backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Sebelum Menikah, Ini 10 Perawatan Tubuh yang Bisa Anda Coba

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Klinik Chika Medika


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 25/01/2024

    Sebelum Menikah, Ini 10 Perawatan Tubuh yang Bisa Anda Coba

    Setiap orang tentu ingin memberikan penampilan terbaik pada acara pernikahannya. Maka, tidak heran jika banyak pasangan calon pengantin, khususnya wanita, melakukan perawatan tubuh secara khusus sebelum menikah.

    Perawatan tubuh sebelum menikah

    Ada berbagai perawatan pranikah yang bisa Anda lakukan. Beberapa di antaranya mungkin memang perlu dilakukan di salon kecantikan, tetapi ada juga yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

    Supaya bisa tampil maksimal pada hari pernikahan, berikut adalah berbagai langkah perawatan tubuh yang bisa Anda lakukan.

    1. Bersihkan wajah secara rutin

    Cuci muka dengan sabun mandi

    Jika Anda masih sering lupa membersihkan wajah sebelum tidur, mulailah menjadikannya sebagai rutinitas jauh-jauh hari sebelum pernikahan.

    Untuk membersihkan wajah, mulailah dengan double cleansing. Bersihkan wajah dengan produk berbasis minyak untuk mengangkat makeup.

    Setelah itu, gunakan pembersih berbasis air untuk mengangkat kelebihan minyak dan sisa kotoran.

    Setelah double cleansing, cuci wajah Anda dengan sabun cuci muka yang sudah disesuaikan dengan tipe kulit Anda.

    2. Jangan lewatkan basic skin care

    Setiap orang bisa memiliki kebutuhan skin care yang berbeda-beda. Namun, dikutip dari situs Northwestern Medicine, Anda setidaknya harus menggunakan tiga skincare dasar sebagai berikut.

    • Toner: berisi bahan untuk menutrisi kulit sehingga membuatnya lebih halus, lembut, tenang, sekaligus mengurangi kemerahan.
    • Moisturizer: melembapkan kulit dengan cara membuatnya tetap terhidrasi sehingga terasa lebih halus. Gunakan saat kulit masih cukup lembap.
    • Sunscreen: melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan yang menyebabkan kerut dan tanda penuaan lain. Tetap gunakan sunscreen meski cuaca mendung atau Anda hanya beraktivitas di dalam rumah.

    Selain ketiga produk dasar tersebut, Anda juga bisa mengoptimalkan langkah perawatan tubuh sebelum menikah dengan menggunakan eksfoliator dan serum.

    3. Kurangi penggunaan makeup

    Berbeda dengan skincare, makeup bukanlah produk yang harus selalu digunakan. Maka, jika memungkinkan, kurangilah penggunaan makeup sebelum menyambut hari besar.

    Ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko masalah kulit akibat tertinggalnya makeup pada kulit wajah Anda.

    American Academy of Dermatology Association menyebutkan bahwa makeup yang tertinggal pada wajah bisa menyebabkan jerawat, bahkan untuk produk riasan dengan klaim nonkomedogenik.

    Tahukah Anda?

    Sisa makeup akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Jadi, pastikan untuk membersihkan makeup Anda sebelum mencuci muka.

    4. Olahraga rutin

    Meski dipenuhi kebahagiaan, tidak dapat dipungkiri bahwa pernikahan sering kali menguras energi. Nah, olahraga rutin bisa menjadi salah satu langkah perawatan tubuh sebelum menikah.

    Tidak perlu terlalu berat, Anda bisa menjadikan yoga, pilates, dan lari sebagai olahraga sebelum menikah. Pastikan Anda rutin melakukannya selama setidaknya 30 menit setiap hari.

    Selain membantu Anda tetap fit pada hari-H, olahraga juga akan meningkatkan stamina untuk melancarkan malam pertama bagi pria maupun wanita.

    5. Kelola stres

    Mengurus persiapan pernikahan sering kali menguras energi, baik secara fisik maupun mental. Agar persiapan berjalan lancar, Anda dan pasangan perlu mengetahui cara mengelola stres dengan baik.

    Anda bisa mengelola stres dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti meditasi atau melakukan hobi yang Anda sukai. 

    Selain memikirkan hari pernikahan, stres sering kali muncul karena membayangkan malam pertama. Tak jarang, wanita perlu tips menghadapi malam pertama.

    Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah berhenti memikirkan hal tersebut sebagai sesuatu yang tabu, lalu mulailah mencari berbagai informasi tentang malam pertama. 

    6. Tidur cukup

    Anda tentu tidak ingin melihat mata panda yang menggantung saat pernikahan. Maka, langkah perawatan tubuh yang tidak boleh ketinggalan sebelum menikah adalah tidur cukup.

    Tidur nyenyak sebelum pernikahan mungkin terdengar cukup sulit. Namun, cobalah membiasakan diri untuk tidur secara teratur supaya tubuh tetap segar dan bugar saat menikah.

    Dengan memenuhi kebutuhan jam tidur, Anda juga memberikan waktu yang cukup bagi tubuh beristirahat. Alhasil, sistem imun pun ikut terjaga dan risiko terkena penyakit mendekati hari-H semakin berkurang.

    7. Jaga pola makan

    Sebisa mungkin, Anda harus mulai menjaga pola makan sejak jauh hari sebelum pernikahan. Cobalah untuk mengurangi konsumsi gula, minyak, makanan pedas, dan makanan cepat saji. 

    Selain meningkatkan risiko berbagai masalah pencernaan, makanan tersebut berisiko membuat Anda harus fitting baju ulang karena perlu menyesuaikan bentuk badan.

    Sebagai gantinya, perbanyak mengonsumsi makanan sehat, seperti buah, sayur, protein nabati, dan biji-bijian. Selain itu, jangan lupa penuhi kebutuhan cairan harian Anda.

    8. Hindari waxing dan nail art terlalu dekat dengan hari-H

    Waktu ideal untuk waxing adalah lima hari sebelum hari-H. Jika jadwal waxing Anda terlalu dekat dengan hari pernikahan, kulit Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk pulih.

    Sementara jika jadwal waxing Anda terlalu jauh, rambut-rambut halus pada tubuh Anda sudah akan tumbuh kembali.

    Begitu pun jika Anda ingin melakukan nail art. Jangan melakukannya terlalu dekat dengan hari pernikahan, apalagi berulang-ulang.

    Terlalu sering nail art justru bisa merusak permukaan kuku Anda sehingga membuatnya susah dilapisi polesan.

    9. Pertimbangkan untuk pijat

    tempat pijat Jakarta

    Pijat dipercaya dapat mengurangi stres, satu hal yang sering menjadi pemicu pertengkaran sebelum pernikahan. Inilah alasan mengapa kini ada banyak tempat pijat yang menyediakan paket pranikah.

    Di tempat pijat yang sama, Anda mungkin juga bisa menerima perawatan pranikah lainnya, seperti lulur, spa, facial, hingga perawatan kuku kaki dan tangan.

    Berbagai perawatan tersebut tentu bisa membuat tubuh Anda lebih rileks sehingga Anda siap menghadapi berbagai hal sebelum dan selama pernikahan.

    10. Perawatan gigi

    Saat menikah, Anda mungkin perlu tersenyum dan memamerkan gigi lebih sering dari biasanya.

    Supaya senyuman Anda tampak lebih indah, perhatikan kebersihan dan kesehatan gigi sebelum pernikahan. Bila perlu, Anda bisa menjadwalkan periksa gigi dan membersihkan karang gigi.

    Selain itu, jangan pernah melewatkan perawatan gigi yang bisa dilakukan di rumah, seperti sikat gigi, memakai benang gigi, dan lain sebagainya.

    Setiap orang mungkin membutuhkan perawatan yang berbeda sebelum menikah. Jenis perawatan ini bisa Anda tentukan berdua dengan pasangan.

    Yang terpenting, perawatan tersebut bertujuan untuk membuat Anda dan pasangan merasa lebih sehat, bugar, dan percaya diri menyambut datangnya hari pernikahan.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

    General Practitioner · Klinik Chika Medika


    Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 25/01/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan