home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Cara Mengobati Gusi Bernanah di Dokter Gigi

5 Cara Mengobati Gusi Bernanah di Dokter Gigi

Gigi berlubang yang terus dibiarkan dapat menyebabkan gusi bernanah. Nanah muncul dari terbentuknya abses (kantong nanah) di dalam jaringan gusi. Gusi bernanah akan menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan, biasanya disertai dengan pembengkakan. Lalu bagaimana cara mengobati gusi bernanah?

Bagaimana cara mengobati gusi bernanah?

Jika gusi Anda bernanah, segera hubungi dokter gigi untuk mencari cara mengobati masalahnya.

Dokter gigi mungkin akan melakukan salah satu atau kombinasi dari beberapa jenis perawatan ini:

1. Drainase abses

Nanah yang muncul harus disayat dan dibuka sehingga bakteri bisa keluar dan kering. Sebelum dokter melakukan cara mengobati gusi bernanah ini, Anda mungkin akan diberikan bius lokal.

2. Perawatan akar kanal gigi

Perawatan saluran akar kanal gigi dilakukan jika infeksi disebabkan dari gigi yang berlubang atau kematian gigi. Gigi yang mati akan dilubangi agar nanahnya bisa kelar. Jaringan yang rusak akan disingkirkan dari pulpa gigi. Kemudian untuk mencegah infeksi, bagian yang berlubang akan ditambal.

Nanah pun akan mengering dan lubang dibersihkan. Permukaan akar gigi akan dihaluskan dengan scaling di bawah tepi gusi. Hal ini akan membantu penyembuhan gigi dan mencegah infeksi.

3. Mencabut gigi yang terinfeksi

Cara mengobati gusi bernanah ini dilakukan jika perawatan akar kanal gigi tidak berhasil. Bisa juga ketika gigi telah mengalami pembusukan dan rusak, sehingga perlu dicabut.

4. Obat penghilang rasa sakit

Obat penghilang rasa sakit dapat membantu mengurangi rasa sakit sembari menunggu perawatan. Obat penghilang rasa sakit hanya ada untuk mengurangi rasa sakit dan tidak bisa menggantikan kunjungan ke dokter gigi.

Aspirin, ibuprofen, atau paracetamol adalah obat penghilang rasa sakit yang efektif. Namun, ada beberapa aturan dalam mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Jika memiliki (atau punya riwayat) asma dan maag, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi ibuprofen.
  • Anak di bawah usia 16 tahun dan wanita hamil atau sedang menyusui tidak dibolehkan mengonsumsi aspirin.
  • Konsumsi obat penghilang rasa sakit ini harus sesuai anjuran dari dokter gigi Anda.

5. Antibiotik

Dokter gigi mungkin akan memberikan antibiotik untuk mencegah penyebaran infeksi dan dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat penghilang rasa sakit.

Namun, ini bukan merupakan pengobatan untuk menuntaskan gusi bernanah, hanya dapat mengurangi efek dan penyebaran infeksi. Konsumsi antibiotik sesuai anjuran dari dokter Anda.

Setelah pemberian antibiotik, dokter juga akan menganjurkan Anda untuk menjalani perawatan seperti root canal atau cabut gigi. Kedua perawatan ini dapat membantu menghambat perkembangan penyakit sekaligus mempercepat penyembuhan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 11/07/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x