Badan Lemas Tidak Kunjung Sembuh? Mungkin Ini Penyebabnya

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Badan lemas terus dan terasa sangat lelah meskipun sudah tidur cukup? Atau, pernahkah Anda sudah merasa badan capek duluan padahal belum melakukan aktivitas yang berat? Jika ya, Anda perlu waspadai kondisi ini. Keluhan badan lemas dan rasa lelah yang terus menerus mengganggu meski Anda cukup banyak istirahat dapat menandakan ada suatu masalah pada tubuh Anda.

Apa penyebab badan lemas terus?

Secara umum, kelelahan adalah perasaan lelah atau kekurangan energi. Kelelahan dapat muncul sebagai respons dari padatnya aktivitas, kebiasaan makan yang buruk, stres emosional, rasa bosan, dan kurang tidur. Biasanya, kelelahan dapat hilang setelah Anda tidur atau beristirahat cukup. Namun, dalam beberapa kasus, kelelahan bisa tidak membaik meskipun Anda cukup tidur, makan makanan yang bergizi, maupun jauh dari stres.

Jika keluhan badan lemas tidak kunjung sembuh, Anda perlu konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui apa penyebab pastinya. Rasa lelah yang tidak kunjung hilang bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab munculnya rasa lelah dan badan lemas yang tak kunjung menghilang.

Gaya hidup

Seiring hiruk pikuknya kehidupan, tentu tuntutan hidup akan semakin menumpuk. Kesibukan padat bisa menyulitkan Anda menyeimbangi gaya hidup sehat, sehingga berujung pada rasa lelah atau lemah yang terus-terusan muncul. Beberapa gaya hidup buruk yang dapat membuat Anda merasa kelelahan adalah kurangnya aktivitas fisik, kurang tidur, terlalu banyak pekerjaan/deadline, kerja shift, dll. Penggunaan obat-obatan terlarang serta konsumsi alkohol juga menjadi penyebab munculnya rasa lelah karena zat tersebut dapat mempengaruhi sistem saraf dan mengganggu pola tidur Anda. Kuantitas dan kualitas tidur yang terganggu berkontribusi terhadap munculnya kelelahan.

Depresi

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang paling umum terjadi. Hal ini ditandai dengan perasaan atau ketidakbahagiaan terus menerus yang juga berdampak pada kesehatan fisik. Depresi dapat memangkas habis energi Anda dan membuat Anda merasa lelah di siang hari. Beberapa gejala yang muncul ketika Anda merasa depresi adalah kelelahan, sulit tidur, nafsu makan berkurang, dan sulit berkonsentrasi.

Sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang membuat pernapasan Anda sering berhenti selama tidur alias ngorok. Akibatnya, organ tubuh —terutama otak — tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Hal tersebut dapat berakibat pada kualitas tidur yang menurun dan membuat Anda merasa kelelahan keesokan harinya.

Anemia

Anemia adalah berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah. Sehingga, orang dengan anemia tidak mampu membuat sel-sel darah merah yang cukup untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh mereka. Beberapa gejala yang sering dialami penderita anemia adalah 3L — lemah, letih, lesu — dan mudah pusing.

Hipotiroidisme

Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya. Hipotiroidisme adalah kondisi dimana kelenjar tiroid kurang aktif dan gagal untuk mengeluarkan cukup hormon ke dalam aliran darah. Jika seseorang memiliki hipotiroidisme, kelenjar tiroid mereka tidak menghasilkan tingkat yang memadai dari hormon-hormon penting. Akibatnya, seseorang tersebut akan mengalami kelelahan terus-menerus meskipun sudah cukup tidur. Gejala umum lainnya dari gangguan ini termasuk perubahan suasana hati, berat badan, dan perasaan dingin sepanjang waktu.

Penyakit jantung

Salah satu gejala umum dari penyakit gagal jantung adalah sensasi badan lemas dan kelelahan yang berlebihan. Bahkan, jika Anda mengalami sakit jantung, rasa lelah akan semakin memburuk setelah Anda berolahraga. Gejala lain dari penyakit jantung adalah pembengkakan di lengan/kaki dan sesak napas.

Menopause

Menopause adalah masa di mana siklus menstruasi perempuan akan berhenti permanen, yang berarti pula akhir dari masa reproduksi aktif. Menopause membuat tubuh perempuan mengalami perubahan hormon endokrin. Akibatnya, perempuan yang akan mengalami menopause dapat mengalami kesulitan tidur yang berdampak pada rasa lelah di keesokan harinya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Minuman campuran lemon dan madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain membantu meningkatkan imun tubuh, apa saja manfaat campuran lemon dan madu?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan, Informasi Kesehatan 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ada sejumlah pilihan obat cacing kremi yang bisa Anda coba, mulai dari obat kimia atau obat dari bahan alami. Baca selengkapnya dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Anda perlu memberikan perawatan yang tepat untuk mencegah infeksi atau timbulnya komplikasi setelah sunat. Perhatikan panduannya berikut ini, ya.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hidung meler

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
pertolongan pertama keracunan makanan

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
ilustrasi pasca operasi usus buntu

Semua Hal yang Penting Diperhatikan Pasca Operasi Usus Buntu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Manfaat Propolis, Getah Lebah yang Penuh Khasiat (Tidak Kalah dari Madu!)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit