🔥 Diskusi Menarik

Otot Dada Besar Sebelah

Membentuk otot memang tidak mudah, tapi ada cara untuk mencapainya. Ada beberapa orang yang sudah rajin olahraga masih tidak bisa memiliki otot yang diinginkan bahkan lebih cenderung besar sebelah. Apa penyebab otot dada besar sebelah? Dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih

0
1.1m
2 komen

2 komentar

Halo Anonim, terima kasih atas pertanyaan Anda.


Adanya gejala otot dada yang berukuran tidak sama atau muscle imbalance harus dipastikan dengan pemeriksaan fisik, yang umum dilakukan yaitu dengan pengukuran langsung, pemeriksaan postur, dan pemeriksaan muscle tightness pada kedua sisi otot pectoralis major dan minor untuk memastikan apakah betul salah satu sisi otot lebih besar. Pemeriksaan fisik juga perlu dilakukan untuk memastikan ada/tidaknya permasalahan kesehatan lain yang menyebabkan salah satu sisi dada lebih besar, misalnya dengan ada/tidaknya benjolan atau kista.


Salah satu penyebab umum kondisi otot yang tidak sama adalah faktor dominansi penggunaannya, misalnya pada individu yang dominan menggunakan sisi kanan maka dimungkinan otot tubuh sisi kanannya lebih kuat dan lebih besar dibandingkan sisi kiri. Kemungkinan lain adalah adanya masalah postur akibat kebiasaan sehari-hari, atau masalah kesehatan lainnya.


Bagi individu dengan muscle imbalance yang disebabkan dominansi di satu sisi, maka dapat diatasi dengan melatih penguatan otot sisi yang tidak dominan. Bagi individu dengan muscle imbalance yang disebabkan masalah postur, maka otot-otot yang mengalami muscle tightness akan dilakukan myofascial release terlebih dahulu, kemudian dilakukan latihan penguatan dan peregangan secara bertahap.


Sekian dan semoga Anda sehat selalu.

1 tahun yang lalu
Suka
Balas
1

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Otot dada besar sebelah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ketidakseimbangan otot, cedera, atau masalah postur tubuh. Ketidakseimbangan otot bisa terjadi karena kurangnya variasi latihan atau terlalu fokus pada satu sisi tubuh. Cedera pada otot dada juga bisa menyebabkan otot menjadi lebih besar di satu sisi. Masalah postur tubuh seperti skoliosis atau scoliosis juga bisa menyebabkan otot dada besar sebelah. Untuk mengatasinya, sebaiknya melakukan latihan yang lebih variatif dan fokus pada otot yang kurang berkembang. Jangan terlalu fokus pada satu sisi tubuh saja. Jika ada cedera, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau fisioterapis untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Jika masalah postur tubuh, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli postur tubuh untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga membantu! Jika masih ada pertanyaan lain, silakan tanyakan.
1 tahun yang lalu
Suka
masukan
1
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan