13 Obat Sariawan yang Ampuh untuk Dewasa dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit
Bagikan sekarang

Rasanya hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya sariawan. Masalah gusi dan mulut ini bisa muncul entah itu di pipi dalam, bibir, atau lidah. Sariawan bisa terasa sangat sakit hingga bikin malas makan dan bicara. Apakah Anda sedang cari obat sariawan, tapi bingung menentukannya? 

Tidak hanya obat yang memerlukan resep dokter, Anda pun bisa menggunakan obat sariawan alami yang ampuh digunakan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak seperti di bawah ini.

Apa penyebab sariawan?

Dikutip dari American Dental Association, sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak dalam mulut, seperti pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut.

Sariawan sering disebut juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitis, canker sores, atau mouth ulcer. Sariawan bisa muncul hanya satu atau beberapa buah sekaligus, namun sariawan tidak bersifat menular layaknya herpes mulut atau cold sores.

Penyebab sariawan yang paling umum adalah daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 dan/atau asam folat, serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Kadang, perubahan hormon tubuh, seperti saat menstruasi atau hamil juga bisa menyebabkan sariawan muncul.

Pada beberapa kasus, trauma pada jaringan lunak mulut dapat menyebabkan sariawan. Misalnya saat lidah atau bibir tergigit ketika mengunyah makanan, lidah tergores makanan yang tajam seperti keripik, atau ketika terjadi kesalahan saat menyikat gigi seperti terlalu keras sehingga melukai gusi.

Pilihan obat sariawan alami yang tersedia di rumah

obat sariawan alami

Meski sariawan tidak berbahaya, rasa perihnya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sariawan pun sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, yakni sekitar satu sampai dua minggu. Waktu pemulihan yang lumayan lama, bukannya tidak mungkin membuat Anda malas berbicara dan juga mengonsumsi makanan.

Coba untuk mengatasi sariawan membandel dengan pilihan obat sariawan alami, di antaranya sebagai berikut.

1. Madu

Salah satu manfaat madu adalah sebagai obat sariawan alami yang cukup ampuh. Caranya cukup dengan mengoleskan madu di atas sariawan tersebut. Dilansir dari Prevention, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan.

Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian asal Saudi Arabia terhadap 94 partisipan yang rutin mengoleskan madu pada sariawan di mulut mereka selama empat hari berturut-turut.

2. Air garam

Berkumur air garam selama kurang lebih 1-2 menit dapat Anda manfaatkan sebagai obat alami mengatasi sariawan. Hal ini karena garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan Anda berkembang makin parah.

Selain itu, garam juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Tidak hanya sebagai obat sariawan alami, garam bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Untuk membuat larutan air garam, cukup tambahkan satu setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk rata, lalu kumur-kumur air di dalam mulut dan jangan ditelan.

Segera buang setelah selesai dan bilas dengan minum air putih. Ulangi berkumur air garam beberapa kali dalam sehari sampai sariawan terlihat mengempis.

3. Kelapa

Kelapa diyakini mampu menjadi obat sariawan alami di area lidah atau bibir. Kelapa bekerja mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan.

Lalu, manfaat lain dari kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh. Di mana pada beberapa kasus, panas dalam diyakini sebagai salah satu penyebab timbulnya sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami sebenarnya cukup mudah. Campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, lalu oleskan ramuan tersebut di luka sariawan Anda. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.

4. Kantong teh bekas

Mengompreskan kantong teh bekas juga bisa Anda jadikan sebagai obat sariawan alami. Kantong teh yang bersifat basa dapat menetralisir area mulut yang asam sehingga tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan tersebut.

Tidak hanya itu saja, daun teh juga mampu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Terlebih, menurut American Academy of Periodontology kandungan dalam teh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi (periodontitis).

Caranya pun cukup mudah karena cukup dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kira-kira lima menit pada sariawan Anda.

Selain teh hitam biasa, Anda juga bisa menggunakan teh chamomile karena juga mempunyai kandungan antiperadangan serta antioksidan.

5. Lidah buaya

Satu sariawan di lidah atau area lainnya bisa membuat seluruh mulut Anda terasa tak nyaman dan panas. Obat sariawan alami lainnya yang bisa Anda manfaatkan adalah lidah buaya.

Untuk itu, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari.

Lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah karena fungsinya sebagai antiperadangan dan pereda nyeri alami.

6. Es batu

Dalam beberapa hari, sariawan di area mulut Anda bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, coba untuk mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut.

Rasa sejuk yang berasal dari es batu bisa menjadi obat sariawan alami karena dapat meringankan rasa nyeri. Jika sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang terdapat sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut.

7. Menghindari makanan pedas dan asam

Makanan pedas atau asam dapat memperburuk peradangan dan menyebabkan kerusakan permukaan jaringan lunak tubuh. Maka, batasi dulu porsi makanan yang terlalu pedas atau asam selama Anda sedang sariawan.

Untuk mengatasi sariawan alami, pilih makanan dengan sayuran hijau yang rasanya netral atau manis, susu, air kelapa, dan teh. Pilihan makanan dan minuman ini tidak bersifat asam sehingga aman untuk sariawan Anda.

8. Konsumsi yogurt

Salah satu penyebab terjadinya sariawan adalah adanya bakteri yang berkembang biak dalam rongga mulut. Maka dari itu Anda pun bisa menjadikan yogurt sebagai salah satu cara mengobati sariawan secara alami. Hal ini karena salah satu manfaat yogurt adalah untuk menjaga keseimbangan bakteri yang ada di mulut dan tubuh Anda.

Yogurt yang jadi makanan sumber probiotik yang baik, seperti lactobacillus dapat membantu menghilangkan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh Anda. Sebagai tindakan pencegahan dan juga mempercepat proses penyembuhan, cukup dengan mengonsumsi yogurt di pagi hari secukupnya.

9. Memanfaatkan soda kue

Biasa digunakan untuk keperluan membuat kue, Anda juga bisa menggunakan baking soda atau soda kue sebagai obat sariawan alami yang tersedia di rumah. Soda kue diklaim dapat membantu meringankan rasa sakit, menetralkan kandungan asam, serta masalah iritasi.

Apalagi mulut mempunyai kandungan asam sehingga luka akibat sariawan bisa terasa lebih menyakitkan. Anda cukup mencampurkan soda kue dengan air sampai menjadi pasta.

Lalu aplikasikan pada sariawan dengan menggunakan kapas atau cotton bud. Selain itu, Anda juga bisa berkumur dengan larutan soda kue dengan air hangat.

10. Gunakan echinacea

Echinacea merupakan tanaman yang akar atau daunnya dapat digunakan sebagai pengobatan. Sebagai obat herbal, Anda pun juga bisa menggunakannya sebagai pengobatan untuk sariawan.

Hal ini dikarenakan kandungannya mempunyai sifat antiperadangan, antioksidan, serta dapat menjaga kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsi echinacea dengan menyeduhnya seperti teh. Hal ini berguna sebagai tindakan pencegahan dan penyembuhan luka akibat sariawan.

Pilihan obat sariawan medis

obat sariawan medis

Pada beberapa kondisi, sariawan dapat berukuran cukup besar, terjadi terus-menerus dalam hitungan hari, dan menimbulkan rasa sakit yang mengganggu sehingga membuat Anda kesulitan dalam berbicara, makan dan minum, hingga beraktivitas sehari-hari.

Untuk mempercepat proses pemulihan sariawan, Anda juga bisa menggunakan beberapa jenis obat sariawan medis tanpa resep atau dengan resep dokter seperti di bawah ini.

1. Paracetamol

Sebagai pereda nyeri akibat sariawan, Anda bisa menggunakan paracetamol yang mudah didapatkan di warung atau apotek tanpa perlu resep dokter. Paracetamol pun cenderung aman dikonsumsi, baik untuk anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.

2. Ibuprofen

Untuk efek yang lebih kuat, ibuprofen juga dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri sekaligus mengurangi peradangan akibat sariawan. Ibuprofen sendiri termasuk ke dalam golongan obat nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID).

Dalam mengonsumsi ibuprofen, sebaiknya lihat anjuran pemakaian atau ikuti resep dokter terlebih dahulu. Terutama apabila ibuprofen digunakan untuk mengatasi sariawan pada anak. 

3. Obat kumur

Selain obat kumur alami dengan larutan garam atau baking soda, Anda juga bisa menggunakan obat kumur tertentu. Namun, tidak semua jenis obat kumur bisa dijadikan obat sariawan.

Kebanyakan produk obat kumur di pasaran hanya bisa mengobati sariawan ringan dan dangkal, misalnya karena tergores makanan atau lidah tergigit saat mengunyah. Beberapa sariawan tertentu yang diakibatkan infeksi bakteri juga masih termasuk.

Peneliti dari University of Pennsylvania mengatakan sampai saat ini belum ada obat kumur yang benar-benar ampuh sebagai obat sariawan. 

Namun, pastikan obat kumur yang Anda pilih mengandung salah satu dari empat hal di bawah ini untuk mengobati sariawan, di antaranya:

  • Zat antiseptik/antibiotik, untuk membunuh dan mengurangi infeksi bakteri di sekitar luka.
  • Zat antijamur, untuk mengurangi pertumbuhan infeksi jamur dalam mulut.
  • Zat antihistamin, untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan dalam mulut.
  • Zat kortikosteroid, untuk mengobati pembengkakan dan peradangan akibat sariawan.

Tentu saja Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab sariawan yang Anda alami. Konsultasikanlah dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan jenis pengobatan atau obat kumur yang tepat untuk mengatasi sariawan tersebut.

Apa saja alternatif obat sariawan untuk anak-anak?

obat sariawan anak

Sariawan umumnya hilang dalam kurun waktu 7 hingga 14 hari tanpa pengobatan. Namun, tak semua anak-anak bisa menahan rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan. Anda sebenarnya bisa melakukan pengobatan alami dan medis seperti di atas, namun tentu butuh beberapa penyesuaian agar obat sariawan anak ini tetap aman dan manjur.

Sebagai orangtua, beberapa cara mengatasi sariawan yang terjadi pada anak-anak secara aman yang bisa Anda lakukan di antaranya:

  • Hindari memberikan anak-anak makanan kesukaan yang memperparah sariawan, seperti makanan ringan. Hindari juga makanan dengan cita rasa pedas atau asam.
  • Kompres dingin menggunakan es batu untuk meredakan rasa nyeri di mulut.
  • Berkumur dengan larutan air garam atau baking soda dan air hangat. Pastikan anak-anak meludahkan setelah berkumur dan jangan sampai tertelan.
  • Gunakan obat kumur berupa larutan antasida cair sebanyak 4 kali sehari. Untuk anak di atas 6 tahun, larutan 1 sendok makan antasida dengan air hangat untuk berkumur. Lalu, untuk anak di bawah 6 tahun, cukup celupkan kapas pada larutan dan oleskan pada luka sariawan.
  • Berikan obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen sesuai anjuran pakai. Ibuprofen tidak disarankan untuk bayi di bawah 6 bulan, anak-anak yang mengalami dehidrasi atau muntah terus-menerus. 
  • Oleskan cairan antiseptik, seperti chlorhexidine atau hidrogen peroksida untuk mempercepat pemulihan luka sariawan. Berikan sedikit dan tipis-tipis saja karena bisa menyebabkan rasa perih singkat yang tidak disukai anak-anak.

Apakah sariawan perlu konsultasi ke dokter?

Hubungi dan konsultasikan ke dokter jika Anda sudah memberikan obat sariawan alami atau medis, namun belum menunjukan tanda-tanda pemulihan lebih dari 2 minggu atau 14 hari. 

Di samping itu, konsultasi ke dokter juga perlu Anda lakukan apabila sariawan juga disertai salah satu dari gejala, seperti:

  • Nyeri pada area mulut meningkat 
  • Kesulitan menelan
  • Tanda-tanda infeksi di sekitar mulut yang sakit – timbul nanah, keluar cairan asing dari luka, atau pembengkakan
  • Tanda-tanda dehidrasi – air kencing sedikit dan berwarna gelap, rasa haus yang berlebihan, mulut kering, hingga pusing
  • Demam – hingga disertai kejang-kejang pada anak

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Panduan Memotong Kuku dengan Benar

Salah cara memotong kuku sering memicu cantengan dan infeksi jamur kuku. Bagaimana cara gunting kuku yang aman? Ikuti panduan ini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 23 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Hidung tersumbat alias mampet bisa sangat mengganggu bahkan membuat sakit kepala. Jangan dulu putus asa, simak cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Flu, Kesehatan Pernapasan 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Mungkin Anda kaget saat tahu kalau kelopak mata bengkak tiba-tiba. Ada banyak hal yang bisa bikin kelopak mata Anda bengkak. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Mata 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Lakukan Hal Ini untuk Mencegah Sariawan di Masa Pandemi

Sariawan bisa timbul akibat kesehatan mulut yang tak dijaga. Padahal mulut merupakan jalan masuk kuman ke tubuh. Ketahui cara mencegah sariawan di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Nadhila Erin
Konten Bersponsor
mencegah sariawan
Gigi dan Mulut 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makan makanan yang sama

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
tidak bisa kentut susah kentut

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
makanan yang baik untuk usus

Ragam Makanan dengan Kandungan Bakteri yang Baik untuk Usus

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit