Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

1

ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

7 Rekomendasi Obat Alami untuk Redakan Sakit Gigi

    7 Rekomendasi Obat Alami untuk Redakan Sakit Gigi

    Berobat ke dokter adalah solusi terbaik ketika Anda sedang sakit gigi. Namun, dokter gigi biasanya tidak bisa melakukan apa-apa selama gigi masih terasa ngilu. Jangan khawatir! Anda mungkin bisa coba beberapa obat sakit gigi alami atau herbal ini sembari menunggu jadwal konsultasi berikutnya.

    Beberapa pilihan obat sakit gigi alami

    Ada banyak hal yang jadi penyebab sakit gigi. Mulai dari gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi, atau gangguan pada persendian rahang. Namun apa pun penyebabnya, ngilu yang dirasakan biasanya tidak cuma membuat susah makan dan minum tapi juga sampai merambat ke kepala.

    Berikut adalah beberapa obat sakit gigi alami dan tradisional yang bisa membantu sebelum Anda pergi ke dokter:

    1. Garam

    manfaat garam untuk wajah

    Berkumur dengan air garam adalah langkah pertolongan pertama sebelum Anda pergi ke dokter gigi.

    Berkumur dapat membantu melepaskan sisa-sisa makanan yang masih tersangkut di antara gigi. Sementara larutan garam dapat menaikan keseimbangan PH dalam mulut. Selain itu, menciptakan lingkungan beralkaline yang membuat bakteri susah untuk hidup.

    Bakteri hanya bisa berkembang biak di lingkungan yang asam dan lembap. Nah, lingkungan tersebut umumnya terjadi karena kondisi mulut kering. Ketika mulut kering, produksi air liur menjadi lebih sedikit, padahal air liur berfungsi untuk menetralisasi keseimbangan PH di dalam mulut.

    Berkumur bisa mengurangi kondisi kekeringan pada mulut. Oleh karena itu, cara ini dapat membantu meringankan rasa sakit gigi dan meredakan bengkak pada gusi. Cara mengobati sakit gigi tradisional ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka di area mulut..

    Cara menggunakan air garam sebagai obat sakit gigi alami sangat mudah. Cukup larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam setidaknya dua kali sehari atau sampai sakit gigi mereda.

    Penggunaan air garam sebagai pereda nyeri gigi sudah ada sejak sejak zaman nenek moyang dulu, lho! Cara alami ini juga dinilai aman dilakukan oleh ibu hamil.

    2. Cengkeh

    minyak cengkeh
    sumber: Natural Pigments

    Sebuah penelitian dari Journal of Dentistry melaporkan terdapat 78-95% senyawa eugenol dalam cengkeh dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Dokter gigi juga menggunakan perawatan eugenol untuk meredakan nyeri pada gigi atau gusi.

    Berdasarkan hal tersebut, banyak yang menggunakan cengkeh untuk membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

    Cara menggunakan cengkeh sebagai obat sakit gigi alami bermacam-macam. Ada yang menyarankan menggigit batang cengkeh utuh pada area gigi yang sakit selama beberapa saat. Ada pula yang menyarankan pakai bola kapas yang dicelup ke minyak cengkeh dan ditempel pada gigi yang sakit.

    Namun, hati-hati dengan risiko iritasi, sesak napas, dan perdarahan jika menggunakan cengkeh. Selain itu, waspadai juga risiko iritasi pada mata akibat tangan langsung menyentuh mata setelah memegang cengkeh. Jadi pastikan cuci tangan segera setelah memegang cengkeh.

    Selain itu, biji atau minyak cengkeh yang tertelan juga dapat meningkatkan risiko sakit tenggorokan dan muntah. Maka, pastikan minyak cengkeh tidak menetes ke lidah atau gusi yang sensitif.

    Keteledoran ini dapat menyebabkan sensasi terbakar pada gusi atau kerusakan jaringan dan saraf di sekitar gigi yang sakit. Minyak cengkeh juga sebaiknya tidak gunakan pada wanita hamil dan menyusui, anak-anak, dan orang-orang yang punya riwayat medis tertentu.

    3. Daun jambu

    jambu biji penyebab usus buntu

    Jangan buang daun jambu jika Anda baru saja beli buahnya. Daun jambu merah memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri (analgesik) yang bisa jadi cara mengobati sakit gigi di rumah.

    Merangkum berbagai penelitian, daun ini dilaporkan membantu meredakan rasa nyeri pada gigi dan peradangan akibat penyakit periodontitis. Dua penelitian berbeda dari Filipina dan Kamerun juga membuktikan daun jambu merah ampuh untuk mengobati sariawan.

    Cara pakainya, kunyah 1-2 lembar daun jambu sampai airnya keluar. Kemudian oleskan sari-sari daun dengan lidah Anda langsung pada gigi yang sakit.

    Tidak suka dengan rasa daun yang pahit? Alternatif lainnya Anda bisa merebus empat sampai lima lembar daun jambu kemudian saring dalam gelas. Diamkan dulu sampai hangat suam kuku, tambahkan sejumput garam. Gunakan larutan daun jambu tersebut sebagai obat kumur.

    4. Bawang putih

    khasiat bawang putih

    Manfaat bawang putih sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai obat alami untuk sakit gigi. Bawang putih bekerja meredakan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi.

    Memanfaatkan bawang putih sebagai cara mengobati sakit gigi tradisional sangat mudah. Anda bisa mengunyah bawang putih mentah selama beberapa menit di sisi mulut yang giginya nyut-nyutan.

    Jika tidak suka dengan cara itu, iris tipis bawang dan gigit irisan tersebut pada area gigi yang sakit. Anda juga bisa menghaluskan bawang putih untuk dioleskan di area gigi yang ngilu.

    Namun, diingkatkan kembali bahwa Anda perlu berhati-hati saat menggunakan bawang putih untuk obat sakit gigi. Menurut penelitian dari India, bawang putih mentah yang dibiarkan dalam mulut terlalu lama dapat mengakibatkan luka bakar pada gusi serta jaringan lunak di dalam mulut.

    Penelitian lain juga menemukan bahwa bawang putih mentah yang dioles langsung pada kulit sama-sama dapat mengakibatkan luka bakar.

    5. Thyme

    thyme obat sakit gigi herbal

    Pernah mendengar tanaman thyme? Anda bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai obat sakit gigi herbal. Thyme diklaim mempunyai kandungan antibakteri serta antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mengobati sakit gigi.

    Cukup teteskan minyak esensial yang mengandung thyme pada kapas secukupnya, lalu oleskan pada area gigi yang terasa sakit. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam air dan menjadikannya obat kumur.

    6. Peppermint

    manfaat peppermint

    Hampir sama seperti cengkeh, peppermint atau pepermin mempunyai kandungan yang sifatnya mematikan serta meredakan sakit gigi. Cara mengobati sakit gigi herbal ini juga mempunyai kandungan menthol yang dikenal sebagai antibakteri.

    Cukup rendam daun pepermin kering ke dalam air panas dan diamkan selama 20 menit. Kalau sudah terasa hangat atau dingin, Anda bisa gunakan sebagai obat kumur-kumur bahkan diminum.

    7. Es batu

    radang dingin

    Rekomendasi obat sakit gigi alami lainnya adalah kompres es batu. Suhu dingin dari es batu dapat mengebaskan saraf pemicu nyeri sehingga meredakan rasa sakitnya sementara.

    Selain itu, dinginnya es batu juga merangsang penyempitan pembuluh darah di wajah dan memperlambat aliran darah menuju lokasi cedera. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri.

    Caranya masukkan beberapa bongkah es batu ke dalam plastik kemudian lapisi lagi dengan waslap tipis. Tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Anda juga bisa langsung menggigit es batu pada permukaan gigi yang sakit.

    Trik lainnya adalah dengan memijat es batu pada bagian di antara ibu jari dan telunjuk di punggung tangan yang sama dengan sisi gigi yang ngilu. Jadi misalnya gigi yang sakit ada di sisi kanan wajah, pijat punggung tangan kanan tepat di tengah-tengah jempol dan jari telunjuk pakai es batu.

    Saraf di jari-jari Anda akan mengirimkan sinyal “dingin” yang mungkin akan menimpa sinyal rasa sakit dari gigi Anda.

    8. Berkumur pakai cuka

    khasiat cuka apel

    Jika Anda kurang berminat dengan asinnya air garam, mungkin cara mengobati sakit gigi ini bisa jadi pilihan. Cuka dapur dan cuka apel mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh membunuh kuman penyebab sakit gigi.

    Namun, jangan berkumur dengan cuka murni. Asam dari cuka bisa merusak lapisan enamel gigi jika terpapar langsung. Maka, larutkan dulu 1/2 sdt cuka ke dalam segelas air hangat. Kumur dan tahan di daerah yang sakit selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang.

    Apabila Anda tidak kuat dengan rasa masam dari cuka, Anda bisa teteskan cuka pada kapas dan tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit. Setelah itu, segera berkumur dan sikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi khusus gigi sensitif.

    9. Air Madu

    manfaat madu

    Madu juga bersifat sebagai antiseptik dan antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gigi ngilu. Bahkan, satu penelitian dari The Saudi Dental Journal melaporkan madu juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dan radang gusi (gingivitis).

    Anda bisa melarutkan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat dan aduk rata. Gunakan air madu tersebut sebagai obat kumur selama 30 detik. Buang bekas air kumur tadi, dan akhiri dengan minum air putih.

    10. Kunyit

    cara mengobati sakit gigi dengan kunyit

    Kunyit yang biasa dipakai untuk menyedapkan masakan ternyata juga bermanfaat sebagai obat gigi ngilu alami.

    Senyawa curcumin dalam kunyit diketahui efektif untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangannya. Untuk menjaga kesehatan mulut dan mengobati gigi ngilu, Anda bisa mengolah kunyit dengan dua cara.

    Pertama, parut setengah ruas kunyit dan letakan pada gigi yang bermasalah selama beberapa menit. Kedua, Anda bisa mengolah kunyit menjadi pasta gigi.

    Caranya, campurkan parutan kunyit dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk rata semua bahan tersebut sampai membentuk krim kental. Gunakan krim ini setiap kali Anda ingin menyikat gigi.

    11. Licorice (akar manis)

    manfaat tanaman licorice

    Menurut penelitian yang dipublikasikan pada American Chemical Society’s Journal of Natural Products, licorice alias akar manis dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Terdapat senyawa licoricidin dan licorisoflavan A, yang merupakan antibakteri, berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

    Tak hanya itu, licorice sebagai cara mengobati sakit gigi tradisional juga dapat mengurangi plak pada gigi. Anda bisa menggunakan bubuk akar manis untuk menyikat gigi. Selain itu, Anda bisa menggunakan langsung batangnya yang lembut sebagai sikat gigi.

    12. Lidah buaya

    cara mengobati sakit gigi dengan lidah buaya

    Biasanya, lidah buaya digunakan sebagai perawatan kulit wajah juga rambut. Hal ini dikarenakan manfaatnya untuk menenangkan kulit dan mampu menebalkan rambut.

    Tapi, Anda juga dapat menggunakan lidah buaya sebagai obat sakit gigi berlubang yang alami.

    Menurut penelitian yang dilakukan pada 2015, gel lidah buaya diklaim dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Kini penelitian tersebut masih berlanjut untuk melihat apakah lidah buaya dapat membantu meremineralisasi enamel pada gigi.

    Hati-hati pakai obat sakit gigi alami

    obat sakit gigi alami

    Banyak orang memilih menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati berbagai macam penyakit karena dinilai lebih aman dan minim efek samping. Faktanya, obat herbal dan bahan alami tidak selalu pasti aman.

    Misalnya saja cengkeh. Menelan minyak cengkeh tidak hanya bisa membuat mual dan muntah, tapi juga meningkatkan risiko kejang, gagal ginjal, dan kerusakan hati jika terlalu banyak yang tertelan.

    Semua orang bisa saja mengalami reaksi atau efek samping yang berbeda-beda. Jika Anda mendapatkan efek yang baik, belum tentu orang lain juga merasakan hal yang rupa. Maka, selalu berhati-hati ketika menggunakan bahan alami untuk mengobati penyakit.

    Ada baiknya selalu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum Anda menggunakan obat herbal atau bahan alami apa pun.

    Namun ingat, berbagai pilihan obat sakit gigi alami atau herbal di atas juga hanya bersifat sementara. Jika kondisi Anda tidak juga membaik atau malah semakin memburuk, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter gigi.

    Kapan harus periksa ke dokter?

    dokter gigi

    Jangan sepelekan sakit gigi yang Anda alami. Jika tidak ditangani dengan tepat, sakit gigi dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

    Secara umum, Anda harus cepat-cepat ke dokter gigi apabila:

    • Rasa nyeri dan berdenyut tidak juga mereda meski sudah minum obat pereda nyeri.
    • Mengalami demam tinggi.
    • Keluar cairan nanah yang berbau tidak sedap atau busuk dari gigi yang terinfeksi.
    • Kesulitan untuk menggigit atau menelan makan, bahkan untuk sekadar membuka mulut.
    • Sakit gigi menjalar hingga ke telinga.
    • Gusi bengkak atau mengalami perdarahan yang tidak normal.
    • Sakit gigi yang dialami sangat melemahkan hingga membuat Anda tidak bisa beraktivitas.

    Pengobatan sakit gigi di dokter gigi akan disesuaikan dengan gejala dan penyebab yang mendasarinya. Maka jangan ragu untuk segera berobat ke dokter gigi apabila Anda merasa ada yang tidak biasa atau aneh dari tubuh Anda. Semakin cepat sakit gigi diobati, maka akan semakin baik.


    Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

    Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Alqareer, A., Alyahya, A., & Andersson, L. (2006). The effect of clove and benzocaine versus placebo as topical anesthetics. Journal Of Dentistry34(10), 747-750. doi:10.1016/j.jdent.2006.01.009

    Bagga S, e. (2019). Garlic burn as self-inflicted mucosal injury–a case report and review of the literature. – PubMed – NCBI Ncbi.nlm.nih.gov. Retrieved 19 June 2019, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19057745

    Alqareer, A., Alyahya, A., & Andersson, L. (2006). The effect of clove and benzocaine versus placebo as topical anesthetics. Journal Of Dentistry34(10), 747-750. https://doi.org/10.1016/j.jdent.2006.01.009

    Guintu, F., & Chua, A. (2013). Effectivity of Guava leaves (Psidium guajava) as Mouthwash for Patients with Aphthous Ulcers. Philippine Journal Of Otolaryngology-Head And Neck Surgery28(2), 8-13. https://doi.org/10.32412/pjohns.v28i2.469

    Cronkleton, Emily. 10 Home Remedies for Toothache . (2020). Retrieved 19 March 2020, from https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache

    Ponsfors, Soccy. 9 home remedies for a toothache. (2020). Retrieved 19 March 2020, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/320315

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 2 weeks ago
    Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri
    Next article: