Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

10 Rekomendasi Alat Pembersih Lidah Anti Bau Mulut

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Alat Pembersih Lidah Anti Bau Mulut

Selain menggosok gigi, lidah juga perlu Anda bersihkan untuk menjaga kesehatan mulut. Alat pembersih lidah adalah solusi yang tepat untuk menghilangkan partikel ekstra yang ada permukaan lidah.

Mengapa perlu menggunakan alat pembersih lidah?

Penelitian dari J Contemp Dent Pract menujukkan bahwa membersihkan lidah diperlukan untuk mengurangi bakteri yang menempel.

Jika dibiarkan, bakteri ini akan menghasilkan zat sulfur volatil (VSC) yang menyebabkan bau mulut.

Meskipun Anda bisa membersihkan lidah dengan sikat gigi, menggunakan alat yang sudah dikhususkan akan jauh lebih efektif.

Studi terbitan International Journal of Clinical Pediatric Dentistry menemukan, alat pembersih lidah lebih efektif mengurangi pembentukkan plak daripada menyikat lidah dengan sikat gigi.

Selain itu, hasil riset dari International Journal of Environmental Research and Public Health juga mendukung penggunakan alat pembersih lidah daripada sikat gigi.

Hal ini dikarenakan sikat gigi hanya sebuah proses mengendurkan residu yang di lidah.

Oleh karena itu, lebih baik untuk menggunakan alat khusus daripada sikat gigi untuk membersihkan lidah.

Berikut ini kami telah mengumpulkan 10 alat untuk membersihkan lidah, lengkap dengan harga, kandungan, dan bahan dari alat tersebut.

cara membersihkan lidah bayi

10 Merek alat untuk membersihkan lidah

Menjaga kondisi mulut sangat penting dan tidak cukup dengan menggunakan sikat gigi. Anda perlu menggunakan alat pembersih lidah agar mulut bersih menyeluruh.

Ada banyak alat pembersih lidah yang dijual di pasaran dengan harga dan bentuk gagang yang bervariasi.

Berikut ini rekomendasi 10 alat untuk membersihkan lidah, lengkap dengan merek dan harga yang sesuai kantong Anda.

1. Formula Pembersih Lidah

Bersihkan kotoran dan kuman di permukaan lidah dengan pembersih lidah dari Formula.

Produk ini memiliki ukuran kepala yang sesuai dengan ukuran lebar lidah. Anda dapat mengurangi bau mulut hingga 85% dengan Formula.

Selain itu, bagian pegangannya terbuat dari bahan plastik yang kokoh dan tidak mudah patah, sehingga aman dipakai.

2. Life Resources Tongue Cleaner

Membersihkan lidah sama pentingnya dengan menyikat gigi untuk menjaga kesehatan mulut.

Alat pembersih lidah ini memiliki bentuk tipe kikis yang efektif membersihkan permukaan lidah tanpa menggunaan sikat gigi.

Selain memiliki harga terjangkau, Life Resources Tongue Cleaner mempunyai dua sisi yang dapat Anda gunakan.

3. Pierrot Tongue Cleaner

Bakteri di lidah dapat menghasilkan senyawa yang menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, membersihkan lidah secara teratur sangat penting.

Pierrot Tongue Cleaner mempunyai scraper band yang dapat mengikis bakteri di lidah.

Selain itu, alat ini memiliki bentuk kepala yang kecil, sehingga Anda dapat membersihkan area yang sulit dijangkau.

4. Trisa Kids Tongue Cleaner

Didesain khusus untuk anak-anak, alat pembersih lidah Trisa membantu menyegarkan napas. Desainnya ringkas dan memiliki gagang anti slip.

Trisa Kids Tongue Cleaner dapat dengan lembut menghilangkan lapisan dan bakteri yang menempel pada permukaan atas lidah Anda.

5. BenBen Premium Silicone Finger Toothbrush

Alat pembersih lidah selanjutnya dirancang khusus untuk si kecil agar kesehatan mulut bayi tetap terjaga.

Silicone finger toothbrush ini digunakan untuk menjaga kebersihan mulut bayi terutama gusi, gigi dan lidah dari sisa susu atau makanan lainnya.

Terbuat dari bahan silikon berkualitas tinggi yang memberikan tekstur lembut untuk menjangkau gusi bayi yang masih sangat rentan.

BenBen Premium Silicone Finger Toothbrush dilengkapi dengan wadah penyimpanan agar kebersihan alat pembersih lidah tetap terjaga.

6. QoraL Pembersih Lidah

QoraL adalah alat yang didesain khusus untuk membersihkan permukaan lidah secara maksimal dan efektif.

Kepala alat ini didesain dengan sudur kemiringan 25 derajat, elastis, dan mengikuti anatomi lidah, sehingga Anda bisa membersihkan semua sudut lidah.

QoraL pembersih lidah dapat digunakan mulai dari anak usia 6 tahun hingga lansia, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

7. Edison Tongue Cleaner Lollipop

Jaga kesehatan mulut anak dari bakteri dengan Edison Tongue Cleaner Lollipop. Alat pembersih ini terbuat dari karet antibakteri lembut dan aman.

Bentuknya menyerupai permen sehingga menarik perhatian anak dan diharapkan dapat membentuk kebiasaan perawatan mulut yang baik untuk diri mereka sendiri.

8. Dr. Tung’s Tongue Cleaner

Alat pembersih lidah yang satu ini terbuat dari stainless steel dengan desain ergonomis.

Bagian tepi syang tainless steel akan menghilangkan bakteri dan sisa makanan di lidah yang menyebabkan bau mulut dengan aman.

Pembersihan lidah juga membantu meningkatkan rasa, menghilangkan lapisan pada lidah, dan memperlambat pertumbuhan plak.

9. Sustaination Pembersih Lidah Stainless Steel

Sedang mencari alat pembersih lidah yang terbuat dari stainless steel? Anda dapat mencoba produk dari Sustaination ini.

Terbuat dari stainless steel, pembersih lidah ini tahan lama dan dapat digunakan berulang kali secara terus menerus.

Alat ini tidak tajam dan dapat membersihkan lidah dengan efektif. Sebelum digunakan, cuci dan rendam pembersih lidah di air mendidih selama 5-10 menit untuk sterilisasi.

10. Comfort Clean Tongue Cleaner

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan sisa makanan di mulut.

Comfort Clean Tongue Cleaner didesain khusus agar dapat membersihkan permukaan lidah untuk mencegah bau mulut dan tonsilitis.

Alat pembersih lidah dai Comfort Clean Tongue Cleaner terbuat dari bahan silikon food grade yang lembut.

Selain itu, di bagian kepalanya terdapat satu lapisan pembersih lagi yang memberikan efek double cleaning saat membersihkan lidah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dwivedi, V., Torwane, N. A., Tyagi, S., & Maran, S. (2019). Effectiveness of various tongue cleaning aids in the reduction of tongue coating and bacterial load: a comparative clinical study. J Contemp Dent Pract20(4), 444-448. https://doi.org/10.5005/jp-journals-10024-2536

Choi, H. N., Cho, Y. S., & Koo, J. W. (2022). The Effect of Mechanical Tongue Cleaning on Oral Malodor and Tongue Coating. International Journal of Environmental Research and Public Health19(1), 108. https://doi.org/10.3390/ijerph19010108

Winnier, J. J., Rupesh, S., Anand Nayak, U., Reddy, V., & Prasad Rao, A. (2013). The comparative evaluation of the effects of tongue cleaning on existing plaque levels in children. International Journal of Clinical Pediatric Dentistry, 188-192. https://doi.org/10.5005/jp-journals-10005-1216 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Angelin Putri Syah Diperbarui Mar 24
Ditinjau secara medis oleh dr. Fenti Erlianti