5 Bahan Salad Buah yang Malah Bikin Gemuk

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Salad buah jadi pilihan kudapan sehat di sela jadwal makan bagi Anda yang sedang diet. Namun, nyatanya tidak semua bahan dalam olahan salad buah itu benar-benar bisa mendukung program diet. Walau bahan utamanya adalah buah yang mengandung banyak vitamin dan serat, ternyata ada bahan-bahan lain dalam salad yang malah bisa bikin Anda jadi gemuk. Apa saja?

Bahan salad buah yang bikin gemuk

Menurunkan berat badan sebetulnya bukanlah hal yang sulit, salah satu kuncinya adalah membatasi makanan dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi.

Jika dilihat secara nutrisinya, bahan-bahan yang digunakan untuk mengolah salad buah memiliki manfaat masing-masing bagi tubuh.

Namun ketika bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu, kandungan serat yang ada pada buah tidak akan bekerja secara maksimal. Bukannya melancarkan diet, bahan dalam olahan salad buah ini malah akan membuat Anda gemuk.

1. Keju

salad buah bikin gemuk
Sumber : The Spruce Eats

Keju memang mengandung protein dan merupakan sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Tapi, keju juga mengandung banyak kalori dan lemak jenuh.

Menambahkan banyak keju sebagai topping salad buah tidak disarankan kalau Anda berniat untuk menurunkan berat badan. Jika tetap menginginkannya di salad buah Anda tanpa risiko bikin gemuk, usahakan untuk membatasi takarannya.

2. Cream cheese

manfaat keju

Satu lagi, produk olahan keju yang biasanya menjadi bahan campuran saus pada salad buah. Cream cheese dibuat dari perpaduan susu dan krim yang dipanaskan dengan proses pasteurisasi, lalu ditambahkan dengan asam laktat yang membuat rasanya menjadi sedikit asam.

Meski mengandung vitamin A dan dapat menjadi sumber antioksidan yang baik, dua makan sendok cream cheese saja sudah mengandung 99 kalori dan memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Jika ingin menurunkan berat badan, Anda mungkin harus melewatkan bahan yang satu ini saat membuat salad buah.

3. Mayonnaise

salad buah bikin gemuk
Sumber : Mashed.com

Banyak anggapan bahwa mayonnaise merupakan pilihan yang kurang sehat jika dibandingkan dengan salad dressing lainnya.

Sebenarnya, mayonnaise tidak sepenuhnya buruk mengingat kandungan nutrisi yang ada pada bahan pembuatannya, yaitu kuning telur dan sari lemon. Asupan vitamin E dan K juga bisa Anda dapatkan dari mayonnaise.

Di sisi lain, satu sendok makan mayonnaise sudah mengandung sekitar 90 kalori. Hal ini disebabkan oleh minyak yang juga menjadi bahan pembuatannya.

Mayonnaise juga mengandung hampir 50% kebutuhan dari kebutuhan sodium yang dibutuhkan tubuh. Bahan dalam salad buah yang satu ini bisa bikin Anda gemuk.

Konsumsi mayonnaise berlebihan tentu tidak disarankan untuk diet rendah kalori. Sebagai alternatifnya, Anda bisa memilih jenis light mayo yang mengandung lemak lebih sedikit atau vegan mayo. Ingatlah untuk tidak memberi mayonnaise terlalu banyak.

4. Buah Kalengan

salad buah bikin gemuk
Sumber : Taste of Home

Semua sudah tahu buah-buahan adalah sumber vitamin dan serat dengan banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh.

Terkadang Anda bosan dengan buah yang itu-itu saja, buah kalengan bisa menjadi pilihan lain. Kandungan vitamin C pada buah kalengan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi selama kualitasnya masih terjaga.

Namun, menambah buah kalengan pada olahan salad buah bukanlah langkah yang paling tepat dan malah bisa bikin gemuk.

Perlu diketahui, pembuatan buah kalengan menggunakan gula tambahan untuk membuat rasanya lebih manis. Terkadang, buah seperti cherry dalam kaleng juga ditambahkan pewarna buatan saat proses produksi.

5. Yogurt

yogurt
Sumber : Food Network

Anda mungkin tidak menyangka bahwa yogurt merupakan salah satu penyebab olahan salad buah yang juga bisa bikin gemuk.

Yogurt sering digunakan sebagai salah satu bahan menu makanan diet. Susu sebagai bahan utama pembuatan yogurt memang mengandung kalsium yang baik untuk tulang.

Probiotik yang terkandung pada yogurt juga telah lama dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh dan melancarkan pencernaan.

Sayangnya, banyak orang sering lupa bahwa proses produksi yogurt juga tidak luput dari penambahan gula. Label bebas lemak tidak menjamin produk yogurt menjadi lebih sehat. Bahkan, beberapa produk bebas lemak malah mengandung gula lebih banyak dari yang biasa.

6. Susu kental manis

susu kental manis
Sumber : The Spruce Eats

Bahan yang sering ditambahkan dalam olahan salad buah adalah susu kental manis. Seperti yang telah diketahui, susu kental manis mengandung lebih banyak gula dibanding kandungan susunya sendiri.

Ketika dibandingkan, satu takaran sendok makan susu kental manis atau sekitar 30ml memiliki lebih dari 15 gram kandungan gula. Sedangkan susu biasa hanya mengandung lebih dari 3 gram gula.

Dengan kandungan gula dan lemak di setiap bahan-bahannya, perpaduan mayonnaise, keju, buah kalengan dan susu kental manis dalam salad buah tidak akan efektif untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Jika Anda khawatir salad buah yang dikonsumsi malah akan bikin gemuk, sebaiknya Anda membuat olahan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang lebih ringan dan mudah dicerna.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Malah Naik

Bubur gandum (oatmeal) adalah pilihan makanan yang baik untuk diet. Tapi hati-hati, bisa jadi oatmeal bikin gemuk karena hal-hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Berat Badan Turun, Bukan Berarti Lemak Tubuh Berkurang

Meski timbangan menunjukkan berat badan Anda 3 kg lebih ringan, kalau dietnya salah, jangan-jangan jumlah lemak tubuh tidak berkurang sama sekali.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Nutrisi, Hidup Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

6 Dampak Buruk Akibat Makan Tidak Teratur

Memang benar makan tidak teratur bisa bikin Anda cepat gemuk. Tapi dari sisi kesehatan, ada banyak efek samping buruk lainnya. Apa saja?

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Nutrisi, Hidup Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Tahukah Anda bahwa lemak paha adalah lemak yang sulit dihilangkan dibandingkan dengan lemak yang ada di bagian tubuh lain? Lalu apa penyebabnya?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 30 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

beras merah lebih sehat

Ini Alasannya Kenapa Nasi Merah Jauh Lebih Sehat dari Nasi Putih

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit
diet tinggi serat

Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
porsi makan ideal

Cara Menghitung Porsi Makan Ideal untuk Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
diet saat hamil

Bolehkah Ibu Menjalani Diet Saat Hamil?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 19 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit