home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pilihan Obat Dokter dan Alami untuk Mengatasi Amandel Membengkak

Pilihan Obat Dokter dan Alami untuk Mengatasi Amandel Membengkak

Amandel adalah salah satu bagian sistem imun yang melindungi tubuh dari serangan infeksi. Saat amandel yang terinfeksi, tonjolan daging di depan tenggorokan ini akan membengkak dan membesar. Berikut berbagai pilihan obat saat amandel bengkak yang bisa Anda gunakan, baik dari dokter maupun yang alami.

Pilihan obat dari dokter untuk amandel bengkak

diabex

Antibiotik

Antibiotik adalah obat untuk amandel bengkak yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Salah satu contohnya adalah penicillin. Penicillin biasanya diresepkan untuk mengobati radang amandel yang sampai membengkak. Obat ini biasanya dimium selama 10 hari penuh untuk membunuh bakteri penyebab penyakit. Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap penicillin, dokter akan meresepkan antibiotik alternatif.

Antibiotik yang diresepkan dokter harus dihabiskan sesuai aturan. Tidak menghabiskannya bisa membuat bakteri resisten terhadap obat sehingga infeksi menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Obat pereda nyeri

Untuk meringankan rasa sakit yang muncul akibat amandel bengkak, Anda bisa minum obat pereda nyeri. Acetaminophen dan ibuprofen biasanya cukup membantu meredakan rasa sakit yang menggganggu.

Tak hanya meredakan nyeri, ibuprofen merupakan obat golongan NSAID yang juga berfungsi sebagai antiradang. Kedua jenis obat ini bisa didapatkan langsung dengan atau tanpa resep dokter.

Namun, jika Anda ingin membeli obat di apotek tanpa resep dokter pastikan bahwa Anda mengetahui betul manfaat dan efek samping obat.

Acetaminophen atau paracetamol ditujukan untuk menghilangkan rasa sakit ringan atau sedang dan meredakan demam. Obat ini cenderung aman diminum oleh anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Paracetamol biasanya tidak akan menimbulkan efek samping apa pun jika diminum sesuai aturan.

Sementara efek pereda nyeri dari ibuprofen lebih kuat dibandingkan paracetamol. Ibuprofen bekerja mengurangi hormon penyebab rasa sakit dan pembengkakan di tubuh. Obat ini tidak disarankan diminum oleh ibu hamil dan menyusui untuk mengatasi amandel bengkak atau nyeri lainnya. Terkecuali jika dokter yang meresepkannya untuk Anda.

Ibuprofen merupakan golongan obat yang bisa menimbulkan efek samping seperti:

  • Sakit kepala
  • Keliyengan
  • Mual
  • Muntah

Air garam memang tidak akan menyembuhkan infeksi bakteri dan virus yang menyerang amandel. Namun, cara alami ini sangat berguna untuk mengurangi berbagai gejala yang menyertai pembengkakan.

Anda hanya perlu melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Selanjutnya, kumurlah selama beberapa detik sebelum dimuntahkan kembali. Anda bisa mengulangi cara ini 2 sampai 3 kali sehari atau kapan pun jika dibutuhkan.

Menghisap tablet pelega tenggorokan

Amandel yang bengkak bisa membuat tenggorokan terasa sakit. Untuk itu Anda bisa menghisap tablet pelega tenggorokan (lozenges) untuk meringankannya.

Ada banyak pilihan tablet atau obat hisap yang bisa Anda konsumsi saat amandel sedang bengkak. Sebagian di antaranya mengandung kandungan antiradang dan bahan lain yang bisa membantu meredakan nyeri.

Tablet hisap yang mengandung licorice misalnya mengandung zat antiradang yang cukup kuat. Oleh karenanya, jenis yang satu ini cocok untuk membantu meredakan pembengkakan di amandel dan tenggorokan. Namun hati-hati, jangan berikan lozenges pada anak-anak karena bisa tersedak.

Minum madu

Madu merupakan salah satu obat alami yang mengandung sifat antimikroba. Dengan kandungannya ini, madu bisa membantu melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Anda bisa langsung mengonsumsi madu tanpa tambahan apa pun atau menambahkannya ke dalam secangkir teh. Meski tidak menyembuhkan penyakit, madu membantu meringankan gejala yang muncul akibat amandel yang membengkak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

 

Tonsilitis

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tonsillitis/diagnosis-treatment/drc-20378483 accessed on May 15th 2019

Paracetamol

https://www.nhs.uk/conditions/paracetamol/ accessed on May 15th 2019

Ibuprofen

https://www.nhs.uk/medicines/ibuprofen-for-adults/ accessed on May 15th 2019

Home Remedies for Tonsilitis

https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-tonsilitis#salt-water accessed on May 15th 2019

Health Complications Associated with Swollen Tonsils

https://www.verywellhealth.com/health-complications-swollen-tonsils-1192163  accessed on May 15th 2019

How to Treat Cold or Flu at Home

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324607.php accessed on May 15th 2019

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal diperbarui 22/05/2019
x