Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

8 Cara Mengatasi Mulut Pahit yang Bisa Anda Coba di Rumah

    8 Cara Mengatasi Mulut Pahit yang Bisa Anda Coba di Rumah

    Setelah minum obat atau kopi tanpa gula, mulut memang jadi terasa pahit. Namun, ternyata ada pula masalah kesehatan dan faktor-faktor lainnya yang dapat menyebabkan kondisi ini. Lantas, bagaimana cara mengatasi mulut pahit?

    Yuk, intip berbagai cara ampuhnya berikut ini!

    Berbagai cara mengatasi mulut pahit

    Bau mulut pada penderita diabetes

    Meski tidak mengganggu aktivitas, mulut pahit bisa memengaruhi nafsu makan. Terkadang, kondisi ini juga membuat suasana hati jadi memburuk.

    Umumnya, penyebab mulut pahit berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Namun, pada beberapa kasus, mulut yang pahit bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan tertentu.

    Salah satu contohnya yakni burning mouth syndrome. Kondisi ini terjadi akibat masalah pada saraf sensoris (saraf penerima rangsangan) dari sistem saraf perifer atau saraf pusat.

    Mulut pahit juga sering terjadi pada orang-orang yang mengalami mulut kering, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau tidak menerapkan kebiasaan dan kebersihan mulut yang sehat.

    Bila Anda mengalami kondisi ini, jangan khawatir. Berikut ini beberapa cara yang bisa membantu Anda mengatasi mulut pahit, seperti dikutip dari University of Michigan Health.

    1. Berkumur dengan larutan soda kue

    Baking soda ternyata dapat membantu menetralkan rasa pahit pada mulut Anda. Anda dapat melakukan cara ini sebelum makan agar rasa makanan tidak terpengaruh oleh rasa pahitnya.

    Caranya, larutkan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kumur-kumurlah dengan larutan tersebut, lalu bilas mulut dengan berkumur menggunakan air bersih.

    American Cancer Society merekomendasikan cara ini terutama untuk pasien kanker yang mengalami mulut pahit karena kanker maupun efek samping pengobatan yang dijalani.

    2. Makan buah jeruk

    jeruk tangerine

    Mengonsumsi buah jeruk atau lemon bisa membantu menghilangkan sensasi getir dari mulut Anda. Rasa masam buah jeruk yang tajam mampu membantu merangsang indra perasa Anda.

    Bagi kebanyakan orang, cara ini dinilai manjur jika rasa tidak enak di mulut disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu atau kehamilan.

    Akan tetapi, bila Anda sedang sariawan, sebaiknya hindari cara ini karena bisa memicu rasa perih tidak tertahankan.

    3. Menyikat lidah

    Cara lain untuk mengatasi mulut pahit yakni membersihkan lidah. Pasalnya, lidah juga bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri seperti halnya gusi dan gigi.

    Menumpuknya bakteri pada reseptor pengecap lidah akan menyebabkan bau mulut serta masalah kesehatan mulut dan gigi lainnya.

    Membersihkan lidah akan membantu menyingkirkan bakteri penyebab bau dan pahit pada mulut. Namun, pastikan Anda menggunakan alat khusus pembersih lidah dan jangan membersihkan lidah dengan sikat gigi.

    4. Menjaga kebersihan mulut dengan baik

    cara mengatasi mulut pahit

    Selain berbagai cara yang sudah disebutkan di atas, menjaga kebersihan mulut ternyata juga ampuh untuk mencegah penumpukan bakteri sekaligus membantu menyingkirkan rasa pahit pada mulut Anda

    Kebiasaan yang satu ini mudah dilakukan. Anda cukup menyikat gigi dua kali sehari saat bangun pagi dan sebelum tidur. Selain itu, jangan lupa rutin melakukan flossing gigi secara teratur setidaknya sekali sehari.

    5. Makan buah dengan rasa asam dan manis

    Pada beberapa orang, mengikuti cara alami seperti makan jeruk mungkin tidak cukup untuk mengatasi mulut yang pahit. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir.

    Anda bisa mengonsumsi buah selain jeruk yang memiliki rasa asam dan manis, seperti anggur, mangga, melon, maupun jenis buah lainnya yang Anda sukai.

    Rasanya akan lebih menyegarkan jika dikonsumsi dalam kondisi dingin. Anda juga bisa mencampurkan buah dengan yoghurt dan es krim susu atau menjadikannya segelas jus.

    6. Memperbanyak minum air putih

    Minum air putih selama puasa sebelum tes darah

    Mulut yang pahit ada kaitannya dengan kondisi mulut kering. Oleh karena itu, mengatasi mulut kering juga bisa membantu menghilangkan rasa pahit pada mulut.

    Perbanyaklah minum air putih, apalagi jika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Setiap orang membutuhkan asupan air putih yang berbeda-beda, tapi setidaknya Anda perlu minum delapan gelas air sehari.

    7. Mengunyah permen karet dan menghindari kebiasaan tertentu

    Cara mengatasi mulut pahit yang cukup mudah dilakukan yakni mengunyah permen karet. Pilihlah permen karet yang bebas gula dengan aroma peppermint atau buah-buahan.

    Di samping itu, untuk sementara waktu jangan dulu merokok, minum kopi, atau minum alkohol. Kebiasaan ini lebih baik dihindari karena dapat membuat mulut terasa asam dan pahit.

    8. Periksa ke dokter

    Masalah mulut pahit yang Anda alami bisa menandakan penyakit tertentu. Jika ini masalahnya, cara di atas tidak cukup efektif untuk mengatasi mulut pahit.

    Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, terlebih jika kondisi ini diikuti oleh gejala lain yang mengganggu.

    Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan atau merekomendasikan perubahan gaya hidup untuk membantu Anda mengatasi rasa tidak enak pada mulut.


    Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

    Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Treating a bad taste in your mouth. (n.d.). Retrieved February 14, 2022, from https://www.uofmhealth.org/health-library/not259009

    Burning mouth syndrome. (2019, February 14). Retrieved February 14, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/burning-mouth-syndrome/symptoms-causes/syc-20350911

    Taste and smell changes: Managing cancer-related side effects. (n.d.). Retrieved February 14, 2022, from https://www.cancer.org/treatment/treatments-and-side-effects/physical-side-effects/eating-problems/taste-smell-changes.html

    Keep your mouth healthy. (2018, October 30). Retrieved February 14, 2022, from https://newsinhealth.nih.gov/2015/10/keep-your-mouth-healthy

    National Health Service. Retrieved February 14, 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/dry-mouth/

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Apr 12
    Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa
    Next article: