7 Alasan Kenapa Wanita yang Sedang Haid Perlu Minum Kunyit

Oleh

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tak heran jika khasiatnya sudah dikenal sejak lebih dari 4.000 tahun lalu. Wanita Indonesia mengenal kunyit sebagai ramuan yang ampuh antara lain untuk membantu melancarkan haid. Minuman kunyit pun menjadi andalan banyak wanita ketika sedang menstruasi. Namun, apa yang membuat ramuan kuno satu ini begitu dipercaya sebagai penyelamat bagi wanita yang sedang haid? Simak baik-baik berbagai manfaat alami kunyit untuk wanita haid berikut ini.

Apakah kunyit aman dikonsumsi secara rutin?

Kunyit adalah sejenis tanaman akar yang khas karena warnanya yang mencolok, yaitu kuning keemasan. Karena berbagai kandungan nutrisinya, tanaman akar ini bahkan telah didaulat menjadi makanan yang termasuk dalam kategori superfood atau makanan super. Meskipun kaya akan manfaat, kunyit berisiko menimbulkan beberapa efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak setiap harinya.

Kunyit bisa berinteraksi dengan beberapa jenis obat dan suplemen tertentu misalnya obat diabetes, tekanan darah, dan pereda nyeri. Jadi sebaiknya Anda yang sedang menjalani pengobatan tertentu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit saat menstruasi. Terlalu banyak mengonsumsi kunyit juga berisiko menyebabkan sakit perut dan memicu maag. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, kunyit aman bagi tubuh.

Khasiat ampuh kunyit untuk wanita haid

Wanita yang sedang haid biasanya mengalami berbagai gejala yang kurang nyaman. Mulai dari sembelit, kram perut, pusing, sampai perubahan suasana hati. Untuk mengatasi berbagai gangguan yang dirasakan saat wanita menstruasi, kunyit bisa menjadi jawabannya.

1. Melawan PMS

Sebelum mendapat haid, beberapa wanita akan mengalami sindrom pramenstruasi (PMS). PMS yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang merasa sakit kepala, lemas, pilek, atau muncul jerawat. Untuk melawan berbagai gejala PMS tersebut, kunyit akan mendorong daya tahan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan baik ampuh untuk mencegah pilek dan infeksi bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, tubuh yang daya tahannya kuat juga akan terhindar dari sakit kepala dan rasa lemas karena tubuh Anda jadi lebih bugar dan sehat.

2. Mengatasi kram perut

Kram perut saat haid terjadi karena kontraksi yang kuat pada otot-otot rahim Anda. Bagi beberapa wanita, kram perut yang terjadi saat menstruasi bisa terasa begitu menyakitkan. Sebagian orang akan kesulitan menjalani fungsi sehari-hari karena tak mampu menahan sakitnya. Maka, jika Anda termasuk orang yang sering mengalami kram perut saat haid, segera konsumsi kunyit. Kandungan aktif kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai agen antiperadangan yang mampu menenangkan kontraksi yang terjadi pada otot rahim dan usus.

3. Mengatasi nyeri haid

Tak hanya perut Anda yang terasa sakit ketika menstruasi. Beberapa bagian tubuh lain seperti punggung bawah, panggul, atau payudara juga bisa terasa sangat nyeri. Kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi nyeri pada berbagai bagian tubuh. Kandungan kurkumin akan menghambat produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri. Pereda nyeri alami ini tidak akan memberikan efek samping bagi lambung Anda layaknya obat pereda nyeri lain yang dibeli di apotek.

4. Mengatur siklus haid

Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit akan membantu melancarkan siklus haid. Umumnya siklus haid yang normal adalah sekitar 28 hari. Wanita yang siklus haidnya tidak teratur, yaitu lebih dari 35 hari biasanya akan mengalami nyeri yang lebih parah dari biasanya. Selain itu, aliran darah menstruasi pun bisa jadi lebih deras atau lebih sedikit. Kunyit pun akan memicu haid secara aman dan alamiah karena makanan super ini dikenal sebagai sumber estrogen yang baik bagi wanita haid.

5. Mengurangi mood swing dan depresi

Perubahan hormon yang terjadi pada saat wanita mengalami menstruasi bisa menyebabkan perubahan emosi yang cukup drastis. Anda jadi mudah marah, sedih, atau tersentuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amsterdam, Belanda menunjukkan bahwa kunyit berkhasiat sebagai antidepresi alami yang mampu membantu Anda mengendalikan emosi saat haid. Kurkumin dalam kunyit akan menyeimbangkan berbagai zat kimia pada otak sehingga Anda pun terhindar dari mood swing, depresi, dan gangguan tidur yang kerap terjadi saat wanita mendapat haid.

6. Mencegah infeksi

Menstruasi bisa meningkatkan risiko Anda terhadap berbagai jenis infeksi oleh jamur atau bakteri pada vagina. Tak perlu khawatir, kunyit bisa menjadi andalan untuk menghentikan dan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Kunyit berfungsi sebagai agen antijamur dan antiseptik alami yang ampuh menjaga kesehatan vagina.

7. Meredakan perut kembung dan sembelit

Kunyit untuk wanita haid juga ampuh meredakan kembung dan sembelit. Rempah favorit masyarakat Indonesia ini berkhasiat untuk melancarkan pencernaan Anda berkat fungsinya yaitu antimikroba, antioksidan, dan antiperadangan. Maka, jangan lupa untuk selalu menyediakan kunyit jika Anda sering mengalami masalah pencernaan saat menstruasi.

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca