5 Bahan Alami yang Bisa Bantu Anda Berhenti Merokok

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 Maret 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin sudah berniat untuk berhenti merokok, tetapi hasrat untuk kembali menyalakan korek kadang cukup sulit dibendung. Jangan cepat menyerah! Kami tahu berhenti merokok itu adalah hal yang sulit. Nah, menggunakan obat alami mungkin dapat dijadikan solusi untuk memperlancar resolusi berhenti merokok Anda tahun ini.

Obat alami untuk berhenti merokok

manfaat ginseng buat pria

Merokok adalah kebiasaan buruk yang merusak paru-paru dan menyebabkan banyak penyakit kronis. Rokok bisa langsung merusak organ tubuh bahkan sejak isapan pertama.

Tidak usah khawatir. Berikut adalah lima obat berhenti merokok secara alami yang dapat membantu Anda:

1. St. John’s wort

St. John’s wort (Hypericum perforatum) adalah semak bunga asli Eropa yang berwarna kuning. Tanaman yang satu mengandung banyak sekali bahan aktif seperti naphthodianthrones, turunan phloroglucinols, dan flavonoid.

Tanaman ini sebenarnya banyak digunakan sebagai antidepresan karena kerjanya memperbaiki suasana hati. Selain itu, tanaman ini juga bisa mengurangi gugup dan kelelahan yang berkaitan dengan depresi. Oleh sebab itu, American College of Physicians-American Society of Internal Medicine menyarankan obat ini untuk depresi ringan.

Namun, penelitian juga menemukan bahwa tanaman ini bisa digunakan sebagai obat alami untuk berhenti merokok. St. John’s wort umumnya tersedia dalam bentuk teh, tablet, cairan, dan oles.

Ekstrak St. John’s wort sangat aman jika diminum sesuai anjuran dokter selama kurang lebih 12 minggu. Sebagian bukti juga menunjukkan bahwa tanaman ini aman digunakan selama lebih dari satu tahun untuk kasus-kasus tertentu.

Akan tetapi, St. John’s wort biasanya tidak direkomendasikan untuk golongan orang berikut:

  • Wanita hamil atau menyusui
  • Anak-anak
  • Orang-orang dengan gangguan bipolar
  • Orang yang memiliki penyakit hati atau ginjal

Sebagai obat herbal, St. John’ wort juga memiliki beberapa efek samping seperti:

  • Sulit tidur
  • Mengigau
  • Gelisah
  • Mudah tersinggung
  • Sakit perut
  • Mulut kering
  • Sakit kepala
  • Ruam kulit
  • Diare
  • Kesemutan

Tetap dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan kemanjuran tanaman yang satu ini.

2. Ginseng

Ginseng diduga kuat dapat mencegah pelepasan neurotransmitter dopamin yang dirangsang oleh nikotin. Dopamin adalah hormon yang membuat perasaan senang atau lebih baik setelah merokok dan bagian dari proses kecanduan.

Oleh karenanya, penelitian yang diterbitkan dalam Neuropsychopharmacology menyatakan bahwa  ginseng bisa jadi salah satu terapi untuk kecanduan nikotin. Pasalnya ginseng bisa melemahkan efek dopamin.

Minum teh ginseng secara rutin diduga bisa mengurangi daya tarik merokok sehingga membuat sensasi setelahnya jadi kurang menyenangkan.

Sayangnya, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan keefektifan ginseng sebagai obat alami untuk berhenti merokok.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis segar ternyata tak hanya enak untuk dijadikan minuman. Sari jeruk nipis pun bisa digunakan sebagai obat alami untuk untuk berhenti merokok.

Meski begitu, sebuah penelitian yang terbit dalam Journal of the Medical Association of Thailand membuktikan, jeruk nipis sedikit kurang efektif untuk mengurangi keinginan merokok dibandingkan dengan permen karet nikotin.

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan? Jika Anda ingin mencobanya, potonglah jeruk nipis dalam beberapa bagian kemudian isaplah sarinya setiap kali Anda ingin merokok.

4. Lada hitam

Lada hitam adalah salah satu remah yang banyak digunakan sebagai bumbu masak. Namun, penelitian dalam jurnal Drug and Alcohol Dependence melihat manfaat dari lada hitam sebagai obat alami untuk berhenti merokok.

Penelitian yang dilakukan oleh Jed E. Rose dan kawan-kawannya ini menemukan bukti bahwa uap lada hitam yang dicampur dengan minyak esensial bisa mengurangi keinginan merokok.

Penelitian yang dilakukan pada 48 orang ini membuktikan bahwa lada hitam terbukti mengurangi kepuasan dan kecemasan akibat rokok.

Selain itu, uap dari lada hitam juga memberikan sensasi lega di saluran napas saat mencoba berhenti merokok.

5. Calamus

Calamus atau dlingo adalah tanaman herbal yang bagian akarnya dimanfaatkan sebagai obat. Calamus banyak digunakan sebagai untuk mengatasi rasa sakit, nafsu makan, gangguan pencernaan, demam, dan batuk.

Dalam International Journal of Collaborative Research on Internal Medicine & Public Health, calamus disebutkan memiliki manfaat sebagai obat berhenti merokok alami.

Namun, bagaimana calamus bisa bekerja sedemikian rupa inilah yang belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mencari tahu cara kerjanya.

Namun ada dugaan bahwa calamus mampu merangsang sistem saraf pusat untuk mengatasi kecemasan saat berusaha berhenti merokok.

Selain itu, karena calamus bisa mengatasi gangguan pencernaan, tanaman ini mampu meredakan sakit perut yang mungkin terjadi selama berhenti merokok.

Sebagian orang juga menyatakan bahwa mengunyah akar calamus bisa menghilangkan selera untuk menghisap tembakau.

Sebelum mencoba berbagai bahan alami ini, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk informasi lebih jelasnya.

Jangan hanya mengandalkan obat alami untuk berhenti merokok

tips berhenti merokok saat puasa

Saat berusaha untuk berhenti merokok, Anda butuh kombinasi dari banyak cara berbeda agar bisa berhasil. Jangan hanya mengonsumsi obat alami saja karena bahan ini belum tentu efektif untuk Anda saat berhenti merokok.

Justru cobalah berbagai cara mulai dari terapi, hipnosis, hingga obat dokter untuk bisa berhenti merokok. Bisa jadi, dari berbagai metode yang dicoba ada yang cocok untuk Anda sehingga memberikan efek yang maksimal.

Jangan sungkan untuk bertanya pada dokter mengenai cara apa yang paling tepat untuk berhenti merokok. Dokter akan membantu merekomendasikan cara-cara yang tepat dan sesuai kondisi tubuh Anda.

Mungkin, niat Anda untuk berhenti akan semakin bulat dan kuat ketika melihat berapa banyak uang yang selama ini Anda bakar untuk merokok. Penarasan? Coba hitung berapa besar pengeluaran Anda untuk beli rokok di kalkulator Hello Sehat ini.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Stroke Mata, Ketahui Mulai dari Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Selama ini Anda sudah tahu stroke bisa menyerang otak. Namun, ternyata Anda juga bisa kena serangan stroke mata. Apa itu stroke mata dan apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Stroke, Kesehatan Otak dan Saraf 2 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit

10 Penyebab Maag, dari Penyakit Hingga Kebiasaan Sehari-hari

Maag adalah masalah pencernaan yang dialami siapa saja. Selain pola makan yang buruk, apa lagi yang biasa jadi penyebab maag?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis dan Maag 26 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Bahaya Merokok Terhadap Daya Tahan Tubuh Manusia

Kenapa perokok lebih gampang sakit? Merokok ternyata memiliki dampak berbahaya terhadap daya tahan tubuh. Lalu apa yang bisa dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 20 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit

Klaudikasio

DefinisiApa itu klaudikasio? Claudication atau klaudikasio adalah nyeri yang timbul saat berolahraga. Klaudikasio biasanya merupakan gejala yang diakibatkan oleh adanya penyempitan arteri di tangan dan kaki menyempit ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 4 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya vape rokok elektrik

Macam-Macam Jenis Vape (Rokok Elektrik) Plus Risiko Bahayanya yang Perlu Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2021 . Waktu baca 12 menit
wajah tidak simetris

8 Sebab Mengapa Seseorang Memiliki Wajah yang Tidak Simetris

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
dampak buruk tembakau

Peneliti Dorong Pengurangan Dampak Buruk Tembakau Melalui Produk HPTL

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 9 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
emfisema

Emfisema

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 8 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit