Nama Generik: Bunga Celandine

Manfaat

Bunga celandine untuk apa?

Bunga celandine sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati gangguan pencernaan seperti maag (dispepsia) dan penyakit kantung empedu. Celandine juga berfungsi untuk mengobati asma, bronkitis, dan batuk rejan. Sementara itu, akar celandine banyak digunakan untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur dan untuk mengurangi sakit akibat sakit gigi atau setelah cabut gigi.

Selain itu, ekstrak bunga ini turut diklaim bermanfaat bagi kulit dan untuk menurunkan berat badan. 

Bagaimana cara kerjanya?

Belum ada cukup studi tentang bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Silakan diskusikan dengan ahli atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak daun celandine mengandung 20 alkaloid, termasuk benzophenanthridines, protoberberines, dan turunan asam hydroxycinnamic acid.

Zat kimia yang bertanggung jawab terhadap aktivitas antispasmodic (kejang dan kedutan) pada celandine belum diketahui.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk celandine untuk orang dewasa?

Suplemen celandine dosis 1 ml yang dicampur dengan diminum satu kali sehari selama 4 minggu untuk mengobati sakit perut. Suplemen ini bisa dicampur dengan daun peppermint, chamomile Jerman, jintan, licorice, tanaman clown’s mustard, lemon balm, angelica, dan milk thistle.

Dosis suplemen herbal ini berbeda-beda bagi setiap pasien, karena bergantung  pada umur, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Suplemen herbal tidak selalu aman digunakan. Konsultasikan dengan herbalis atau dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Dalam bentuk apa saja bunga celandine tersedia?

Suplemen herbal ini mungkin tersedia dalam bentuk dosis ekstrak, teh, dan tingtur (cairan).

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh celandine?

Bunga celandine dapat menimbulkan beberapa efek samping termasuk:

  • Pusing, mengantuk, kelelahan, kelesuan, insomnia, gelisah
  • Tekanan darah rendah
  • Mual, hepatotoksisitas (ringan sampai parah)
  • Luka yang terasa gatal atau seperti ditusuk-tusuk

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Terdapat beberapa efek samping  lain yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran apapun tentang efek samping obat ini, silakan berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.  

 

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi celandine?

Perhatikan jika timbul gejala keracunan hati (meningkatnya tes fungsi hati, tinja berwarna tanah liat, nyeri di bagian kanan atas tubuh, sakit kuning). Jika gejala ini muncul, hentikan penggunaan celandine. Simpanlah celandine di tempat yang sejuk, kering, jauh dari panas dan kelembapan.

Seberapa amankah celandine?

Distribusi dan penggunaan suplemen herbal tidak diatur ketat oleh BPOM layaknya obat medis. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanannya. Sebelum menggunakan, konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut untuk memastikan manfaat penggunaan suplemen herbal lebih besar dibandingkan risikonya.

Tidak ada informasi resmi mengenai apakah aman mengonsumsi celandine jika Anda sedang hamil atau menyusui. Supaya aman, hindari penggunaannya jika Anda dalam kondisi ini.

Celandine mungkin menyebabkan sistem imun lebih aktif. Ini mungkin meningkatkan gejala penyakit autoimun. Jika Anda memiliki kondisi ini, sebaiknya hindari penggunaan celandine.

Beberapa jenis ekstrak celandine dilaporkan meningkatkan aliran empedu. Ada kekhawatiran bahwa ini akan membuat gangguan saluran empedu menjadi lebih parah.

Terdapat bukti bahwa celandine juga bisa menyebabkan hepatitis. Jangan gunakan celandine jika Anda memiliki penyakit liver.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi celandine?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan obat Anda saat yang lain atau kondisi medis Anda saat ini. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakannya.

Obat-obatan yang dapat membahayakan hati (obat-obatan hepatotoksik) akan berinteraksi dengan celandine. Sebelum mengonsumsi celandine, beri tahu dokter atau ahli kesehatan Anda mengenai obat-obatan yang sedang Anda minum.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 7, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 7, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan