Pilihan Obat Amandel Bengkak di Apotek dan secara Alami

    Pilihan Obat Amandel Bengkak di Apotek dan secara Alami

    Amandel adalah salah satu bagian sistem imun yang melindungi tubuh dari serangan infeksi. Saat amandel terinfeksi, tonjolan daging di depan tenggorokan ini akan membengkak dan membesar. Nah, berikut berbagai pilihan obat amandel bengkak yang bisa Anda gunakan, baik yang bisa dibeli di apotek maupun yang alami.

    Pilihan obat amandel bengkak yang tersedia di apotek

    Sebelumnya, perlu diketahui dulu kalau amandel bengkak berbeda dengan radang amandel.

    Ada berbagai penyebab amandel bengkak, salah satunya bisa karena radang amandel.

    Kondisi radang amandel tentu menyebabkan amandel bengkak. Namun, bengkak amandel belum tentu disebabkan oleh radang amandel (tonsilitis).

    Jika kondisinya ringan, misalnya tidak disertai nyeri atau masalah lainnya, amandel yang bengkak tak perlu mendapatkan pengobatan apa pun.

    Pada kondisi ini, melansir NHS, amandel yang bengkak akan sembuh dengan sendirinya selama 3 – 4 hari sejak gejala muncul.

    Meski begitu, amandel bengkak yang terasa mengganggu atau cukup parah mungkin perlu mendapatkan obat untuk mengatasinya.

    Berikut adalah pilihan obat amandel bengkak yang tersedia di apotek, baik yang bisa dibeli bebas atau yang membutuhkan resep dari dokter.

    1. Obat pereda nyeri

    diabex

    Jika amandel bengkak membuat tenggorokan terasa sakit, obat pereda nyeri bisa Anda konsumsi untuk mengurangi rasa nyerinya.

    Mengonsumsi pereda nyeri acetaminophen (paracetamol) atau ibuprofen biasanya cukup membantu meredakan rasa sakit yang mengganggu.

    Tak hanya meredakan sakit tenggorokan, ibuprofen merupakan obat golongan NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drugs) yang juga berfungsi sebagai antiradang.

    Kedua jenis obat ini bisa didapatkan langsung dengan atau tanpa resep dokter.

    Namun, jika Anda ingin membeli obat amandel bengkak ini di apotek tanpa resep dokter, pastikan bahwa Anda mengetahui betul manfaat dan efek samping obat.

    Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Cari dokter spesialis THT terdekat dari lokasi Anda dan booking melalui platform Hello Sehat.

    Di sisi lain, hindari pemberian obat pereda nyeri aspirin untuk mengobati amandel bengkak pada anak karena terkait dengan risiko sindrom Reye yang bisa mengancam jiwa.

    2. Antibiotik

    Antibiotik adalah obat untuk amandel bengkak yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Namun, obat antibiotik untuk amandel bengkak tak bisa Anda beli bebas di apotek.

    Anda perlu mendapatkan resep dari dokter untuk bisa mengonsumsi obat ini. Adapun salah satu antibiotik yang umum diresepkan oleh dokter, yaitu penicillin.

    Penicillin biasanya diresepkan untuk mengobati radang amandel yang sampai membengkak dan disebabkan oleh bakteri Streptococcus grup A.

    Obat ini biasanya diminum selama 10 hari penuh untuk membunuh bakteri tersebut. Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap penicillin, dokter akan meresepkan antibiotik alternatif.

    Perlu Anda pahami, antibiotik yang diresepkan oleh dokter harus dihabiskan sesuai aturan, meski gejalanya sudah membaik atau hilang sama sekali.

    Tidak menghabiskannya bisa membuat bakteri resisten terhadap obat sehingga infeksi menyebar ke bagian tubuh yang lain.

    3. Tablet pelega tenggorokan

    menjaga kesehatan tenggorokan

    Selain obat paracetamol dan ibuprofen, Anda juga bisa menghisap tablet pelega tenggorokan (lozenges) untuk mengurangi nyeri akibat amandel bengkak.

    Ada banyak pilihan tablet atau obat hisap pelega tenggorokan yang bisa Anda konsumsi saat amandel sedang bengkak.

    Obat-obat ini mengandung satu atau lebih zat aktif yang bisa membantu meredakan nyeri. Salah satunya, yaitu benzocaine, yang bisa membantu mengurangi nyeri akibat amandel bengkak.

    Bahan aktif lain yang bersifat antiradang, antiseptik, atau pereda nyeri juga bisa dimasukkan ke dalam tablet hisap ini.

    Meski begitu, sebaiknya Anda tidak memberikan lozenges untuk mengatasi amandel bengkak pada anak di bawah usia 4 tahun karena berisiko tersedak.

    Selain obat-obatan dari dokter dan yang tersedia di apotek, ada berbagai obat-obatan alami yang juga bisa membantu mengatasi amandel bengkak, seperti di bawah ini.

    1. Berkumur dengan air garam

    manfaat air garam untuk kesehatan mulut

    Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan pada amandel.

    Anda hanya perlu melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Selanjutnya, kumurlah selama beberapa detik kemudian muntahkan.

    2. Minum cukup air putih

    Bukan cuma untuk berkumur, air putih hangat yang tersedia di rumah Anda bisa bermanfaat sebagai obat amandel bengkak secara alami.

    Minum cukup air putih dapat membantu menjaga tenggorokan tetap lembap dan mencegah dehidrasi, sehingga rasa nyeri akibat masalah amandel Anda bisa berkurang.

    3. Minum madu

    Madu merupakan salah satu obat alami yang mengandung antimikroba. Dengan kandungannya ini, madu bisa membantu melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

    Anda bisa mengonsumsi madu dengan menambahkannya ke dalam secangkir teh untuk membantu meringankan gejala yang muncul akibat amandel bengkak.

    Kesimpulan

    Meski umumnya bisa sembuh sendiri, mendapat obat dan pengobatan yang tepat bisa membantu mengurangi risiko atau bahaya yang mungkin timbul akibat amandel bengkak.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 19/10/2022

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan