Mengapa Hujan Bikin Perasaan Anda Menjadi Galau?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda merasa galau ketika langit gelap dan turun hujan? Jika ya, Anda tidak sendirian. Fenomena ini ternyata dialami oleh banyak orang dan memang memiliki kaitan dengan cuaca di sekitar Anda. Dengan kata lain, turunnya hujan memang bisa bikin seseorang menjadi galau.

The Pennsylvania State University menyebutkan bahwa cuaca sangat memengaruhi perilaku dan cara berinteraksi dengan orang lain, tetapi pengaruhnya berbeda pada tiap orang dan tergantung pada kondisi masing-masing. Lantas, apa alasan ilmiah di balik hujan yang bikin perasaan Anda menjadi galau? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengapa hujan bikin Anda merasa galau?

pola pikir tidak bahagia sedih depresi stres pusing

Cuaca buruk dapat membuat mood seseorang menjadi negatif, seperti yang ditemukan pada salah satu penelitian dalam jurnal Science. Menurut penelitian tersebut, sekitar sembilan persen orang tergolong dalam kelompok orang-orang yang membenci hujan.

Kelompok ini merasa lebih mudah marah dan kurang bahagia saat curah hujan sedang tinggi-tingginya. Penelitian pendukung lainnya bahkan turut menemukan bahwa hujan membuat orang-orang lebih sering menuliskan sesuatu yang negatif di media sosial.

Seorang psikolog klinis di San Fransisco, Tecsia Evans, Ph.D., mengatakan bahwa ada orang yang lebih rentan merasa sedih serta sendirian ketika cuaca mendung. Namun, hujan sebenarnya tidak secara langsung bikin suasana hati terasa galau. Perasaan galau tersebut muncul dari keadaan sekitar Anda.

Hujan mungkin membuat Anda ingin tetap berada di kamar dan menutup badan dengan selimut, tapi hal ini justru membatasi cahaya yang masuk ke rumah. Padahal, sejumlah studi menemukan bahwa paparan cahaya bisa meningkatkan serotonin. Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan rasa bahagia.

Derasnya hujan juga membatasi kegiatan yang dapat Anda lakukan. Anda pun tidak bisa menjalani rutinitas atau kegiatan yang menyenangkan seperti bertemu teman, berolahraga, dan sebagainya. Akibatnya, Anda lebih mudah merasa sedih dan lelah.

Jika Anda merasa sulit berkonsentrasi saat hujan, ini juga salah satu efek yang muncul akibat cuaca. Berdasarkan sejumlah penelitian terdahulu, tingginya kelembapan udara ketika hujan dapat memicu rasa kantuk dan berakibat pada menurunnya konsentrasi.

Seakan belum cukup, cuaca mendung dan hujan yang terus mengguyur turut membuat satu hari terasa pendek dan tidak senikmat hari-hari cerah. Semua ini terjadi secara bersamaan dan menimbulkan kesan seolah hujan yang bikin Anda merasa galau.

Hujan tidak selalu bikin galau

perawatan kulit eksim saat musim hujan atau dalam ruangan dingin

Hujan memang dapat menimbulkan emosi negatif, tapi hal ini bergantung pada banyak faktor dan kondisi yang dialami seseorang. Efek hujan terhadap mood bahkan bisa sangat berbeda antara satu orang dengan lainnya.

Sebagai contoh, mood pria saat hujan cenderung lebih stabil dibandingkan wanita. Hal ini disebabkan karena pria lebih cuek dengan perubahan cuaca. Mereka tinggal membatalkan rencananya atau melakukan kegiatan tersebut di lain hari.

Dampak hujan juga lebih terasa pada orang yang mengalami depresi. Hujan mungkin tidak hanya bikin mereka merasa sedih dan galau, tapi juga memperparah gejala depresi itu sendiri. Sebaliknya, gejala ini baru akan membaik begitu cuaca menjadi lebih cerah.

Selain itu, faktor tempat tinggal pun turut memiliki peran. Jika Anda tinggal di wilayah dengan curah hujan tinggi, hujan mungkin tidak akan terlalu memengaruhi mood Anda. Namun, apabila Anda terbiasa dengan teriknya matahari, Anda mungkin lebih mudah merasa sedih saat hujan turun.

Kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan saat hujan

cara membunuh kuman scabies

Guna mengusir galau ketika hujan, Tecsia menyarankan untuk melakukan kegiatan lain yang menyenangkan di rumah. Pasalnya, berada di rumah seorang diri tanpa kegiatan ataupun interaksi dengan orang lain bisa semakin memperburuk mood.

Ada beberapa kegiatan lain yang dapat Anda coba, misalnya:

  • Berendam air hangat dan busa
  • Memasak bersama anggota keluarga lainnya
  • Bermain game dengan teman di rumah
  • Olahraga ringan seperti jogging di sekitar rumah, push-up, dan naik tangga
  • Bersih-bersih rumah
  • Merawat diri dengan mandi, keramas, mengecat kuku, dan sebagainya
  • Mendengarkan musik atau menonton film

Derasnya hujan dan cuaca yang mendung bisa bikin galau beberapa orang. Fenomena ini sebenarnya wajar dan dialami oleh banyak orang. Akan tetapi, Anda jadi tidak dapat menikmati waktu di rumah karena terus merasa sedih.

Kunci mencegah emosi negatif akibat hujan adalah tetap aktif bergerak dan berinteraksi dengan orang lain. Lakukan apa saja yang membuat Anda merasa bahagia dan ajaklah orang terdekat Anda mengobrol bersama. Dengan begitu, hujan tidak akan membuat Anda sedih atau kesepian.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bukan Karena “Gila”, Ini 3 Penyebab Seseorang Menangis Tanpa Sebab

Anda pernah tiba-tiba menangis tanpa sebab dan tak terkendali? Tenang, bukan berarti Anda "gila". Mungkin tiga hal ini yang jadi penyebab menangis.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 12 Maret 2018 . Waktu baca 4 menit

Mengapa Cinta Membuat Kita Galau?

Sebagian besar alasan galau adalah karena asmara. Tapi secara psikologis, apa yang menyebabkan cinta membuat galau dan sedih berlarut-larut?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Psikologi 23 Agustus 2016 . Waktu baca 8 menit

11 Cara Paling Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ternyata menonton film sedih bukan cuma membuat kita menangis, tapi ada juga manfaat lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Psikologi 15 Mei 2016 . Waktu baca 11 menit

Cinderella Complex, Kondisi Mental yang Dialami Banyak Wanita

Tahukah Anda? Dongeng Cinderella ternyata melatarbelakangi fenomena galau yang kerap menghantui wanita di zaman modern ini. Nah lho!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Psikologi 4 Mei 2016 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tahap kesedihan

5 Tahap Kesedihan Setelah Menghadapi Peristiwa Buruk

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 1 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit
tips setelah putus cinta

Hadapi Rasa Gelisah Setelah Putus Cinta dengan 5 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
akibat terus berduka

Terus-terusan Berduka, Ini Dampaknya bagi Hidup Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 10 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit
mendengarkan lagu galau

Senang Mendengarkan Lagu Galau? Ternyata, Ini Manfaatnya

Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 7 November 2018 . Waktu baca 5 menit