6 Cara Cepat dan Alami Redakan Panas Dalam

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 12 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kondisi panas dalam bukanlah jenis penyakit yang memerlukan obat medis. Panas dalam dapat diatasi menggunakan berbagai jenis obat alami.

Biasanya gejala panas dalam yang dialami seseorang mulai dari sakit tenggorokan, bibir kering, sariawan, lemas, dan sembelit (susah buang air besar). Untuk mengatasi kondisi tersebut, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa itu panas dalam?

Tidak ada penyakit panas dalam dalam dunia kedokteran. Panas dalam lebih tepat diartikan sebagai serangkaian gejala yang menyerang mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan.

Istilah panas dalam sendiri sebenarnya berakar dari ilmu kedokteran tradisional Tiongkok. Sejak berabad-abad lalu, para tabib di Tiongkok percaya kalau suhu tubuh manusia sejatinya selalu seimbang seperti Yin dan Yang. Kalau suhu dalam tubuh tidak seimbang, karena terlalu panas misalnya, Anda pun akan mengalami gejala-gejala panas dalam. Karena itu Anda butuh minuman penyegar yang bisa mengembalikan suhu tubuh supaya seimbang lagi.

Sedangkan dalam ilmu kedokteran modern, gejala-gejala panas dalam biasanya disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu. Bibir kering dan lemas dapat diakibatkan oleh dehidrasi. Sedangkan sembelit bisa terjadi karena Anda kekurangan asupan serat, vitamin, dan mineral. Sakit tenggorokan dan sariawan juga tidak disebabkan oleh panas di dalam tubuh, melainkan karena infeksi atau penyakit lainnya.

Obat panas dalam alami

Langkah pertama untuk mengobati panas dalam adalah mengenali apa penyebab munculnya gejala-gejala yang Anda alami. Dengan begitu, Anda mengetahui pengobatan seperti apa yang paling tepat untuk kondisi tersebut. Lebih jelasnya, simak berbagai pilihan obat panas dalam alami berikut ini.

1. Kumur air garam

Berkumur dengan larutan garam bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan. Siapkan segelas air putih hangat dan campurkan dengan satu sendok teh garam. Untuk mengobati sakit tenggorokan, berkumurlah sambil mendongak. Sedangkan untuk mengusir sariawan, Anda bisa berkumur di area yang sakit.

Anda bisa berkumur selama 20 sampai 30 detik lalu buang airnya, jangan ditelan. Ulangi berkumur air garam setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang efektif.

2. Makan sayur dan buah

Sayur dan buah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, sayur dan buah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Pilih sayur dan buah yang warnanya terang dan pekat untuk kandungan nutrisi terbaik. Misalnya sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli. Stroberi, pepaya, apel, dan anggur juga baik untuk mengobati panas dalam. Untuk menambah asupan serat dan vitamin, konsumsi buah-buahan seperti apel dan anggur dengan kulitnya.

3. Ampas teh celup

Atasi sariawan dengan cara mengompres bagian yang sakit atau luka dengan kantong teh celup yang sudah Anda seduh. Daun teh bermanfaat untuk melawan peradangan sekaligus meredakan nyeri. Kompres selama 15 sampai 20 menit kira-kira sebanyak tiga kali sehari.

4. Banyak minum air putih

Karena gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa diakibatkan oleh dehidrasi, pastikan Anda cukup minum air putih. Untuk menggantikan cairan yang hilang, usahakan untuk minum paling tidak sepuluh gelas air dalam sehari.

5. Madu

Dalam berbagai penelitian, madu ternyata ampuh untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan. Jadi, kalau tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera minum madu murni. Anda bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja.

Madu juga bisa jadi solusi bibir kering sampai pecah-pecah. Nah, oleskan madu pada bibir Anda untuk menjaga kelembapan alaminya.

6. Kompres dingin

Sariawan yang muncul di area mulut bisa terasa nyeri. Karena itu, kompres bagian yang nyeri dan sariawan dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain lembut yang steril. Anda juga bisa mencelupkan kain bersih ke air dingin sebagai kompres.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Masalah bau badan tak sedap bikin kurang pede? Tenang, dua bahan alami ini bisa membantu mengurangi bau badan ketika deodoran saja tidak mempan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Berlari tidak boleh sembarangan. Ada sejumlah kesalahan saat lari yang patut dihindari supaya waktu berolahraga Anda tak terbuang sia-sia.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Olahraga Kardio, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

polip hidung

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit