5 Manfaat Humidifier (Pelembap Udara) Bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 06/05/2018
Bagikan sekarang

Humidifier merupakan alat yang berguna untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. Itu sebabnya, alat ini dapat bermanfaat untuk melegakan saluran pernapasan. Ada segudang manfaat yang ditawarkan dengan menggunakan humidifier, seperti mengurangi iritasi pada saluran bronkial, membantu pernapasan, serta meringankan rasa sakit pada tenggorokan. Yuk, cari tahu apa saja manfaat humidifier di bawah ini.

Mengenal beragam manfaat humidifier (pelembap udara)

1. Mengatasi kulit kering dan bibir pecah-pecah

Apakah Anda sering mengalami kulit kering? Atau bibir pecah-pecah? Atau justru kombinasi dari keduanya? Kulit kering dan bibir yang pecah-pecah mungkin sering membuat Anda jengkel. Pasalnya, kondisi ini bisa membuat tidak nyaman, tidak sedap dipandang hingga menyebabkan sakit terlebih pada bibir yang mengelupas.

Selain menggunakan ramuan alami untuk menyembuhkan kulit kering dan pecah-pecah, Anda juga bisa memanfaatkan kemampuan humidifier untuk merawat kulit dan bibir. Menurut dr. Hillard H. Pearlstein, spesialis kulit di Mount Sinai School of Medicine, humidifier bisa menambah tingkat kelembapan yang sangat dibutuhkan udara sehingga bisa membantu menjaga kelembapan kulit Anda.

Itu sebabnya humidifier baik untuk merawat permukaan yang kering, baik kulit maupun bibir. Anda bisa meletakkan alat ini di area-area yang sering digunakan keluarga untuk berkumpul, misalnya di ruang keluarga ataupun di kamar tidur. Anda juga bisa menyimpan alat ini di kantor.

2. Meredakan kulit gatal

Kulit kering sering berujung pada rasa gatal. Jika gatal ini mengganggu dan membuat Anda menggaruknya terus-menerus, maka bisa berdampak pada kulit yang rusak, lecet, bahkan terlihat seperti luka. Kondisi ini tentu akan mengganggu penampilan Anda.

Nah, di sini kerja humidifier hampir sama layaknya pelembap untuk kulit. Alat ini akan bekerja meningkatkan kelembapan kulit sekaligus meredakan gatal secara perlahan. Tak hanya itu, humidifier juga bisa untuk meredakan kulit kering akibat beberapa kondisi kesehatan seperti psoriasis, gangguan tiroid, pengobatan jerawat, dan produk kosmetik tertentu.

3. Mengobati gejala pilek, flu, dan alergi

Manfaat humidifier lainnya yakni bisa mengurangi gatal pada hidung, saluran hidung, sinus, mulut, tenggorokan, bahkan mata. Maka dari itu, humidifier banyak digunakan pada penderita pilek, flu, atau alergi.

Selain ampuh untuk mengobati masalah pada bagian hidung dan tenggorokan, humidifier juga berfungsi sebagai pencegahan dengan cara membatasi perkembangan virus dan bakteri yang tumbuh di udara yang kering.

4. Meringankan asma

Banyak orang dengan asma, baik anak-anak maupun orang dewasa, yang menggunakan humidifier untuk mencegah risiko serangan asma mereka kambuh, terutama bila asma disertai dengan infeksi pernapasan. Akan tetapi, sebaiknya orang dengan asma berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter bila berencana untuk menggunakan humidifier di rumah.

Pasalnya, bila humidifier menghasilkan kelembapan udara yang terlalu tinggi, maka bisa memicu berkembangnya alergen. Mayo Clinic melaporkan bahwa pada akhirnya, hal tersebut justru bisa memperburuk gejala asma.

5. Manfaat humidifier untuk lingkungan

Selain bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh, penggunaan humidifier juga bisa membantu menjaga lingkungan sekitar Anda. Misalnya membuat tanaman hias yang diletakkan di dalam rumah lebih sehat sebab tanaman hias ini memerlukan tingkat kelembapan udara yang baik.

Selain itu, alat pelembap udara juga bisa mencegah dinding rumah berjamur sekaligus membuat wallpaper atau cat dinding lebih tahan lama. Pasalnya, udara yang kering di dalam rumah bisa memengaruhi pertumbuhan jamur serta kondisi wallpaper dan cat hingga terkelupas.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Daftar Makanan yang Direkomendasikan dan yang Harus Dibatasi Penderita Asma

Tidak banyak yang tahu bahwa apel dan pisang termasuk makanan terbaik untuk penderita asma, tapi tidak dengan kubis atau kol. Kenapa bisa begitu?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat November 30, 2019

Atasi Sesak Napas yang Tiba-Tiba Datang dengan 3 Posisi Tubuh Ini

Mengubah posisi tubuh saat sesak napas dinilai dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Apa saja ya pose yang dianjurkan?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Tips Sehat November 4, 2019

Asma Alergi

DefinisiApa itu asma alergi? Asma alergi adalah gejala asma yang dipicu atau muncul sebagai reaksi alergi. Biasa disebut juga allergy-induced asthma. Orang dengan asma jenis ini biasanya mulai merasakan gejala ...

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z Oktober 17, 2019

Strategi Jitu Agar Lebih Terbiasa Bernapas Lewat Hidung

Terbiasa bernapas dengan hidung adalah hal yang baik untuk kesehatan Anda. Mengapa demikian dan bagaimana cara agar dapat memaksimalkan fungsi hidung?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Tips Sehat Oktober 11, 2019

Direkomendasikan untuk Anda

membersihkan ruangan untuk PPOK

Pentingnya Membersihkan Ruangan untuk Penderita Sakit Paru Kronis

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Tanggal tayang Januari 30, 2020
Kanker paru

Apa Itu Kanker Paru?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Tanggal tayang Januari 16, 2020
menghela napas saat stres dan lelah

Kenapa Kita Suka Tanpa Sadar Menghela Napas Saat Merasa Stres?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Tanggal tayang Desember 26, 2019
cara mengatasi asma kambuh

7 Cara Cepat Mengatasi Gejala Asma yang Kambuh

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Tanggal tayang Desember 10, 2019