home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Penyebab dan Tanda-Tanda Karies Rampan Pada Anak Kecil

Penyebab dan Tanda-Tanda Karies Rampan Pada Anak Kecil

Gigi berlubang (karies) adalah masalah gigi pada anak yang paling sering terjadi. Terutama jika si anak malas gosok gigi dan suka makan makanan manis. Dari semua jenis karies, yang umumnya sering dijumpai pada anak-anak adalah karies rampan.

Apa itu karies rampan?

Gigi bisa berlubang karena bakteri yang hidup di dalam mulut. Bakteri tersebut menggerogoti plak sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi hingga memproduksi asam. Asam tersebutlah yang menggerogoti email gigi (bagian terluar gigi), sehingga menghasilkan lubang-lubang kecil pada gigi yang akhirnya membesar

Karies rampan adalah masalah perlubangan gigi yang terjadi sangat cepat dan menyebar luas sehingga langsung mengenai pulpa (bagian tengah gigi).

Karies jenis ini umumnya terjadi pada gigi susu anak, bisa salah satu atau beberapa gigi sekaligus; termasuk gigi yang seharusnya kebal terhadap karies, seperti gigi depan bawah.

Anak yang mengalami karies rampan sering sulit makan karena gigi terasa sakit jika dipakai mengunyah. Akibatnya, mereka jadi sering mengemut makanan dan sering menangis karena sakit gigi.

Usia berapa anak paling rentan kena karies rampan?

Karies rampan sering terjadi pada anak-anak usia di bawah lima tahun. Paling banyak ditemukan pada anak usia empat tahun.

Selain itu, karies gigi ini juga rentan terjadi pada anak yang sering tertidur masih menyusu (baik botol atau ASI) dan anak-anak yang sering makan makanan manis.

Apa rampan karies bisa dicegah?

Rampan karies dapat dicegah dengan beberapa hal-hal berikut.

  • Segera bersihkan gusi anak dengan lap bersih setelah memberi makan anak. Jika gigi anak sudah tumbuh, ajarkan anak Anda untuk rajin menyikat gigi dan flossing,
  • Jangan membiarkan anak tertidur sambil minum susu, jus, atau minuman manis lainnya melalui botol.
  • Rutin periksakan gigi anak ke dokter gigi sejak usia anak satu tahun.

Perawatan untuk rampan karies

Perawatan yang pertama dilakukan adalah menghilangkan rasa nyeri dengan obat-obatan secara lokal dengan zinc oxide eugenol, dan secara oral dengan obat sedativa dan analgesik.

Setelah rasa nyeri mulai hilang, gigi dibersihkan untuk membuang semua jaringan yang membusuk. Ini dilakukan untuk menghentikan perkembangan bakteri dalam gigi, sehingga karies pun akan terhenti.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga pola makan anak tetap sehat. Kurangi memberikan makanan manis untuk anak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mariati, Ni Wayan. 2015. Pencegahan dan Perawatan Karies Rampan. Jurnal Biomedik 7(1): 23-28.

Sutadi, Heriandi. 2002. Penanggulangan Karies Rampan Serta Keluhannya Pada Anak. Journa of Dentistry Indonesia 9(1): 5-8.

Differences Between Nursing Bottle Caries anda Rampant Caries https://www.juniordentist.com/differences-between-nursing-bottle-caries-and-rampant-caries.html diakses 26 Oktober 2018.


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 05/11/2018
x