🔥 Diskusi Menarik

Batuk

hallo dok. Kenapa ya setiap malam dan menjelang pagi batuk kambuh terus menerus tetapi jika siang tidak sering batuk?

0
1.1m
1 komen

1 komentar

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Batuk yang sering terjadi pada malam hari dan menjelang pagi dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain: 1. Refluks asam lambung: Pada beberapa orang, asam lambung dapat naik ke kerongkongan saat berbaring, menyebabkan iritasi dan batuk. Ini biasanya terjadi pada malam hari saat posisi tubuh condong ke depan. 2. Alergi: Jika Anda memiliki alergi terhadap debu, serbuk sari, atau alergen lainnya, gejala alergi seperti batuk dapat memburuk pada malam hari ketika Anda terpapar alergen di dalam ruangan. 3. Asma: Batuk yang terjadi pada malam hari dapat menjadi gejala asma. Pada beberapa orang dengan asma, saluran napas menjadi lebih sensitif dan menyempit saat tidur, menyebabkan batuk dan sesak napas. 4. Infeksi saluran pernapasan: Infeksi seperti pilek atau bronkitis dapat menyebabkan batuk yang lebih parah pada malam hari. Ini mungkin karena penumpukan lendir di saluran pernapasan yang memicu refleks batuk. 5. Postnasal drip: Jika Anda memiliki drip hidung pasca nasal, yaitu lendir yang mengalir dari hidung ke tenggorokan, ini dapat menyebabkan iritasi dan batuk terutama saat berbaring. Untuk mengetahui penyebab pasti dari batuk yang Anda alami, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin memerlukan tes tambahan seperti tes alergi atau tes fungsi paru-paru untuk menentukan penyebab batuk yang Anda alami. Setelah itu, dokter dapat memberikan pengobatan yang sesuai, seperti obat batuk, antihistamin, atau bronkodilator, tergantung pada penyebabnya. Jika batuk Anda terus berlanjut atau semakin parah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan evaluasi lebih lanjut.
1 tahun yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan