backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita yang Penting Diketahui

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 12/03/2024

    8 Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita yang Penting Diketahui

    Dalam dunia kesehatan dan kecantikan, manfaat daun sirsak telah menjadi sorotan karena berbagai manfaatnya yang disebut luar biasa, termasuk untuk wanita. Apalagi, daun sirsak sejak jaman dahulu telah dipercaya sebagai ramuan tradisional untuk menjaga kesehatan. 

    Namun, bagaimana dengan faktanya? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui berbagai manfaat atau khasiat daun sirsak untuk kesehatan wanita.

    Beragam manfaat daun sirsak untuk wanita 

    Gambar buah dan daun sirsak pada pohon

    Sebelum mengetahui beragam manfaatnya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan dari daun yang dianggap sebagai obat herbal satu ini. 

    Berikut ini adalah beberapa kandungan yang mungkin terdapat pada daun sirsak. 

    • Antioksidan, seperti acetogenins, fitosterol, tanin, dan flavonoid. 
    • Vitamin C. 
    • Serat. 
    • Vitamin B9 atau folat. 
    • Kalium. 
    • Kalsium. 
    • Fosfor. 
    • Vitamin E. 

    Berkat kandungan tersebut, daun sirsak menjadi pilihan yang menarik untuk wanita yang ingin menjaga kesehatan dan kecantikannya secara alami. 

    Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirsak untuk wanita. 

    1. Menurunkan berat badan 

    Bagi wanita yang ingin memiliki berat badan ideal, salah satu cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan mengonsumsi rebusan air daun sirsak. 

    Pasalnya, mengutip EH Project, rebusan daun sirsak dapat bermanfaat untuk mengurangi lemak pada tubuh.

    Anda bisa mengonsumsi air rebusan ini sebagai salah satu bagian dari pola makan sehat, yang mencakup banyak sayuran dan buah-buahan. 

    Hal ini pun didukung oleh penelitian dari Nutrients yang menyatakan bahwa daun sirsak dapat membantu mengendalikan berat badan, terutama bagi orang yang mengalami obesitas. 

    2. Mengobati jerawat 

    Daun sirsak juga dipercaya dapat membantu mengobati jerawat berkat kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya.

    Berkat kandungan tersebut, daun sirsak dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan peradangan pada kulit. 

    Sementara, sifat antiinflamasi di dalam daun herbal satu ini sering dikaitkan dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang sering terjadi saat muncul jerawat. 

    Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas daun sirsak dalam mengobati jerawat.

    3. Mendukung kesehatan rahim

    Selain kulit, apakah daun sirsak baik untuk rahim? Faktanya, antioksidan dalam daun sirsak dipercaya dapat membantu melindungi sel-sel rahim dari kerusakan akibat radikal bebas.

    Manfaat daun sirsak ini dapat membantu menjaga kesehatan rahim serta untuk mencegah perkembangan penyakit pada wanita, seperti kanker rahim dan penebalan dinding rahim.

    Tidak hanya kanker rahim, daun sirsak juga dipercaya efektif mencegah kanker jenis lain, termasuk kanker paru-paru hingga kanker serviks

    Meski demikian, bukti ilmiah yang mendukung pernyataan ini masih terbatas, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

    4. Mencegah kanker payudara

    Manfaat rebusan daun sirsak untuk wanita lainnya, yaitu diyakini dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, yang menjadi salah satu masalah kesehatan umum pada wanita.

    Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan di dalam daun sirsak yang diketahui memiliki sifat antikanker.

    Antioksidan ini juga dapat membantu menstabilkan lemak dan minyak dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya oksidasi lemak yang merupakan faktor risiko terjadinya kanker. 

    5. Mencegah penuaan dini 

    Daun sirsak mengandung berbagai antioksidan, termasuk vitamin C dan acetogenins, yang membantu tubuh melawan radikal bebas dan kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit. 

    Hal ini dapat membantu mencegah penuaan dini dengan menjaga kekencangan kulit serta mengurangi kerutan dan garis halus. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih muda dan sehat. 

    Hal ini pun didukung oleh meningkatnya produksi kolagen berkat kandungan vitamin C di dalamnya, sehingga kulit terjaga elastisitasnya. 

    6. Mengurangi kram menstruasi 

    Kandungan kalsium dan vitamin E di dalam daun sirsak dipercaya dapat memberikan manfaat untuk wanita saat periode haid, yaitu mengurangi kram menstruasi. 

    Selain menjaga kesehatan tulang, kalsium dalam daun sirsak diyakini memberi manfaat untuk membantu mengurangi nyeri haid karena dapat menjaga kekencangan otot. 

    Namun, belum banyak bukti ilmiah yang membuktikan efektivitasnya. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas manfaat yang satu ini.

    7. Menjaga kesehatan saluran cerna 

    Bukan hanya terkait kulit dan rahim wanita, manfaat rebusan daun sirsak untuk wanita yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan saluran cerna.

    Daun herbal satu ini dipercaya dapat mengobati penyakit lambung, seperti maag, berkat sifat antiinflamasi di dalamnya. 

    Bahkan tidak hanya itu, kandungan serat alami di dalamnya juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan mengatur pergerakan usus. 

    Hal ini membuat rebusan air daun sirsak bermanfaat untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, kembung, dan sakit perut. 

    8. Menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes 

    Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam daun sirsak dipercaya efektif mengelola diabetes tipe 2, termasuk pada wanita, dan mengurangi kadar glukosa darah. 

    Hal ini menjadikan daun sirsak kerap digunakan sebagai obat-obatan tradisional untuk mengobati penyakit diabetes tipe 2. 

    Namun, sebaiknya hindari menggunakan rebusan daun sirsak ini sebagai pengganti pengobatan medis yang telah diresepkan oleh dokter. 

    Bagaimana cara mengolah daun sirsak untuk wanita? 

    manfaat buah sirsak

    Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak untuk kesehatan rahim dan alat reproduksi wanita lainnya seperti di atas, Anda dapat mengolahnya menjadi beberapa cara, seperti berikut ini. 

    1. Rebusan daun sirsak 

    Untuk mendapatkan manfaat daun herbal satu ini, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk air dari sari daun sirsak yang sudah direbus, berikut caranya. 

    • Siapkan daun sirsak yang telah dicuci bersih.
    • Rebus daun sirsak dalam air mendidih selama sekitar 10—5 menit.
    • Setelah itu, saring air rebusan daun sirsak dan biarkan sedikit dingin.
    • Anda dapat menambahkan sedikit madu atau lemon untuk memberikan rasa yang lebih enak.

    2. Jus daun sirsak 

    Selain direbus untuk mengambil sarinya, daun sirsak juga bisa diolah menjadi jus segar dengan cara berikut. 

    • Campurkan daun sirsak yang telah dicuci bersih dengan air secukupnya dalam blender.
    • Proses hingga halus dan saring jusnya untuk memisahkan ampasnya.
    • Tambahkan sedikit air atau es batu sesuai selera.
    • Jus daun sirsak siap disajikan.

    3. Teh daun sirsak 

    Daun sirsak juga dapat diolah menjadi teh yang tidak hanya menghangatkan tubuh, tetapi juga memberi manfaat untuk kesehatan, termasuk wanita. Berikut cara mengolahnya. 

    • Rendam beberapa daun sirsak yang telah dicuci bersih dalam air panas selama beberapa menit.
    • Saring dan tambahkan sedikit madu atau lemon jika diinginkan.
    • Teh daun sirsak dapat diminum hangat. 

    Selain dengan beberapa cara di atas, saat ini ada cara yang lebih praktis untuk mengonsumsi daun sirsak untuk mengambil manfaatnya, yaitu dalam bentuk suplemen. 

    Suplemen daun sirsak ini dapat ditemukan di toko obat dalam bentuk kaplet maupun bubuk. Namun, bila Anda ingin mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, jangan lupa untuk memilih produk yang telah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). 

    Ikuti juga petunjuk dosis yang telah tersedia di kemasan. Bila perlu, berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya, terutama bila Anda memiliki kondisi kesehatan atau penyakit wanita tertentu atau bahkan mengonsumsi obat-obatan lain. 

    Itulah beberapa manfaat daun sirsak untuk wanita yang sayang untuk dilewatkan. Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter.

    Kesimpulan

    • Dalam dunia kesehatan dan kecantikan, manfaat daun sirsak telah menjadi sorotan karena berbagai manfaatnya yang luar biasa, terutama untuk wanita.
    • Beberapa manfaat tersebut mulai dari menurunkan berat badan, mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan rahim, menjaga saluran cerna, mengurangi kram menstruasi, hingga mencegah terjadinya penyakit kanker. 
    • Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh, Anda dapat mengolahnya menjadi air rebusan, teh, jus segar, hingga dalam bentuk suplemen. 

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 12/03/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan