Normalkah Jika Puting Susu Saya Berwarna Hitam?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tubuh akan terus berubah dari waktu ke waktu, tidak terkecuali juga payudara Anda. Payudara bisa berubah bentuk, ukuran, dan warna. Tak jarang beberapa orang memiliki puting susu yang berwarna hitam. Apakah ini normal? Apa yang menyebabkan puting susu hitam?

Apa yang menyebabkan puting susu hitam?

Puting susu itu sendiri tidak bisa berubah warna, areolalah yang bisa berubah warna. Areola adalah daerah kulit di sekitar puting yang berwarna gelap. Ada beberapa hal yang bisa membuat areola dan puting susu menghitam. Kebanyakan faktor penyebabnya adalah perubahan hormon tubuh.

Masa puber

Puber bisa membuat areola dan puting susu hitam karena di saat ini indung telur (ovarium) sudah mulai menghasilkan hormon estrogen. Kadar estrogen tinggi dalam tubuh akan membuat payudara bertumbuh dan puting susu terangkat. Areola juga akan lebih menggelap warnanya jika dibandingkan sebelum puber.

Menstruasi

Menjelang dan selama menstruasi, beberapa wanita mengeluhkan warna putingnya agak lebih gelap dari biasanya. Lagi-lagi, perubahan hormonlah yang bertanggung jawab atas hal ini. Ketika indung telur melepaskan sel-sel telur selama masa ovulasi, kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh akan meningkat.

Minum pil KB

Pil KB mengandung hormon progestin, versi sintetis dari estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini mengatur siklus menstruasi agar tidak terjadi kehamilan, dan cara kerjanya mirip dengan hormon alami yang ada di tubuh Anda.

Ini dapat menyebabkan daerah di sekitar puting menjadi lebih gelap, tetapi ini akan hilang setelah Anda berhenti minum pil KB. Selain itu, pil KB juga bisa menyebabkan melasma, yaitu timbulnya bercak cokelat atau abu-abu pada sekitar puting.

Kehamilan

Saat janin tumbuh di dalam rahim, payudara mulai memproduksi ASI untuk bayi yang akan lahir dengan menambah lebih banyak estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon kehamilan ini membuat payudara jadi terasa sakit, bengkak, dan lebih sensitif. Areola juga menjadi lebih gelap.

Puting susu hitam selama hamil hanya bersifat sementara. Setelah kehamilan dan menyusui, warna puting susu Anda akan kembali seperti semula.

Menyusui

Sama halnya dengan kehamilan, perubahan hormon yang membantu produksi ASI juga cenderung menyebabkan perubahan warna puting susu Anda.

Selain itu, menurut para ilmuwan puting susu hitam juga dapat membantu bayi yang baru lahir untuk menemukan puting ibu untuk menyusui. Bayi yang baru lahir belum memiliki penglihatan yang baik, tapi sebagian besar bayi dapat membedakan antara gelap dan terang.

Warna puting susu akan kembali seperti sebelumnya seiring waktu, setelah masa menyusui selesai.

Rambut di sekitar puting

Beberapa wanita mungkin memiliki rambut-rambut halus yang tumbuh di sekitar puting susunya. Rambut halus ini mungkin lebih gelap dari sebagian rambut lainnya pada tubuh Anda.

Tumbuhnya rambut halus yang gelap bisa membuat puting susu terlihat lebih gelap, apalagi jika rambut tumbuh dekat puting susu.

Kanker

Penyakit Paget adalah jenis kanker payudara langka yang perkembangannya dimulai di daerah puting. Gejala awal penyakit Paget termasuk puting susu hitam, puting susu menjadi pipih, kulit sekitar puting mengelupas atau berkerak, dan gatal serta kesemutan di sekitar puting.

Umumnya, penyakit ini bisa terjadi pada semua orang setelah pubertas. Namun, ini lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Jika Anda memiliki tanda atau gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.

Diabetes

Puting susu hitam bisa jadi kemungkinan gejala diabetes, sebagai respon tubuh terhadap resistensi insulin. Perubahan warna kulit ini secara khusus disebut acanthosis nigricans, dan sering terjadi di lipatan kulit sekitar ketiak, selangkangan, leher, dan anggota badan. Areola dapat menjadi lebih gelap dan membentuk luka atau plak.

Tidak ada perawatan khusus untuk gejala ini. Namun, menjaga kadar gula darah tetap normal dapat membantu kulit Anda kembali ke warna dan tekstur yang normal.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bisakah Wanita Orgasme Hanya dengan Merangsang Payudara?

Sudah tahu caranya bikin wanita orgasme dengan stimulasi klitoris? Apakah orgasme pada wanita juga bisa dipicu dengan merangsang payudara?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Ini Alasan Ilmiah Kenapa Pria Suka Melirik Payudara Wanita

Walaupun terkesan tak lazim bagi wanita, sebenarnya ada penjelasan ilmiah yang unik kenapa pria suka melirik payudara wanita. Ini alasannya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Seksual 30 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Merangsang Puting Payudara Pria Agar Seks Lebih Bergairah

Puting pria merupakan salah satu zona sensitif yang dapat dirangsang secara seksual. Seperti ini cara merangsang puting pria saat foreplay.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Kesehatan Seksual, Tips Seks 13 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

7 Tips Perawatan Payudara Penting Bagi Ibu Menyusui

Ada beragam kiat perawatan payudara bagi ibu menyusui. Salah satunya dengan memastikan posisi bayi ketika menyusui benar. Lalu, apa lagi kiat lainnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Menyusui 19 Oktober 2019 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bercak putih di puting

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
jerawat di puting payudara

Apakah Normal Ketika Muncul Jerawat di Payudara?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 November 2020 . Waktu baca 5 menit
bra kawat

Mana yang Lebih Sehat Buat Payudara: Bra Biasa Atau Berkawat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
pubertas atau masa puber

Ciri-Ciri Pubertas pada Remaja Perempuan dan Laki-laki

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 September 2020 . Waktu baca 12 menit