🔥 Diskusi Menarik

Rheumatoid Arhtritis

hay dok, saya mau membuat skripsi dengan judul pengaruh senam ergonomik terhdapa penurunan nyeri sendi pada rheumatoid arhtitis, saya bingung bagaimana membedakan orang itu rheumatoid arhtritis atau asam urat dok ??

0
1.1m
1 komen

1 komentar

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Rheumatoid arthritis (RA) dan asam urat adalah dua kondisi yang berbeda meskipun keduanya dapat menyebabkan nyeri pada sendi. Rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi. Ini biasanya mempengaruhi sendi kecil di tangan dan kaki, tetapi juga dapat menyerang sendi lain di tubuh. Gejalanya meliputi nyeri, kemerahan, pembengkakan, dan kekakuan pada sendi. RA biasanya mempengaruhi kedua sisi tubuh secara simetris. Diagnosis RA biasanya didasarkan pada gejala, pemeriksaan fisik, tes darah, dan gambaran radiologi. Sementara itu, asam urat adalah kondisi yang terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Asam urat adalah produk sampingan metabolisme purin yang biasanya dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal. Jika ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat dengan efisien atau tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat, maka kristal asam urat dapat terbentuk di dalam sendi, menyebabkan peradangan dan nyeri. Gout atau asam urat biasanya mempengaruhi sendi besar seperti jari kaki, lutut, pergelangan kaki, dan sendi lainnya. Diagnosis gout biasanya melibatkan pemeriksaan fisik, tes darah untuk mengukur kadar asam urat, dan pemeriksaan cairan sendi untuk mendeteksi kristal asam urat. Untuk membedakan antara RA dan asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, mengambil riwayat medis, dan mungkin melakukan tes darah dan pemeriksaan cairan sendi jika diperlukan. Dengan informasi ini, dokter dapat membuat diagnosis yang akurat dan merencanakan pengobatan yang sesuai. Semoga penjelasan ini membantu! Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk bertanya.
3 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan