber kalori yang disukai hampir semua orang adalah es krim.

Nah, es krim bisa menambah asupan kalori terutama buat orang yang tidak nafsu makan saat sakit. Disuguhi camilan yang nikmat tentu akan membuat Anda lebih bergairah untuk makan, bukan?

Akan tetapi, usahakan untuk memilih es krim yang rendah gula dan rendah lemak. Anda juga bisa membuat sendiri es krim kesukaan Anda di rumah kalau mau lebih aman.

3. Membantu meredakan nyeri akibat peradangan

Ketika Anda sedang mengalami peradangan, makanan dan minuman yang sejuk bisa membantu meredakan nyeri atau rasa tidak nyaman karena peradangan. Misalnya ketika Anda sedang sakit radang tenggorokan.

Karena itu, Anda boleh makan es krim, es loli, sorbet, yogurt, atau puding supaya tenggorokan Anda terasa lebih dingin.

Es tidak bisa mengobati penyakit

Meskipun makan es saat demam bisa membantu Anda agar lebih nyaman, bukan berarti Anda bisa bergantung pada es saja untuk mengobati penyakit. Anda tidak disarankan untuk  makan es terlalu banyak saat sakit. Ini karena tubuh Anda juga membutuhkan nutrisi lainnya seperti protein, vitamin, dan mineral untuk melawan infeksi. Sedangkan es krim, es loli, atau es campur saja tidak bisa memenuhi kebutuhan berbagai nutrisi tersebut saat Anda demam.

Perlu dipahami bahwa makan es tidak bisa mengobati penyakit. Cara yang efektif untuk mengobati penyakit adalah menyerang virus atau bakteri penyebab infeksi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara minum obat yang diresepkan dokter, cukup beristirahat, serta mengonsumsi makanan yang bernutrisi lengkap.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ketika Ada mengalami cedera kaki, mungkin Anda akan diminta untuk menggunakan tongkat penyangga (kruk) untuk berjalan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Psoriasis pada Kulit Kepala

Selain menyebabkan kepala terasa sangat gatal, psoriasis kulit kepala juga bisa bikin rambut Anda jadi cepat rontok dari biasanya. Kenapa begitu, ya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Hati-hati jika punya riwayat penyakit ginjal kronis atau akut. Komplikasinya bisa merambat sampai otak, disebut dengan ensefalopati uremikum.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

teh tanpa kafein

3 Jenis Teh yang Tidak Mengandung Kafein

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Waktu Efektif Minum Kopi

Waktu Paling Sehat untuk Minum Kopi Ternyata Bukan Pagi Hari

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit