Mengobati Panas Dalam Dengan Obat Alami dan Medis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
Bagikan sekarang

Kondisi panas dalam sering digambarkan dengan kondisi tenggorokan panas, sakit untuk menelan, sariawan, bibir kering, dan susah buang air besar. Kebanyakan orang langsung minum minuman penyegar untuk mengatasi kondisi tersebut.

Namun, tahukah Anda, sakit panas dalam itu tidak boleh diabaikan? Ada obat panas dalam tersendiri sesuai gejala penyakit. Mari simak obat panas dalam apa saja yang bisa dicoba.

Ketahui dulu apa itu panas dalam

Kondisi panas dalam yang sering Anda rasakan sebetulnya tidak ada dalam dunia medis. Menurut dr. T Bahdar Johan, Sp.PD, yang dikutip dari Liputan6, ia mengatakan bahwa, panas dalam sebenarnya bukanlah sebuah penyakit. Panas dalam itu sendiri berupa gejala penyakit yang menyerang bagian mulut, tenggorokan dan sistem pencernaan.

Kata “panas dalam” awalnya muncul karena pengobatan tradisional Tiongkok. Di mana para tabib Tiongkok zaman dahulu percaya akan adanya keseimbangan Yin dan Yang, termasuk dalam tubuh manusia itu sendiri.

Nah, saat panas dalam tubuh berlebih atau tidak seimbang, para tabib percaya bahwa akan ada efek seperti tenggorokan sakit, tubuh lemas, sariawan dan sistem pencernaan bermasalah. Maka dari itu, tabib sering mengobati dengan minuman segar yang bisa memadamkan panas dalam tubuh.

Padahal sebetulnya panas dalam yang Anda rasakan adalah sebuah gejala kondisi penyakit. Contoh adanya sakit tenggorokan, itu bisa menandakan bahwa ada peradangan di dalam tubuh atau bisa karena amandel. Bibir pecah-pecah dan sariawan bisa jadi akibat Anda kurang minum air atau dehidrasi.

Sedangkan pencernaan yang bermasalah bisa jadi karena Anda kurang makan makanan berserat dan vitamin. Jadi, apabila Anda merasakan gejala panas dalam, lebih baik ke dokter untuk diperiksa apa penyakitnya, ya.

Gejala dan penyebab panas dalam

sakit tenggorokan sebelah

Menurut Yan Yew Wai, ahli akupuntur di Complementary Integrative Medicine Clinic at Tan Tock Seng Hospital Singapore, gejala panas dalam umumnya disebabkan karena makanan.

Ketika makanan penyebab panas dalam dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa mengakibatkan gejala seperti demam, sakit tenggorokan, sariawan, haus yang berlebihan, dan kemerahan pada kulit.

Jenis makanan penyebab panas dalam umumnya makanan yang mengandung tinggi kalori dan mengalami suhu panas memasak yang tinggi. Antara lain termasuk daging merah, makanan yang dipanggang dan digoreng, buah durian, coklat, serta hidangan pedas mengandung sambal cabai.

Sedangkan bila kebanyakan konsumsi makanan atau minuman dingin, hal ini dapat menimbulkan efek dingin tertentu di dalam  tubuh. Antara lain kulit pucat, otot dan sendi sakit, serta kelelahan.

Contoh dari makanan dalam kategori dingin dalam pengobatan tradisional Tiongkok termasuk teh hijau dan semangka yang biasanya rendah kalori. Selain itu, makanan kategori dingin biasanya mengalami sedikit atau tidak ada panas dalam memasak, dengan rasa yang menenangkan atau menyegarkan.

Dari sudut pandang pengobatan Tiongkok, tubuh bisa sehat optimal ketika ada keseimbangan yin dan yang di dalamnya. Makanan yang panas atau dingin tidak membuat Anda jatuh sakit, tetapi hanya menjaga keseimbangan yin dan yang di tubuh Anda,

Menurut Yan, makan panas atau dingin bisa saja bermanfaat baik, namun tergantung pada penyesuaian tubuh masing-masing. Untuk seseorang yang rentan terhadap kondisi dingin, makan makanan hangat dapat membantu. Begitupun dengan yang tubuhnya cenderung nyaman dengan suasana panas. Makan-makanan dengan dingin seperti es krim atau air dingin, mungkin bisa membuat yin dan yang dalam tubuhnya seimbang.

Obat panas dalam alami untuk dewasa

obat untuk sakit tenggorokan

Anda bisa melakukan penanganan sementara akibat rasa tidak nyaman dari panas dalam. Namun apabila sudah lebih dari 3 hari merasakan gejala panas dalam, baiknya cek dan periksa ke dokter. Berikut obat panas dalam alami sementara yang bisa digunakan sesuai dengan gejala yang Anda rasakan:

1. Kumur air garam

Apabila Anda mengalami ciri-ciri panas dalam seperti sakit tenggorokan dan sariawan, coba kumur air garam. Air garam bisa jadi obat panas dalam yang membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan.

Caranya, siapkan segelas air putih hangat dan campurkan 1,5 sendok teh garam. Kumur di tenggorokan selama 10-15 detik. Lalu untuk sariawan, kumur di sekitar mulut selama 15 detik lalu buang kumur air. Ulangi 1-3 kali dalam sehari untuk meredakan rasa sakit sariawan dan tenggorokan.

2. Ramuan air jahe, madu dan lemon

Obat panas dalam yang satu ini membutuhkan satu sendok teh masing-masing bubuk jahe dan madu, 1⁄2 gelas air panas, dan 1⁄2 sari lemon yang diperas. Seduh bubuk jahe dengan air hangat, tambahkan jus lemon dan madu, lalu kumur. Madu dan jahe dapat melegakan rasa sakit di tenggorokan karena punya kandungan antibakteri yang ringan.

3. Makan sayur dan buah

Obat panas dalam untuk gejala sembelit yang satu ini mudah saja didapatkan. Anda disarankan untuk makan sayuran dan buah berserat. Umumnya sembelit disebabkan karena tubuh kekurangan serat. Serat dibutuhkan usus dan sistem pencernaan lainnya untuk dapat memproses makanan yang Anda makan.

Disarankan untuk makan sayur dan buah dengan warna cerah. Contohnya seperti wortel, terong, buah pepaya, dan jeruk. Sayuran dan buah tersebut mengandung cukup serat untuk membantu melancarkan pencernaan yang sembelit.

4. Banyak minum air putih

Minum air putih yang banyak bisa menjadi obat panas dalam dengan gejala seperti bibir pecah-pecah dan tenggorokan kering. Maka dari itu, pastikan tubuh Anda minum minimal 8 gelas air dalam sehari yang juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

5. Madu

Madu bisa menjadi obat panas dalam dengan gejala sakit tenggorokan. Disarankan untuk minum madu murni, bukan madu kemasan. Madu kemasan umumnya mengandung gula tambahan yang bisa bikin tenggorokan Anda makin sakit.

Anda juga bisa minum madu dicampur dengan segelas air hangat atau teh. Selain itu untuk masalah bibir kering pecah-pecah, cukup oleskan madu setiap mau tidur. Madu bisa melembapkan dan menghaluskan bibir Anda.

Obat panas dalam yang bisa dibeli di apotek

1. Untuk sariawan

Sariawan umumya disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi atau akibat lidah atau dinding mulut Anda tidak sengaja tergigit. Namun, jika sariawan tak kunjung sembuh, Anda bisa minum paracetamol atau menggunakan obat benzocaine yang dioleskan ke area lepuhan sariawan.

2. Untuk sakit tenggorokan

Anda dapat menggunakan obat panas dalam untuk meredakan sakit tenggorokan atau untuk mengobati kondisi dasar lain yang menyebabkan sakit di tenggorokan.  Berikut adalah obat-obatan bebas yang dijual di apotek tanpa resep dokter untuk meredakan nyeri tenggorokan:

3. Untuk sembelit

Untuk obat panas dalam sembelit, umumnya Anda dapat mengkonsumsi obat laksatif (pelancar BAB) tanpa resep. Beberapa laksatif yang tersedia di apotek yaitu:

  • Suplemen serat, seperti Metamucil®, Fibercon®, Konsyl®, dan Citrucel®. Obat ini berisi psyllium, metilselulosa, yang membantu mempercepat keluarnya BAB.
  • Stimulan. Seperti bisacodyl.
  • Laksatif osmotik. Obat ini mengandung laktulosa dan magnesium sitrat
  • Lubrikan (pelumas). Laksatif ini berisi mineral yang membantu feses melewati usus besar lebih mudah.
  • Pelunak feses. Laksatif ini membantu melunakkan BAB Anda.

4. Untuk bibir kering pecah-pecah

Lip balm membuat bibir Anda tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembapan bibir. Lip balm dapat melindungi bibir Anda dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi.

Obat panas dalam untuk anak-anak

sakit tenggorokan pada anak

Obat panas dalam anak dan orang dewasa umumnya berbeda. Orangtua tidak boleh menyamakan perawatan obat anak dengan dewasa. Berikut adalah obat panas dalam anak tergantung dari gejalanya.

1. Jika gejalanya sakit tenggorokan

Saat anak sakit tenggorokan karena panas dalam, pastikan anak Anda untuk minum banyak cairan. Apabila sampai demam, berikan paracetamol sebagai obat panas dalam sementara. Saat hendak makan, berikan asupan makanan yang lunak dan dingin, contohnya seperti bubur yang sudah dingin atau puding coklat. Setidaknya makanan yang ditelan terasa adem dan dingin, bisa membantu meringankan sakit tenggorokan.

Apabila si kecil sudah berusia di atas 8 tahun, sarankan untuk kumur air garam dengan takaran ¼ sendok teh garam per gelas air hangat

2. Jika gejalanya sariawan

Sariawan bagi anak-anak mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman yang sangat mengganggu. Maka dari itu, kadang anak jadi rewel karena nyeri di mulutnya. Anda dapat memberikan obat panas dalam gejala sariawan dengan ibuprofen atau paracetamol di rumah

Namun pemberian obat ibuprofen ini jangan diberikan pada bayi usia 6 bulan kurang, ya. Ibuprofen untuk obat panas dalam gejala sariawan juga tidak dianjurkan untuk anak yang sedang mengalami dehidrasi atau muntah terus-menerus.

Untuk meredakan nyeri di lidah atau bibir yang sariawan, coba berikan es batu untuk anak kulum dalam mulutnya. Es berfungsi untuk meredakan rasa nyeri di mulut akibat sariawan. Hindari memberikan anak Anda makanan yang bercita rasa pedas atau asam.

3. Jika gejalanya sembelit

Untuk anak-anak berusia satu tahun ke atas, obat panas dalam dengan gejala sembelit bisa diawali dengan memberikan banyak cairan. Berikan asupan air mineral yang cukup sembari ditambahkan buah-buahan pir, pepaya, dan jeruk. Berikan juga makanan dengan lauk seperti kacang polong dan brokoli. Hindari dulu makan pisang, susu dan permen manis terlalu banyak saat sembelit karena panas dalam.

4. Jika gejalanya bibir pecah-pecah

Jika ada gejala bibir pecah-pecah pada anak usia 1 sampai 3 tahun, baiknya berikan cairan 5 gelas per hari. Sebetulnya tidak harus air mineral, bisa berikan buah yang mengandung banyak air seperti semangka.

Selain itu, Anda juga bisa menyajikan seperti jus buah tanpa gula, sup ayam hangat, atau bahkan susu dingin. Perhatikan juga jika udara di dalam rumah Anda kering. Anda bisa mempertimbangkan pakai humidifier atau pelempab ruangan di tempat anak main atau kamarnya.

Segera ke dokter bila gejala panas dalam tidak kunjung hilang

Apabila si kecil sudah merasakan gejala panas dalam lebih dari 3 hari, ada baiknya segera periksakan ke dokter. Pasalnya, gejala yang dirasakan bisa jadi bukan sekadar panas dalam, bisa sebagai kondisi penyakit lainnya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai obat alami apapun dan untuk pengobatan panas dalam lebih lanjut.

Tips makan makanan pedas tanpa takut gejala panas dalam

Banyak orang yang menghindari makan pedas, karena takut terkena gejala panas dalam. Padahal, gejala panas dalam bisa dicegah apabila Anda tahu tips dan trik makan makanan pedas seperti informasi berikut ini:

Minum susu biar tidak kepedasan

Kepedasan akibat makan makanan pedas umumnya bisa menaikkan suhu di dalam dalam tubuh, sehingga timbul rasa panas di tenggorokan. Untuk mengatasinya, sehabis makan pedas Anda bisa langsung minum susu dingin.

Segelas susu bisa menangkal rasa pedas dan panas di tenggorokan. Pasalnya, di dalam susu ada protein yang disebut kasein. Protein kasein ini bisa membantu memutus ikatan capsaicin pada reseptor saraf Anda. Di mana secara tidak langsung bisa menghilangkan efek panas di mulut dan tenggorokan.

Minum minuman asam

Minuman rasa asam seperti jus jeruk nipis, jus tomat, dan jus lemon dapat membantu meredakan rasa panas di mulut. Minuman yang mengandung asam ini juga dapat membantu menyeimbangkan panas.

Makan sesendok gula pasir atau madu

Menurut Journal of Physiology and Behaviour, makan gula pasir atau madu bisa menetralkan rasa pedas dan panas di mulut. Ini karena kandungan gula dan madu yang bisa  menyerap minyak pedas dalam capsaicin. Alhasil, rasa pedas yang ada rdi mulut dan tenggorokan bisa hilang perlahan.

Benarkah cincau bisa menjadi obat panas dalam alami?

manfaat cincau obat alami panas dalam

Cincau dengan bentuk hitam, seperti balok, dan kenyal ini, sering digadang-gadang jadi obat panas dalam yang bisa menyembuhkan gejala sakit tenggorokan. Cincau banyak dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Banyak yang percaya cincau berguna untuk meredakan tenggorokan sakit karena panas dalam. Ini disebabkan karena cincau masuk ke dalam tubuh melalui tenggorokan, ada sensasi rasa adem dan dingin.

Namun sayang, belum ada penelitian valid yang dapat menyatakan cincau bisa menjadi obat panas dalam alami. Butuh penelitian lebih akurat dan lebih lanjut untuk membuktikan cincau sebagai obat panas dalam yang ampuh.

Meski demikian, jelly cincau yang terbuat dari tanaman Mesona chinensis ini,  dalam 330 gram sajiannya mengandung 184 kalori, 44 gram karbohidrat, dan 2 gram karbohidratnya dari serat makanan.

Sisa karbohidrat lainnya berasal dari gula dan juga cincau mengandung 2 gram protein. Cincau tidak mengandung lemak, vitamin atau mineral apa pun. Karena itu, jumlah kalori dari cincau yang sering dijadikan makanan penutup ini relatif rendah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Jangan Digaruk! Ini 2 Jenis Obat Infeksi Jamur Vagina untuk Meredakan Gejala

Vagina gatal akibat infeksi jamur tentu sangat mengganggu aktivitas. Redakan dengan berbagai obat infeksi jamur vagina, mulai dari krim sampai obat minum.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Wanita, Infeksi Jamur Vagina 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Jenis-Jenis Pijat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Badan pegal bisa jadi lebih segar setelah dipijat. Ada beragam jenis pijat yang memberikan manfaat yang berbeda-beda. Anda lebih suka yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Pengobatan Alternatif, Pengobatan Herbal dan Alternatif 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Fakta Mengagumkan Soal Lutut Manusia yang Tangguh Tapi Rawan Cedera

Lutut manusia bertugas untuk menopang aktivitas Anda sehari-hari. Yuk, cari tahu berbagai fakta menarik soal kesehatan lutut berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit dari tikus

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
keluar air mani

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
efek bleaching gigi

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
mie instan atau nasi

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit