Pakaian Hitam vs. Putih Ketika Cuaca Udara Panas

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pakaian berwarna hitam dan putih merupakan warna yang wajib dipunyai setiap orang karena mudah dipasangkan dengan warna lainnya. Bahkan, beberapa orang memilih warna pakaian tertentu membuatnya tetap nyaman dalam cuaca panas. Lantas, di antara putih dan hitam, mana warna yang tidak menyerap panas dan mampu mendinginkan tubuh?

Warna pakaian yang dapat mendinginkan tubuh, hitam atau putih?

tips memilih pakaian olahraga

Memasuki musim kemarau, orang-orang cenderung lebih nyaman memakai pakaian yang tertutup untuk menghindari paparan sinar matahari berlebihan. Di sisi lain, keringat yang terperangkap di tubuh ketika cuaca panas pun harus mengalami penguapan, sehingga tidak baik juga jika memakai pakaian yang terlalu ketat dan tebal. 

Supaya tidak bingung, mungkin Anda bisa memilih warna pakaian yang cocok untuk digunakan saat musim kemarau untuk menyerap panas. Pilihannya memang banyak, tetapi mari persempit menjadi dua pilihan yang paling sering orang-orang gunakan, yaitu putih dan hitam. 

Pakaian warna hitam lebih banyak menyerap panas

mencegah dehidrasi cuaca panas

Kebanyakan orang menganggap bahwa warna hitam bukanlah salah satu warna yang tidak menyerap panas. Menggunakan pakaian hitam saat cuaca panas tidak akan mendinginkan tubuh Anda, malah membuatnya semakin panas.

Hal ini dikarenakan objek berwarna hitam biasanya menyerap semua cahaya dan tidak memantulkannya kembali. Oleh karena itu, ketika Anda berada di bawah terik matahari dan menggunakan pakaian berwarna hitam, Anda akan merasa lebih panas. 

Akan tetapi, ada penelitian yang mempelajari bahwa jubah hitam tebal yang dikenakan oleh beberapa suku di padang pasir justru tidak memengaruhi suhu tubuh mereka. 

Ternyata, kuncinya ada pada ketebalan pakaian tersebut. Lapisan luar pada pakaian hitam yang tebal menyerap lebih banyak panas, sehingga jumlah panas akan semakin berkurang ketika mencapai ke kulit. 

Lantas, pakaian berwarna putih atau terang bisa lebih mendinginkan tubuh?

hipertermia adalah suhu tubuh panas ekstrem

Selain pakaian warna hitam, ada beberapa orang menyarankan pakaian berwarna putih atau terang dapat mendinginkan tubuh lebih cepat saat cuaca panas. 

Hal tersebut dikarenakan warna putih merupakan warna yang tidak menyerap panas. Akibatnya, ketika dipakai di bawah terik matahari, panas dari cahaya matahari tidak sampai ke tubuh Anda. 

Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini untuk membuktikan apakah pakaian berwarna putih benar-benar dapat mendinginkan tubuh manusia saat cuaca panas. 

Tips memilih pakaian untuk melindungi diri dari cuaca panas

memilih pakaian cuaca panas

Selain warna, pemilihan jenis pakaian juga perlu diperhatikan saat cuaca panas. Tentu akan jadi percuma, jika Anda telah memilih warna yang bisa menangkal panas, tapi jenis dan bahan yang digunakan tidak menyerap keringat dan panas. Hal ini tentu akan membuat Anda semakin kepanasan. 

Oleh karena itu, simak dahulu tips memilih pakaian yang cocok untuk cuaca panas. 

  • Jangan memilih pakaian yang ketat karena dapat menghambat sirkulasi udara di tubuh
  • Pilih bahan katun, linen, dan sutra agar keringat terserap lebih baik, sehingga kulit dapat bernapas lega. 
  • Memakai pakaian tertutup namun ringan ketika berada di luar ruangan untuk melindungi diri dari sinar matahari. 

Pilihan warna pakaian sebenarnya bisa mendinginkan suhu tubuh manusia, tetapi tidak memiliki pengaruh yang begitu besar. Maka itu, tips lain yang telah disebutkan di atas dapat membantu Anda menghadapi musim kemarau yang membuat tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

berpakaian saat hamil

Aturan Berpakaian Saat Hamil yang Aman Bagi Anda dan Bayi

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 21 Februari 2017 . Waktu baca 4 menit