home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara Alami yang Ampuh Mengatasi Mulut Kering di Rumah, Tanpa Obat Kumur

6 Cara Alami yang Ampuh Mengatasi Mulut Kering di Rumah, Tanpa Obat Kumur

Mulut kering bisa bikin aktivitas sehari-hari jadi tidak nyaman. Sebentar-sebentar tenggorokan terasa gatal dan sakit. Belum lagi napas yang jadi berbau tidak sedap. Tenang dulu… Ada berbagai cara alami yang bisa Anda jajal untuk mengatasi mulut kering hanya dengan duduk manis di rumah, lho!

Berbagai cara alami mengatasi mulut kering di rumah

Meskipun tidak benar-benar mengobati, namun setidaknya cara ini dapat membantu meringankan gejala mulut kering. Berikut ini cara mengatasi mulut kering yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Perbanyak minum air putih

Minum air putih yang banyak dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh sekaligus mengatasi mulut kering akibat dehidrasi. Selalu sediakan botol minum kemanapun Anda pergi supaya mulut tetap lembap di tengah padatnya aktivitas.

2. Kunyah permen karet

permen karet menurunkan berat badan

Begitu mulu terasa kering, cobalah kunyah permen karet bebas gula. Cara ini dapat membantu merangsang produksi air liur dan menjaga kelembapan mulut.

Selain itu, Anda juga bisa mengisap obat batuk, obat tenggorokan, atau permen yang mengandung xylitol untuk membantu mengatasi mulut kering.

3. Berhenti merokok dan minum alkohol

Awalnya memang terasa berat dan sulit untuk menahan kebiasaan merokok atau minum minuman beralkohol kalau sudah kebiasaan. Namun, Anda tentu tidak ingin masalah mulut kering menjadi semakin parah, bukan?

Coba alihkan perhatian Anda dengan mengunyah permen karet untuk membantu mengurangi keinginan untuk menghisap rokok atau minum alkohol. Selain membantu mengatasi mulut kering, hal ini juga dapat membuat tubuh Anda jadi lebih sehat.

4. Hindari obat-obatan tertentu

obat antihistamin untuk alergi

Dikutip dari Healthline, sebanyak 90 persen kasus mulut kering disebabkan oleh konsumsi obat-obatan. Beberapa jenis obat yang memiliki efek samping berupa mulut kering adalah:

  • Antihistamin
  • Obat hipertensi
  • Obat-obatan yang mengandung hormon
  • Broncholidator atau obat asma

Hindari obat-obatan tersebut untuk sementara waktu. Konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan resep obat lain yang tidak memberikan efek samping serupa.

5. Jaga kebersihan mulut

Pastikan Anda sudah menyikat gigi dengan benar dan menggunakan pasta gigi berfluoride, supaya masalah mulut kering dapat segera diatasi. Bila perlu, gunakan obat kumur yang mengandung xylitol untuk membantu merangsang produksi air liur dan mengatasi mulut kering.

6. Gunakan humidifier

cara membersihkan humidifier

Humidifer dapat membantu melembapkan udara di dalam kamar. Cara ini sangat berguna bagi Anda yang mengalami mulut kering karena kebiasaan tidur mangap, alias bernapas lewat mulut saat tidur. Dengan begitu, mulut Anda akan terasa lebih lembap saat bangun di pagi hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Treat Dry Mouth at Home. https://www.healthline.com/health/dry-mouth-remedies#remedies. Accessed 6/9/2018.

Dry Mouth Treatment: Tips For Controlling Dry Mouth. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-mouth/expert-answers/dry-mouth/faq-20058424. Accessed 6/9/2018

Natural Remedies for Dry Mouth That Will Make You Feel So Much Better. https://www.rd.com/health/wellness/natural-remedies-dry-mouth/. Accessed 6/9/2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri Diperbarui 21/06/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x