backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

8 Manfaat Bawang Putih untuk Wanita, dari Kulit hingga Menstruasi

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 04/01/2024

8 Manfaat Bawang Putih untuk Wanita, dari Kulit hingga Menstruasi

Bawang putih adalah salah satu bumbu tradisional yang berasal dari Asia Tenggara. Namun, siapa sangka, di balik rasanya yang kuat ini ada beragam manfaat bawang putih untuk wanita yang sayang jika dilewatkan. Ingin mengetahui apa saja khasiat bawang putih untuk wanita? Yuk simak ulasan di bawah ini. 

Beragam manfaat bawang putih untuk wanita

bawang putih obat sakit gigi

Tidak hanya memberikan cita rasa yang lezat pada makanan, ternyata kandungan allicin, antioksidan, serta vitamin dan mineral di dalam bawang putih dipercaya memiliki kegunaan untuk wanita. 

Berkat beragam kandungan tersebut, bawang putih diyakini dapat meningkatkan kesehatan tubuh wanita secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya. 

1. Mengatasi jerawat

Bagi wanita, kesehatan kulit menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Nah, sifat antibakteri dan antioksidan dalam bawang putih dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat

Hal ini pun didukung oleh penelitian yang diterbitkan oleh Dermatology Reports yang menyatakan bahwa menggosokkan bawang putih mentah pada jerawat dapat membantu menghilangkannya. 

Meski demikian, mengingat bawang putih dapat menyebabkan sensasi terbakar pada kulit, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mencoba teknik satu ini. 

Tahukah Anda?

Selain dapat membantu mengatasi jerawat, bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan cara mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi kolagen

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Bawang putih terkenal dengan kandungan senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan.

Berkat kandungan tersebut, bawang putih dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk pada wanita

Hal ini tentu dapat melindungi wanita dari berbagai infeksi dan penyakit. Jadi, mengonsumsi bawang putih secara teratur dapat menjadi langkah sederhana dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

3. Menjaga kesehatan jantung 

Perlu diingat kembali, bahwa pada dasarnya wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung bila dibandingkan dengan pria. Apalagi bila wanita tersebut telah memasuki fase menopause

Penelitian pada tahun 2018 yang diterbitkan oleh Medicine menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih pada wanita dapat memberikan khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang menjadi salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung. 

Selain itu, bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah dengan cara memperlebar pembuluh darah, sehingga lebih mudah mengatur dan mengurangi tekanan darah.  

4. Mengatasi masalah menstruasi 

Kegunaan bawang putih untuk wanita yang selanjutnya adalah dapat mengatasi masalah menstruasi.

Apalagi, banyak wanita yang sering mengalami menstruasi yang disertai rasa tidak nyaman, seperti kram perut hingga kembung. 

Nah, sifat anti-inflamasi dalam bawang putih dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri menstruasi, kram, dan gejala lain yang dapat mengganggu aktivitas wanita saat sedang menstruasi. 

5. Menjaga kesehatan tulang 

Setelah memasuki masa menopause, osteoporosis adalah masalah yang umum terjadi pada  wanita.

Berdasarkan Electronic Physician tahun 2017, menyatakan bahwa bawang putih dapat mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan osteoporosis

Ini karena bawang putih mengandung nutrisi, seperti selenium dan mangan, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. 

6. Mengurangi risiko kanker 

Kandungan antioksidan di dalam bawang putih, seperti allicin dan quercetin, telah dikaitkan dengan kemampuannya untuk melawan pertumbuhan sel kanker.

Hal inilah yang menjadikan bawang putih dapat memberikan manfaat untuk wanita. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker rahim. 

7. Mendukung kesehatan reproduksi

Khasiat bawang putih untuk wanita yang tidak kalah penting adalah mendukung kesehatan reproduksi wanita

Beberapa kandungan vitamin dan mineralnya, termasuk vitamin C dan selenium, memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan hormonal dan mendukung fungsi sistem reproduksi. 

Hal ini juga dapat bermanfaat bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang menjalani masa subur. 

8. Menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes 

Bagi wanita yang memiliki diabetes, Anda dapat memanfaatkan bawang putih untuk menurunkan kadar gula darah Anda. 

Pasalnya, senyawa allicin dalam bawang putih dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat membantu mengelola diabetes pada wanita.

Namun, perlu diingat kembali, ini bukanlah pengganti pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter. 

Bagaimana cara mengonsumsi bawang putih?

efek samping kebanyakan makan bawang putih

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebenarnya bawang putih dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dijadikan bubuk atau dimakan langsung mentah-mentah. 

Meskipun lebih sulit untuk dicerna dan mungkin akan terasa aneh, bawang putih yang dikonsumsi langsung secara mentah dapat memberikan hasil yang lebih maksimal daripada bubuk atau bahkan dimasak. 

Untuk jumlahnya sendiri pun, American Family Physician menyarankan sebanyak 1—2 siung bawang putih setiap harinya.

Adakah efek samping bawang putih untuk wanita?

Meskipun bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan wanita, mengonsumsinya dalam jumlah besar dapat menyebabkan beberapa efek samping. 

Berikut adalah beberapa efek samping bawang putih untuk wanita yang mungkin dapat terjadi pada Anda.

  • Gangguan lambung, seperti mulas, sakit perut. 
  • Napas bau dan tubuh bau. 
  • Reaksi alergi, seperti ruam kulit, gatal-gatal, hingga kesulitan bernapas. 
  • Iritasi kulit, bila bawang putih digunakan langsung pada kulit terutama kulit sensitif. 

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi bawang putih dengan bijak.

Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, terutama bila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu atau sedang menjalankan pengobatan tertentu. 

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 04/01/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan