Manfaat Daun Sirsak yang Perlu Anda Tahu

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Manfaat buah sirsak mungkin sudah sering Anda dengar, namun bagaimana dengan daun sirsak? Jadi, tidak hanya buahnya saja yang bisa Anda manfaatkan, tapi daun dari pohon sirsak juga bisa Anda manfaatkan. Daun sirsak ini bisa Anda jadikan sebagai minuman untuk Anda konsumsi dan dapatkan manfaat daun sirsak.

Apa saja sih manfaat daun sirsak?

Daun sirsak mempunyai segudang manfaat dan mengandung berbagai nutrisi penting untuk melindungi Anda dari penyakit. Beberapa kandungan nutrisi dalam daun sirsak adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, fruktosa, dan protein. Selain itu, daun sirsak juga mengandung senyawa yang disebut dengan acetogenin. Senyawa ini terbukti bisa bertindak sebagai antiparasit, antivirus, antiperadangan, dan antimikroba. Hal ini membuat daun sirsak kaya akan manfaat.

1. Membantu mengobati kanker

Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat. Salah satu penelitian telah dilakukan oleh National Cancer Institute. Hasilnya membuktikan bahwa daun sirsak dapat membantu melawan sel-sel kanker.

Daun sirsak memiliki senyawa aktif yang disebut dengan acetogenin. Senyawa ini dapat membantu tubuh dalam melawan sel-sel kanker. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara merebus 10 lembar daun sirsak segar dalam 3 gelas air. Hasilnya adalah 1 gelas. Minum secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari selama 2 minggu.

2. Membantu mengobati diabetes

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa daun sirsak terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dengan merangsang pelepasan hormon insulin untuk mengubah gula menjadi energi. Hal ini memungkinkan sel-sel tubuh menggunakan gula darah sebagai energinya, sehingga kadar gula darah tidak tinggi dan Anda terhindar dari diabetes. Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak ini, Anda bisa merebus 5 daun sirsak segar dengan 2 gelas air. Rebus sampai tersisa 1 gelas. Minum air daun sirsak ini setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

3. Membantu mengobati asam urat

Daun sirsak juga bisa Anda manfaatkan untuk mengobati asam urat. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun sirsak mampu membantu tubuh dalam menyingkirkan asam urat dalam darah. Anda bisa minum air rebusan daun sirsak untuk mendapatkan manfaat ini. Caranya adalah rebus 6-10 lembar daun sirsak dengan 2 gelas air sampai hasilnya 1 gelas air. Anda bisa minum air rebusan ini sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

4. Membantu mengobati rematik

Bagi Anda yang punya rematik Anda mungkin bisa memanfaatkan daun sirsak untuk menyembuhkan sakit Anda ini. Kandungan antiperadangan yang ada dalam daun sirsak dapat membantu Anda dalam mengobati rematik. Caranya tidak dengan meminum air rebusannya, tapi dengan cara menaruh daun sirsak (yang sudah direbus dan dilumatkan) langsung ke daerah sendi Anda yang terkena rematik. Lakukan hal ini dua kali dalam sehari.

Kandungan antiperadangan dalam daun sirsak juga bisa membantu Anda dalam mengobati eksim. Caranya sama, yaitu dengan menaruh daun sirsak yang telah ditumbuk halus ke bagian kulit yang mengalami eksim. Selamat mencoba!

5. Membuat tidur Anda lebih nyenyak

Daun sirsak yang sudah dibuat menjadi teh juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Kandungan triptofan dalam daun sirsak dapat membuat tidur Anda lebih tenang dan nyenyak. Anda mungkin juga bisa memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati insomnia.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tumor Mediastinum

Tumor mediastinum adalah jaringan abnornal yang terjadi di bagian mediastinum atau rongga dada. Ketahui gejala, penyebab, dan pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 10 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Glioblastoma

Glioblastoma adalah jenis kanker otak yang paling umum terjadi pada orang dewasa. Intip pengertian, gejala, penyebab, dan pengobatannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker, Kanker Otak 10 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Adenoma Bronkus

DefinisiApa itu adenoma bronkus? Adenoma bronkus adalah salah satu jenis tumor di trakea atau bronkus (jalan udara yang membawa udara ke paru-paru) yang biasanya menghambat saluran pernapasan Anda. Meski awalnya ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pernapasan, Penyakit Pernapasan Lainnya 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Kanker Timus

Kanker timus adalah jenis kanker langka yang menyerang timus, yaitu organ kecil yang berada di belakang tulang dada. Ketahui informasi lengkapnya berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 6 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit degeneratif

Mengenali Jenis-jenis Penyakit Degeneratif yang Umum Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Amiloidosis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
rhabdomyosarkoma (rabdomiosarkoma)

Rhabdomyosarkoma (Rabdomiosarkoma)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit