Kenapa Suara Kencang dan Tiba-Tiba Bisa Bikin Kita Kaget?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda merasa kaget saat mendengar suara kencang dan tiba-tiba? Suara kencang yang Anda dengar tiba-tiba tersebut, sontak membuat rasa kaget muncul. Rasa kaget tersebut adalah respon alami yang dimiliki tubuh ketika suatu kejadian yang tak disangka-sangka terjadi.

Pada awalnya saat suara kencang pertama kali terdengar, Anda sangat kaget. Kemudian, saat suara tersebut terulang kedua kalinya, rasa kaget Anda berkurang, hingga Anda sudah terbiasa dengan suara itu.

Mengapa tubuh merasa kaget saat mendengar suara kencang yang tidak disangka-sangka? Apakah wajar jika sering merasa kaget akibat sesuatu hal?

Habituasi akustik, respon tubuh dalam menghadapi suara kencang

Habituasi adalah kondisi di mana Anda sudah terbiasa dengan rangsangan atau stimulus yang datang dari luar. Semakin sering rangsangan itu datang, semakin mudah Anda beradaptasi sehingga perhatian Anda akan berkurang secara perlahan-lahan terhadapnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Western Ontario menemukan bahwa habituasi akustik merupakan kemampuan otak untuk menyaring dan menghalangi suara serta informasi visual yang tidak biasa. Sehingga, Anda dapat fokus dengan hal yang lebih penting lagi, tidak terganggu oleh suara kencang yang membuat Anda terkejut.

Ada beberapa kelompok orang yang tidak dapat melakukan habituasi akustik tersebut, seperti orang yang mengalami sindrom autisme dan skizofrenia. Oleh karena itu, penelitian ini sebenarnya dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana penanganan yang tepat jika seseorang tidak memiliki habituasi akustik. Dengan mengetahui bagaimana otak mengatur habituasi akustik ini, para ahli berharap mendapatkan cara baru untuk menolong pasien dengan gangguan mental tersebut.

Lalu kalau saya mudah merasa kaget, apakah normal? Ataukah saya mengalami gangguan mental juga?

Lain lagi jika Anda sangat mudah kaget terhadap kejadian apapun, entah itu rangsangan suara atau pun visual. Bahkan sampai ada orang yang loncat atau tubuhnya gemetar saking kagetnya mendengar atau melihat suatu rangsangan. Sering merasa kaget bisa jadi tanda Anda mengalami stres yang berat dan jika dibiarkan terus-terusan, bukan tidak mungkin kesehatan mental Anda menjadi semakin buruk.

Sebenarnya begini, saat Anda mendengar suara kencang dan tiba-tiba tersebut, tubuh Anda menganggap bahwa Anda baru saja mendapatkan hal yang kurang menyenangkan. Hal tersebut akan menyebabkan hormon kortisol meningkat di dalam tubuh. hormon kortisol adalah hormon yang mengatur stres di dalam tubuh, semakin banyak jumlahnya maka Anda akan semakin stres.

Seperti pada bayi yang baru lahir. Bayi yang baru dilahirkan harus melakukan adaptasi terhadap lingkungannya. Mendengar suara-suara asing yang dia dengar dari lingkungan akan membuatnya stres, sehingga hormon kortisolnya meningkat. Hal ini juga menjadi alasan mengapa bayi menangis pertama kali saat dilahirkan. Ia mencoba untuk melakukan adaptasi dan merespon dengan tangisan karena merasa terganggu saat itu.

Orang yang mudah kaget mungkin mengalami stres yang berlebihan ketimbang dengan yang jarang kaget. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa respon kaget tersebut terjadi karena seseorang tidak fokus dengan apa yang sedang dihadapinya, hal ini bisa disebabkan oleh tekanan yang orang tersebut dapatkan sehingga ia tidak terlalu memerhatikan dan fokus dengan sekitar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tidur yang Sehat, Dengan Lampu Menyala atau Mati?

Anda sering tidur dalam keadaan terang benderang dan lampu menyala? Mungkin ini saatnya mulai belajar tidur dalam gelap.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Badan lemas, ngantuk, dan mata berat? Itu tandanya Anda butuh tidur siang! Yuk, intip trik power nap ini agar tidur siang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

6 Penyebab Otak Anda Sulit Mengingat dan Mudah Lupa

Baru kenalan 5 menit yang lalu, sudah lupa namanya? Ada janji nanti sore, tapi Anda tak ingat? Ini berbagai penyebab sulit mengingat yang Anda alami.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Mati Rasa pada Kaki dan Tangan

Mati rasa sering terasa pada jari, tangan, kaki, lengan, maupun telapak kaki Anda. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab mati rasa?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lemak paha sulit dihilangkan

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit
cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit
tidur pakai bra

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit
minum madu

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit