home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Selain lapar dan haus, mulut yang terasa pahit adalah keluhan yang seringkali terlontar saat puasa. Rasa pahit dalam mulut bisa mengisyaratkan penyakit serius, seperti masalah ginjal, penyakit hati, diabetes yang tidak terdiagnosis, hingga kanker tertentu. Tapi sejumlah alasan ini tidak umum, dan biasanya akan disertai serangkaian gejala lain. Tapi jika Anda sehat-sehat saja, penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya.

Apa penyebab mulut terasa pahit saat puasa?

1. Kurang asupan cairan

Rasa pahit di lidah terjadi karena produksi air liur yang berkurang akibat tubuh yang kekurangan cairan selama berpuasa. Kelenjar liur dalam mulut menjadi kering karena tubuh “terpaksa” untuk memusatkan penumpukan cairan di tempat lain yang lebih membutuhkannya. Akibatnya, jumlah oksigen di mulut juga ikut menurun sehingga memicu pertumbuhan bakteri anaerob. Bakteri-bakteri tersebut memproduksi sulfur yang menyebabkan bau tidak sedap dan rasa pahit di lidah.

2. Jarang gosok gigi

Mulut merupakan rongga yang hangat dan lembap, tempat yang ideal untuk bakteri bertumbuh kembang. Jika Anda tidak teratur menyikat gigi dan membersihkannya secara teratur, maka bakteri dan kuman bisa berkumpul di mulut. Hasilnya bisa berupa masalah gigi dan gusi seperti gingivitis, periodontitis, dan infeksi gigi. Nah, ini mungkin yang menjadi penyebab mulut Anda terasa pahit saat puasa.

3. Asam lambung naik

Perut yang kosong selama seharian bisa memperparah asam lambung Anda di siang hari selama berpuasa. Gejala utama dari asam lambung naik, dikenal sebagai GERD dalam dunia medis, meliputi rasa asam atau pahit di mulut. Ini disebabkan oleh aliran balik dari cairan asam dalam lambung yang naik ke kerongkongan.

4. Berhenti merokok

Puasa umum dijadikan sebagai momen untuk berhenti merokok bagi sebagian besar orang. Tapi siapa yang menyangka bahwa ternyata niat baik ini justru yang mungkin menjadi penyebab di balik keluhan mulut pahit selama Anda berpuasa.

Paparan zat kimia dari rokok yang selama ini diterima oleh tubuh Anda pada akhirnya merusak sistem saraf yang ada di lidah, yang bertugas untuk membedakan mana rasa asin, asam, manis, dan pedas dari setiap makanan yang Anda kudap. Rokok juga bisa merusak struktur papila, bintil-bintil kecil di atas permukaan lidah yang menerima rangsangan saraf dari luar.

Pada akhirnya, merokok akan menurunkan kemampuan pengecap Anda bahkan jauh setelah Anda menghentikan kebiasaan ini. Dengan kata lain, perasaan mulut asam dan pahit yang Anda rasakan saat puasa adalah imbas dari kebiasaan merokok Anda selama ini.

5. Sedang hamil

Mulut yang terasa pahit atau asam adalah salah satu gejala kehamilan umum selama trimester pertama. Sensasi ini bahkan bertahan selama Anda makan dan selama berpuasa.

Psstt… tidur menganga juga bisa menjadi penyebab mulut kering dan mulut terasa pahit saat puasa, lho!

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

8 Possible Causes for That Metallic Taste in Your Mouth https://health.clevelandclinic.org/2015/04/8-possible-causes-for-that-metallic-taste-in-your-mouth/

Bitter Taste in Mouth https://www.healthgrades.com/symptoms/bitter-taste-in-mouth

Dry Mouth (Xerostomia): Causes, Diagnosis, and Treatment http://www.medicalnewstoday.com/articles/187640.php

Maryam Rad, N. (2010). Effect of Long-term Smoking on Whole-mouth Salivary Flow Rate and Oral Health. Journal of Dental Research, Dental Clinics, Dental Prospects, [online] 4(4), p.110. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3429961/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x