Tumbuh Rambut di Payudara, Apakah Ini Normal?

    Tumbuh Rambut di Payudara, Apakah Ini Normal?

    Tak hanya pada pria, rambut di daerah dada juga bisa tumbuh pada wanita. Meski tidak tumbuh lebat seperti pada dada pria, rambut ini muncul di payudara sekitar puting susu. Umumnya rambut yang tumbuh seperti rambut-rambut halus saja. Tubuh memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak, termasuk di sekitar puting susu dan selalu ada potensi pertumbuhan rambut. Jadi normalkah ha itu terjadi? Apa yang menyebabkan munculnya rambut di payudara?

    Tumbuh rambut di payudara itu normal, kok

    Jika Anda tiba-tiba melihat rambut halus tumbuh di sekitar puting susu, tak perlu khawatir. Hal itu adalah normal. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan munculnya rambut halus di sekita puting susu Anda sebab ini bukan merupakan gejala kelainan tertentu. Adanya folikel rambut di sekitar puting adalah hal yang normal dan biasanya muncul pada masa-masa puber.

    Mengapa bisa tumbuh rambut di payudara?

    1. Perubahan hormon

    Kenaikan hormon testosteron pada wanita bisa menjadi penyebab munculnya rambut halus di sekitar puting susu Anda. Hormon ini sering melonjak pada wanita muda sekitar masa puber, yang membuat tumbuhnya rambut halus di banyak tempat, termasuk di sekitar puting susu.

    Wanita mengalami tingkat testosteron tertinggi di usia remaja akhir memasuki usia 20 tahun. Anda bisa mengunjungi dokter Anda untuk mengukur kadar testosteron dalam tubuh Anda.

    2. Hamil

    Rambut halus yang tumbuh di sekitar puting susu bisa jadi merupakan efek samping dari kehamilan Anda. Saat hamil, hormon pada tubuh Anda meningkat yang menyebabkan rambut tumbuh lebih cepat dan tidak mudah rontok. Setelah kehamilan, hormon Anda akan kembali normal dan rambut tambahan ini akan rontok. Jadi ingatlah rambut di sekitar puting susu ini hanya bersifat sementara.

    3. Obat-obatan

    Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan, seperti testosteron, danazol, steroid anabolik, glukokortikoid, siklosporin, minoksidil, dan fenitoin.

    4. Hirsutisme

    Hirsutisme disebabkan oleh peningkatan kadar hormon pria yang juga dapat menyebabkan fitur pria lainnya seperti suara lebih dalam, bahu berotot pertumbuhan rambut berlebihan pada payudara, bibir atas, dagu dan punggung. Jerawat, periode menstruasi yang tak teratur dan hilangnya kesan feminin juga merupakan efek dari hirsutisme.

    5. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

    Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau biasa disebut dengan sindrom ovarium polikistik adalah masalah pada keseimbangan hormon wanita. Ketika wanita memiliki PCOS, kadar hormon seks wanita yaitu hormon estrogen dan hormon progesteron tidak seimbang. Perubahan pada satu hormon dapat memicu hormon lainnya, sehingga terjadi perubahan lain.

    Salah satunya adalah menyebabkan tumbuhnya rambut halus di daerah tertentu, termasuk puting susu. Jika Anda berpikir bahwa Anda memiliki PCOS, segera konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Tania Savitri

    General Practitioner · Integrated Therapeutic


    Ditulis oleh Andisa Shabrina · Tanggal diperbarui 11/12/2020

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan