Hasil Tes Urine Menunjukkan Adanya Sel Darah Putih (Leukosit), Apa Artinya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Melalui berbagai komponen yang diuji di dalamnya, hasil tes urine dapat menjadi indikator akan adanya gangguan kesehatan pada tubuh seseorang. Begitu pula ketika dijumpai sel darah putih (leukosit) dalam urine Anda yang bisa menjadi pertanda dari kondisi tertentu. 

Kadar normal sel darah putih (leukosit) dalam urine

sel darah putih naik

Idealnya, jumlah sel darah putih dalam sedimen urine tergolong rendah, yaitu 0-5 sel darah putih per HPF (high power field). Bila hasil tes urine menunjukkan jumlah sel darah putih melebihi angka tersebut, artinya Anda sedang mengalami kondisi tertentu.

Begini, sel darah putih berperan untuk melawan bakteri yang sedang menginfeksi tubuh. Jika leukosit ditemukan pada urine, ada kemungkinan sistem urologi Anda mengalami sejumlah masalah.

Penyebab sel darah putih di urine

Peningkatan jumlah leukosit yang terlihat pada urine lewat mikroskop biasanya menandakan tubuh sedang mengalami infeksi atau peradangan di saluran kemih. Berikut ini beberapa penyebab adanya sel darah putih di urine Anda.

1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang kandung kemih, uretra, dan ginjal. Jika dibiarkan, penyakit saluran kemih ini dapat menghambat aliran urine pada saluran kemih dan infeksi pun semakin parah. 

Umumnya, tubuh akan melawan infeksi dengan menggunakan sel darah putih. Hal ini yang menyebabkan jumlah leukosit dalam urine pun meningkat.

2. Penyakit batu ginjal

Selain ISK, batu ginjal juga menjadi salah satu penyebab jumlah sel darah putih di urine menjadi lebih banyak. Kondisi ini terjadi karena batu ginjal ditandai dengan tingginya kadar mineral dan garam yang tidak tersaring dengan baik dari darah.

Mineral yang tidak tersaring tersebut terbawa bersama urine dan terkadang disertai dengan nilai sel darah putih. Batu ginjal yang terbawa ke ureter pun menghambat aliran urine dan jumlah bakteri berlipat ganda di area tersebut. Alhasil infeksi pun terjadi dan memicu naiknya jumlah leukosit dalam urine.

7 Gejala Batu Ginjal yang Mudah Anda Kenali

3. Pielonefritis (infeksi ginjal)

Pielonefritis adalah infeksi ginjal yang biasanya disebabkan oleh bakteri E.coli. Bakteri yang terdapat pada anus ini masuk ke saluran kemih melalui vagina dan bergerak menuju ginjal serta memicu infeksi. 

Infeksi ginjal biasanya terbilang cukup parah dibandingkan infeksi saluran kemih. Pasalnya, infeksi dapat menyebar melalui aliran darah dan menyebabkan infeksi pada organ lainnya. 

Oleh sebab itu, tubuh pun merespons kondisi ini dengan memproduksi lebih banyak leukosit untuk melawan bakteri yang sudah menyebar. 

4. Penyebab lainnya

Selain beberapa penyebab umum di atas, adanya sel darah putih di urine juga dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan lainnya, meliputi:

  • infeksi menular seksual,
  • piuria steril, kondisi ketika tubuh mengalami gejala infeksi saluran kemih, tetapi tidak terdapat bakteri dalam urine,
  • cystitis atau peradangan pada kandung kemih,
  • infeksi pada panggul (infeksi intraabdomen),
  • pneumonia dan tuberkulosis,
  • ginjal polikistik, serta
  • Donor ginjal yang tidak cocok.

Perlu diingat bahwa tes urine yang menunjukkan adanya sel darah putih Anda tidak langsung memberitahu penyebabnya. Dokter mungkin memerlukan tes tambahan dan diagnosis lebih lanjut untuk mencari tahu sebabnya. 

Oleh sebab itu, selalu segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter spesialis urologi bila hasil tes urine positif leukosit positif. Bila penyebabnya adalah infeksi, pemeriksaan urine akan menjadi langkah baik untuk menentukan pengobatan demi menjaga kesehatan ginjal dan saluran kemih. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Antibiotik adalah pilihan pertama untuk obat infeksi saluran kencing. Akan tetapi, dari sekian banyak jenis antibiotik yang ada, apa saja yang digunakan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Urologi, Urologi Lainnya 7 Agustus 2020 . Waktu baca 7 menit

Bahaya Komplikasi Infeksi Saluran Kemih Jika Tidak Diobati Sampai Tuntas

Meski termasuk umum, infeksi saluran kemih yang tak diobati hingga tuntas bisa membawa komplikasi bagi penderitanya, salah satunya kerusakan ginjal.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Urologi, Urologi Lainnya 7 Agustus 2020 . Waktu baca 7 menit

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (infeksi saluran kencing) adalah ketika ada bakteri pada organ saluran kencing. Apa gejalanya? Bagaimana menangani kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Urologi Lainnya 6 Agustus 2020 . Waktu baca 13 menit

6 Gejala Disuria (Anyang-anyangan) Berdasarkan Penyebabnya

Jika Anda pernah merasa nyeri saat buang air kecil, ini mungkin merupakan gejala dari anyang-anyangan. Selain itu, apa lagi gejala yang perlu Anda kenali?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 6 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sel epitel dalam urin

Apa Artinya Jika Terdapat Sel Epitel dalam Urine?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
anuria adalah

Anuria (Kencing Tidak Keluar): Penyebab, Pengobatan, dll.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 27 Agustus 2020 . Waktu baca 7 menit
cara mencegah infeksi saluran kemih

Berbagai Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK) Kembali Lagi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 7 Agustus 2020 . Waktu baca 7 menit
mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 7 Agustus 2020 . Waktu baca 8 menit