Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Redakan Panas Dalam dengan Obat Alami dan Herbal

    Redakan Panas Dalam dengan Obat Alami dan Herbal

    Kondisi panas dalam bukanlah jenis penyakit yang selalu memerlukan obat medis. Panas dalam juga dapat diatasi menggunakan berbagai jenis obat herbal yang alami.

    Biasanya, gejala panas dalam yang dialami seseorang mulai dari sakit tenggorokan, bibir kering, sariawan, badan lemas, dan sembelit (susah buang air besar). Untuk mengatasi kondisi tersebut, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

    Panas dalam bukanlah sebuah penyakit

    Tidak ada penyakit panas dalam di dunia kedokteran. Panas dalam lebih tepat diartikan sebagai serangkaian gejala yang menyerang mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan.

    Istilah panas dalam sendiri sebenarnya berakar dari ilmu kedokteran tradisional Tiongkok. Sejak berabad-abad lalu, para tabib di Tiongkok percaya kalau suhu tubuh manusia sejatinya selalu seimbang, seperti Yin dan Yang.

    Jika suhu dalam tubuh tidak seimbang, karena terlalu panas misalnya, Anda pun akan mengalami gejala-gejala panas dalam.

    Sementara dalam ilmu kedokteran modern, gejala-gejala panas dalam biasanya disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu.

    Bibir kering dan lemas dapat diakibatkan oleh dehidrasi, sedangkan sembelit bisa terjadi karena Anda kekurangan asupan serat, vitamin, dan mineral.

    Sementara itu, sakit tenggorokan dan sariawan juga tidak disebabkan oleh panas di dalam tubuh, melainkan karena infeksi atau penyakit lainnya.

    Anda bisa melakukan penanganan sementara akibat rasa tidak nyaman dari panas dalam.

    Namun, apabila Anda sudah lebih dari tiga hari merasakan gejalanya, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab yang mendasari kondisi ini dan mendapat pengobatan panas dalam yang tepat.

    Berbagai macam obat panas dalam alami dan herbal

    apa itu panas dalam

    Langkah pertama untuk mengobati panas dalam adalah mengenali apa penyebab munculnya gejala-gejala yang Anda alami.

    Dengan begitu, Anda dapat mengetahui pengobatan seperti apa yang paling tepat untuk kondisi tersebut.

    Lebih jelasnya, simak berbagai pilihan obat panas dalam alami dari bahan herbal berikut ini.

    1. Kumur air garam

    Berkumur dengan larutan garam bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan. Caranya, siapkan segelas air putih hangat dan campurkan dengan satu sendok teh garam.

    Untuk mengobati sakit tenggorokan, berkumurlah sambil mendongak. Sementara untuk mengusir sariawan, Anda bisa berkumur tepat di area yang sakit.

    Anda bisa berkumur selama 20 sampai 30 detik lalu buang airnya, jangan ditelan. Ulangi berkumur air garam setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang efektif.

    2. Ampas teh celup

    Atasi sariawan dengan mengompres bagian yang sakit atau luka menggunakan kantong teh celup yang sudah Anda seduh.

    Daun teh bermanfaat sebagai obat panas dalam alami dari bahan herbal untuk melawan peradangan sekaligus meredakan nyeri.

    Kompres sariawan selama 15 sampai 20 menit kira-kira sebanyak tiga kali sehari.

    3. Banyak minum air putih

    Beberapa gejala panas dalam, seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah, bisa diakibatkan oleh dehidrasi. Maka dari itu, pastikan Anda cukup minum air putih.

    Untuk menggantikan cairan yang hilang, usahakan untuk minum paling tidak 2 liter (L) atau sekitar sepuluh gelas air dalam sehari.

    4. Madu

    Dalam berbagai penelitian, madu ternyata ampuh untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan. Disarankan untuk menggunakan madu murni, bukan madu kemasan.

    Madu kemasan umumnya mengandung gula tambahan yang bisa bikin tenggorokan Anda makin sakit.

    Jadi, jika tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera minum madu murni. Anda bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja.

    Anda juga bisa membuat larutan khusus dengan madu, jahe, dan lemon.

    Obat panas dalam ini membutuhkan satu sendok teh masing-masing bubuk jahe dan madu, setengah gelas air panas, dan setengah buah lemon yang diperas.

    Seduh bubuk jahe dengan air hangat, tambahkan jus lemon dan madu, lalu kumur. Madu dan jahe dapat melegakan rasa sakit di tenggorokan karena punya kandungan antibakteri yang ringan.

    Madu juga bisa jadi solusi bibir kering sampai pecah-pecah. Caranya, oleskan madu pada bibir Anda untuk menjaga kelembapan alaminya.

    5. Kompres dingin

    Sariawan yang muncul di tenggorokan dan area mulut lainnya bisa terasa nyeri.

    Oleh karena itu, kompres bagian yang nyeri dan sariawan dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain lembut yang steril.

    Anda juga bisa mencelupkan kain bersih ke air dingin sebagai kompres.

    Ragam sayur dan buah sebagai obat alami untuk meredakan panas dalam

    buah dan sayuran untuk asam urat

    Sayur dan buah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

    Untuk itu, sayur dan buah sering kali digunakan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya panas dalam.

    Berikut ini adalah beberapa buah dan sayur yang bisa menjadi obat alami untuk meredakan panas dalam.

    1. Delima

    Penelitian oleh National Institute of Health menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah delima mengandung zat antioksidan dan antiperadangan.

    Vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

    Buah delima diketahui mengandung kadar vitamin C tinggi, sedangkan bijinya terbukti bisa membantu meredakan peradangan.

    Oleh karena itu, buah ini dipercaya dapat menangkal infeksi dan mengurangi peradangan yang bisa menjadi pemicu gejala panas dalam.

    2. Pisang

    Pisang merupakan buah yang memiliki tekstur lembut. Oleh karena itu, buah ini bisa memberikan sensasi yang nyaman dan menenangkan saat dimakan.

    Bukan hanya itu, buah ini juga mengandung potasium, vitamin C, dan vitamin B6 yang diyakini bisa membantu meredakan sakit tenggorokan terkait panas dalam.

    3. Kentang

    Sama seperti pisang, kentang juga mengandung potasium. Bukan hanya itu, kentang juga mengandung magnesium, vitamin B, dan nutrisi lainnya yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

    Selain itu, kandungan serat dalam kentang pun cukup tinggi, sehingga bisa meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

    Anda bisa masak kentang menjadi kentang tumbuk agar lebih mudah dan nyaman saat dimakan.

    4. Wortel

    Wortel juga merupakan salah satu jenis sayur yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

    Bukan hanya kaya akan beta karoten, wortel juga mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan penyebab panas dalam.

    Namun, teksturnya yang cenderung keras sebenarnya bisa mengganggu saat makan karena bisa memperparah gejala sakit tenggorokan.

    Untuk itu, sebaiknya masak wortel menjadi sup halus atau puree jika ingin memakannya untuk membantu meredakan panas dalam.

    Bila cara-cara alami di atas tak mampu meredakan gejala panas dalam yang Anda alami, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.


    Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

    Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Kenealy T. (2014). Sore throat. BMJ clinical evidence2014, 1509. PMID: 24589314; PMCID: PMC3948435.

    What Do ‘Heaty’ and ‘Cooling’ Really Mean? (2022). Retrieved 15 July 2022, from https://www.healthhub.sg/live-healthy/800/Heaty-and-cooling-09Nov2015-NHG

    Sore Throat. (2022). Retrieved 15 July 2022, from https://osteopathic.org/what-is-osteopathic-medicine/sore-throat/

    Sore throat – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 15 July 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/symptoms-causes/syc-20351635

    Canker Sores (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2022). Retrieved 15 July 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/canker.html

    Cek Produk BPOM – BPOM RI. (2022). Retrieved 15 July 2022, from https://cekbpom.pom.go.id/

    Sore Throat (Pharyngitis): Causes & Treatments. (2022). Retrieved 15 July 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/8274-sore-throat-pharyngitis#management-and-treatment

    Pomegranate. (2022). Retrieved 15 July 2022, from https://www.nccih.nih.gov/health/pomegranate

    Cough. (2022). Retrieved 15 July 2022, from https://www.mayoclinic.org/symptoms/cough/expert-answers/honey/faq-20058031

    Femina, F., Style, C., To, H., News, F., expert, A., & 2020, F. et al. (2022). Foods that help cure a sore throat. Retrieved 15 July 2022, from https://www.femina.in/wellness/diet/foods-that-help-cure-a-sore-throat-139604.html

    Wilborn, B. (2022). 10 Foods to Eat with a Sore Throat. Retrieved 15 July 2022, from https://healthcareassociates.com/10-foods-to-eat-with-a-sore-throat/#:~:text=Potassium%2C%20vitamin%20C%2C%20and%20vitamin,experience%20relief%20from%20throat%20pain.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui 4 weeks ago
    Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto