backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

11

Tanya Dokter
Simpan

Ragam Obat untuk Radang Amandel, dari Alami hingga Medis

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Risky Candra Swari · Tanggal diperbarui 18/10/2022

Ragam Obat untuk Radang Amandel, dari Alami hingga Medis

Radang amandel (tonsilitis) adalah penyakit yang ditandai dengan pembengkakan pada amandel. Tonsilitis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Mengatasi penyakit ini tidak selalu harus melalui operasi pengangkatan amandel. Masih ada sejumlah cara baik melalui obat medis maupun secara alami yang bisa dicoba untuk mengobati radang amandel. Yuk, simak!

Obat medis untuk mengatasi radang amandel

Amandel atau tonsil merupakan bagian dari garis depan sistem pertahanan tubuh. Amandel menghalau serangan penyakit yang masuk melalui rongga mulut.

Meski begitu, hal ini jugalah yang menyebabkan amandel lebih rentan mengalami infeksi dari virus dan bakteri.

Amandel yang bengkak bisa menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu, mulai dari tenggorokan yang sakit saat menelan, gangguan tidur, dan kesulitan bernapas.

Oleh karena itu, pengobatan untuk radang amandel perlu dilakukan.

Berikut adalah jenis obat radang amandel yang bisa Anda beli di apotik, baik dengan resep dokter maupun tidak. 

1. Antibiotik

ropinirole

Bila radang amandel disebabkan oleh infeksi bakteri, maka jenis obat yang diperlukan adalah antibiotik. Jenis antibiotik yang sering digunakan sebagai obat radang amandel adalah penisilin.

Antibiotik perlu dikonsumsi selama 10 hari. Namun, jika Anda menunjukkan tanda-tanda alergi, dokter dapat memberikan jenis antibiotik untuk radang tenggorokan lainnya sebagai alternatif.

Antibiotik harus dikonsumsi hingga habis untuk mencegah resistensi bakteri dan komplikasi, seperti demam rematik yang menyebabkan peradangan pada jantung, pembuluh darah, dan sendi. 

Sementara obat antibiotik tidak perlu Anda konsumsi jika radang amandel yang terjadi disebabkan oleh infeksi virus.

2. Ibuprofen dan paracetamol

Untuk meringankan sakit tenggorokan yang muncul akibat radang amandel, Anda bisa minum obat pereda nyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen.

Kedua jenis obat pereda nyeri ini bisa Anda beli di apotek, baik yang secara bebas atau menggunakan resep dokter.

Namun, jika Anda ingin membeli obat amandel di apotek tanpa resep dokter, pastikan bahwa Anda mengetahui betul manfaat dan efek samping obat.

Selain paracetamol dan ibuprofen, aspirin juga umum digunakan untuk mengatasi nyeri.

Hanya saja, aspirin tidak boleh diberikan pada anak karena dapat mengakibatkan sindrom Reye.  (pembengkakan pada otak).

3. Pelega tenggorokan

Beberapa jenis tablet atau permen pelega tenggorokan (lozenges) memiliki kandungan khusus yang dapat melegakan nyeri pada tenggorokan akibat peradangan amandel.

Itulah mengapa tablet hisap ini bisa menjadi salah satu obat untuk mengatasi radang amandel yang Anda alami.

Meski begitu, agar efektif mengatasi radang amandel Anda, pilihlah pelega tenggorokan yang mengandung senyawa antiradang, seperti licorice, atau pereda nyeri, misal benzocaine. 

Namun, pelega tenggorokan sebaiknya tidak diberikan kepada anak sebagai obat radang amandel karena berisiko membuat anak tersedak.

Berbagai obat alami untuk radang amandel

cara mengatasi nyeri haid

Sebelum menggunakan bahan-bahan tertentu untuk mengobati peradangan pada amandel, Anda dapat mencoba beberapa langkah untuk meredakan radang dan nyeri pada tenggorokan.

Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gejala radang amandel Anda.

  • Minum cukup air putih. 
  • Beristirahat dengan cukup.
  • Mengonsumsi makanan bertekstur lembut yang mudah dikunyah dan ditelan.
  • Menghindari kebiasaan merokok, paparan asap rokok, atau zat lain yang dapat mengiritasi saluran pernapasan.
  • Menggunakan humidifier untuk menghilangkan udara yang kering.

Apabila langkah-langkah tersebut tidak cukup efektif, berikut adalah beberapa obat alami yang dapat Anda gunakan untuk meredakan peradangan pada amandel. 

1. Air garam

Air garam dapat membantu mengurangi peradangan dan sakit tenggorokan dengan membunuh virus dan bakteri.

Anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Lalu, berkumurlah dengan larutan tersebut selama beberapa detik kemudian keluarkan. 

2. Teh hangat dan madu

Madu memiliki senyawa antibakteri yang bisa melawan infeksi pada radang amandel. Sementara minuman hangat seperti teh dapat memberi efek menenangkan serta mengurangi nyeri. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu mencampurkan dua sendok makan madu dengan satu gelas teh hangat. Minum larutan ini secara rutin setiap hari untuk hasil maksimal.

3. Air perasan lemon dan madu

Kandungan vitamin C di dalam lemon terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. 

Sebagai obat alami untuk radang amandel, Anda bisa mencampurkan satu sendok teh jus lemon ke dalam segelas air hangat, kemudian minum secara perlahan. 

4. Bawang putih

mengobati kanker dengan bawang putih dan jahe

Allicin dalam bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antibakteri untuk membantu melawan bakteri atau virus penyebab radang amandel serta mengurangi sakit tenggorokan yang timbul.

Untuk mendapatkan manfaat dari allicin, Anda bisa makan bawang putih secara utuh atau dicacah dan dicampurkan ke dalam makanan atau minuman.

5. Kayu manis

Kayu manis kaya kandungan senyawa antibakteri sehingga dapat membantu melawan bakteri penyebab peradangan serta melembapkan tenggorokan Anda. 

Untuk membuat obat radang amandel ini, campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas yang sudah dicampur dengan madu dan lemon, lalu minum perlahan.  

6. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi, antijamur, antibakteri, dan antivirus yang mampu membantu melawan infeksi penyebab radang amandel dan mengurangi gejalanya. 

Jika Anda salah satu orang yang suka mengonsumsi susu, Anda bisa mencampurkan segelas susu hangat dengan satu sendok teh bubuk kunyit sebagai obat alami radang amandel. 

Kapan harus mengunjungi dokter jika radang amandel?

Radang amandel yang lebih parah biasanya membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Waspadai gejala yang Anda alami dan segera periksakan diri Anda ke dokter bila peradangan pada amandel turut disertai gejala berikut. 

  • Demam.
  • Kesulitan menelan atau nyeri saat menelan.
  • Rasa nyeri atau gatal pada tenggorokan yang tidak kunjung hilang setelah dua hari.
  • Tubuh lesu.
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Pada kondisi tertentu, seperti terbentuknya abses peritonsil, dokter mungkin menyarankan operasi pengangkatan amandel atau tonsilektomi sebagai cara mengobati radang mandel. 

Konsultasikan dengan dokter untuk pengobatan yang tepat sesuai kondisi Anda. Cari dokter spesialis THT terdekat dari lokasi Anda dan booking melalui Hello Sehat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Risky Candra Swari · Tanggal diperbarui 18/10/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan