🔥 Diskusi Menarik

ADAKAH AEROBIK SESUAI UNTUK WANITA BERUSIA

Hello doktor, saya wanita berkerjaya berusia 45 tahun . Adakah dengan usia saya ini sesuai beraerobik setiap hari atau hanya membuat senaman kardio saja. Berat saya sekarang 85 kg.

0
1.1m
3 komen

3 komentar

Halo Anonim, terima kasih atas pertanyaan Anda.


Latihan fisik yang direkomendasikan adalah latihan pada intensitas ringan-sedang dengan durasi total 150-300 menit per minggu yang terdiri dari latihan kardio, penguatan otot, dan fleksibilitas, sehingga tidak hanya mencakup latihan kardio atau aerobik saja. Latihan yang dilakukan juga harus bersifat progresif bertahap, yaitu adanya peningkatan intensitas/beban latihan secara bertahap. Untuk pilihan latihan kardio, sebelumnya Anda harus mengetahui IMT Anda. Jika IMT Anda berada pada kategori berat badan berlebih (overweight) atau obesitas, maka pilih latihan kardio yang bersifat low impact (seperti jalan cepat, bersepeda, berenang) karena memiliki risiko cedera lebih rendah sehingga lebih aman bagi individu dengan overweight atau obesitas.


Sekian dan semoga Anda sehat selalu.

6 bulan yang lalu
Suka
Balas

Halo selamat pagi dokter .. saya adalah permpuan berusia 31 tahun dan BMI saya 29,3 .

Kira kira saya kelebihan berat badan 15 kg dokter..

Pada kenyataan nya saya sering senam aerobik.. tapi saya tidak minum obat penurun berat badan Karna saya mengidap penyakit Hepatitis B..

Apa kira kira 2 saran dok.. untuk kesehatan saya?

6 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan pertanyaan Anda, saya akan memberikan jawaban yang sesuai. Pada usia 45 tahun, melakukan latihan aerobik atau senam kardio setiap hari dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Latihan aerobik dapat membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular, membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki kondisi fisik yang berbeda. Sebelum memulai program latihan apa pun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kebugaran terlebih dahulu. Mereka dapat mengevaluasi kondisi kesehatan Anda dan memberikan saran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Selain itu, jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, penting untuk memperhatikan aspek nutrisi dan pola makan seimbang. Kombinasikan latihan aerobik dengan latihan kekuatan (seperti angkat beban) dan latihan fleksibilitas untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal. Ingatlah untuk memulai dengan intensitas dan durasi yang sesuai dengan kemampuan Anda, dan secara bertahap meningkatkannya seiring waktu. Jangan lupa untuk mendengarkan tubuh Anda dan beristirahat jika diperlukan. Semoga informasi ini membantu! Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk bertanya.
6 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan