home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pengaruh Kesehatan Gigi dan Mulut Bagi Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh

Pengaruh Kesehatan Gigi dan Mulut Bagi Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh

Memiliki gigi dan mulut yang sehat, tentu mendukung kesehatan tubuh. Namun, tak banyak yang sepenuhnya menyadari bahwa kondisi kesehatan oral sungguh berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lalu, apa saja yang mungkin terjadi jika kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga dengan baik?

Kaitan kesehatan gigi dan mulut dengan kesehatan tubuh keseluruhan

sakit gigi gangguan kesehatan gigi dan mulut

Kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan kesehatan bagian tubuh lainnya sehingga gigi dan mulut perlu dirawat agar tetap bersih dan sehat.

Kuman mudah masuk ke dalam tubuh dari organ yang aktif terbuka, salah satunya rongga mulut. Ketika kita mengonsumsi sesuatu atau bahkan berbicara, selalu ada peluang kuman masuk melalui rongga mulut.

Berdasarkan Mayo Clinic, kuman dapat berdiam di sela-sela gigi atau area mulut, bahkan masuk ke dalam aliran darah maupun sistem pernapasan. Bentuknya yang kecil dan tak kasat mata, membuat kita tidak menyadari ada kuman yang dapat menyelinap masuk ke dalam tubuh.

Kuman atau bakteri yang menumpuk dan diam di dalam rongga mulut dapat menyebabkan infeksi pada bagian gigi maupun gusi. Gigi dapat berlubang, serta gusi mengalami peradangan sehingga memicu terjadinya periodontitis.

Periodontitis merupakan infeksi gusi yang dapat membahayakan jaringan lunak. Bahkan, jika tidak ditangani, periodontitis dapat berkembang sehingga menyebabkan gigi rontok.

Risiko penyakit yang timbul akibat masalah kesehatan gigi dan mulut

penyebab penyakit batuk

Adapun beberapa penyakit yang dipicu faktor kesehatan mulut, seperti:

  • Endokarditis, infeksi yang terletak pada lapisan ruang atau katup jantung (endokardium), akibat bakteri atau kuman dari bagian tubuh lain (contohnya kuman dari mulut) yang masuk melalui aliran darah.
  • Gangguan kardiovaskular, meskipun belum diketahui kaitannya secara pasti, beberapa penelitian menunjukkan bahwa gangguan jantung, penyumbatan arteri, serta stroke memiliki kaitan terhadap infeksi bakteri di mulut. Walaupun tidak semua kasus berkaitan langsung pada kesehatan mulut.
  • Penyakit paru-paru, diakibatkan bakteri tertentu yang menyelundup masuk ke dalam paru-paru melalui mulut dan menginfeksi sistem pernapasan. Hal ini menyebabkan gangguan pernapasan, seperti pneumonia.

Di samping itu, ada kondisi lain yang turut memengaruhi kesehatan gigi, antara lain:

  • Diabetes, kondisi ini dapat membuat tubuh mudah terinfeksi, termasuk bagian gusi. Ini biasa terjadi jika kadar gula darah sulit dikontrol, sehingga diabetesi perlu memberikan perhatian ekstra pada kesehatan gigi dan mulutnya.
  • HIV/AIDS, kondisi ini biasanya mempengaruhi kesehatan dalam rongga mulut, seperti timbul lesi atau luka.
  • Osteoporosis, menyebabkan tulang keropos, termasuk kerusakan pada tulang gigi dan area mulut.

Merawat kesehatan gigi dan mulut untuk cegah gangguan kesehatan

menjaga kesehatan usia muda

Berdasarkan artikel dari The U.S. Oral Health Workforce in the Coming Decade, kesehatan mulut dan tubuh tidak bisa diabaikan, karena keduanya berkaitan erat. Ketika kesehatan oral terawat dan kebersihannya terjaga dengan baik, sekalipun sebagian orang memiliki penyakit penyerta, tentu akan menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan serta memperkecil kemungkinan komplikasi yang terjadi.

Oleh karenanya, Anda perlu menerapkan cara mudah ini untuk memelihara kesehatan oral:

1. Hindari makanan yang memicu gigi berlubang

permen mengandung narkoba

Menurut University Rochester Medical Center, berikut ini jenis dan contoh makanan yang sebaiknya dihindari karena mampu merusak kesehatan gigi dan mulut:

  • Makanan yang manis dan lengket, seperti cokelat manis, permen, atau makanan yang diberikan pemanis tambahan.
  • Minuman bersoda
  • Minuman yang membuat mulut kering, seperti alkohol.

Selalu konsumsi makanan bernutrisi untuk tingkatkan kesehatan rongga mulut. Misalnya, susu, yoghurt, beragam sayur dan buah, ataupun teh hijau. Di samping itu, jangan lupa minum air putih untuk membilas kuman-kuman berdiam di gigi maupun rongga mulut.

2. Sikat gigi dan berkumur dengan mouthwash antiseptic

cara memilih obat kumur gigi saat puasa

Jangan lupa bersihkan rongga mulut dengan cara menyikat gigi, agar kesehatan gigi dan mulut terpelihara. ADA atau American Dental Association merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari untuk mencegah plak gigi yang mengeras dan membahayakan kesehatan gigi dan gusi. Pilih juga bulu sikat yang lembut untuk mencegah luka gesek pada gusi saat menyikat.

Menurut penelitian ADA, berkumur dengan mouthwash antiseptik dengan kandungan essential oils dapat mengurangi pertumbuhan plak dan risiko gingivitis (peradangan gusi). Anda bisa memilih mouthwash antiseptik dengan spesifikasi 4 essential oils yang mampu kurangi kuman penyebab masalah mulut.

Berkumur dengan mouthwash antiseptik, minimal dua kali sehari setelah menyikat gigi dapat membantu menjaga kebersihan rongga mulut secara optimal, karena mulut adalah salah satu jalan masuk kuman ke dalam tubuh.

3. Flossing

flossing untuk kesehatan gigi dan mulut

Di samping menyikat gigi dan berkumur dengan mouthwash antiseptik, biasakan juga untuk melakukan flossing dengan benang gigi.

Mungkin saja ada kotoran yang masih menyelip di antara sela gigi dan sulit terjangkau dengan sikat gigi. Flossing akan membantu Anda menjangkau kotoran-kotoran gigi yang sulit dibersihkan tersebut. Pastikan flossing dilakukan secara menyeluruh di sela-sela gigi, sehingga kesehatan gigi dan mulut terawat dengan baik.

4. Mengelola kesehatan tubuh

setelah prosedur usg

Bagi sebagian orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, HIV/AIDS. atau osteoporosis, perlu memperhatikan kesehatan giginya dengan lebih hati-hati lagi. Jangan lupa kontrol rutin ke dokter secara teratur dan menerapkan gaya hidup sehat sesuai rekomendasi dokter. Bila mengalami masalah kesehatan oral, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter gigi agar dapat segera teratasi.

Yuk, lakukan cara sederhana di atas untuk jaga kesehatan gigi dan mulut, serta kesehatan tubuh secara holistik (menyeluruh). Dengan demikian, Anda dapat beraktivitas dengan nyaman dan leluasa tanpa keluhan masalah gigi atau mulut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Oral health: A window to your overall health. (2020). Retrieved 4 December 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/dental/art-20047475

(2020). Retrieved 4 December 2020, from https://www.agd.org/docs/default-source/self-instruction-(gendent)/gendent_nd17_aafp_kane.pdf

Services, I. (2009). The Connection Between Oral Health and Overall Health and Well-Being. National Academies Press (US). Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK219661/

Periodontitis – Symptoms and causes. (2020). Retrieved 4 December 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/periodontitis/symptoms-causes/syc-20354473

The Best and Worst Foods for Your Teeth – Health Encyclopedia – University of Rochester Medical Center . (2020). Retrieved 4 December 2020, from https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=1&contentid=4062

Floss/Interdental Cleaners . (2020). Retrieved 4 December 2020, from https://www.ada.org/en/member-center/oral-health-topics/floss

How often should I floss my teeth? – From MouthHealthy.org . (2020). Retrieved 4 December 2020, from https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/f/flossing

Araujo, M., Charles, C., Weinstein, R., McGuire, J., Parikh-Das, A., & Du, Q. et al. (2015). Meta-analysis of the effect of an essential oil–containing mouthrinse on gingivitis and plaque. The Journal Of The American Dental Association146(8), 610-622. doi: 10.1016/j.adaj.2015.02.011

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal diperbarui 15/02/2021
x