5 Tips Memilih Pakaian Saat Cuaca Panas Agar Tidak Mudah Berkeringat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 25 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Beraktivitas di luar ruangan saat cuaca sedang panas-panasnya, tentu menjadi tantangan. Tidak hanya rentan dehidrasi, tubuh Anda juga mengeluarkan keringat lebih banyak sehingga pakaian Anda bisa basah kuyup. Tak hanya itu, menggunakan pakaian yang tidak tepat saat cuaca panas juga bisa membuat keringat mengucur lebih banyak sehingga menimbulkan bau tidak sedap bahkan masalah kulit. Bagaimana cara menghindarinya? Simak tips berikut,

Tips memilih pakaian saat cuaca panas

Mengenakan pakaian yang cocok saat suasana panas, tentu bisa memengaruhi mood (suasana hati) dan kelancaran Anda menjalani aktivitas hari itu. Sebaliknya, jika salah pilih, Anda justru bisa merasa tidak nyaman dan terganggu.

Kementerian Kesehatan di Australia menyebutkan bahwa memilih pakaian yang cocok saat cuaca panas merupakan hal yang penting. Pasalnya, pakaian dapat melindungi tubuh, memengaruhi seberapa baik udara di kulit dapat bersirkulasi dengan baik, serta memungkinkan panas dan keringat menguap.

Jadi, seperti apa pakaian yang cocok saat cuaca panas? Agar tidak salah langkah, ikuti langkah-langkah memilih pakaiannya, seperti:

1. Pilih bahan pakaian yang tepat

Pakaian terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari wol, katun, polyester, nilon, linen, atau sutra. Jika cuaca panas, memilih pakaian berbahan katun atau linen sangat direkomendasikan.

Pakaian dengan bahan ini memungkinkan udara di kulit bersirkulasi dengan baik. Selain itu, bahan pakaian ini juga sangat baik dalam menyerap keringat.

Hindari pakaian yang terbuat dari sutra, polyester, atau wol yang tidak menyerap keringat dengan baik dan membuat tubuh semakin panas.

2. Ketebalan pakaian juga perlu diperhatikan

Selain pilihan bahannya, ketebalan baju juga perlu Anda perhatikan. Memilih pakaian tebal saat cuaca panas dapat membuat suhu tubuh Anda meningkat.

Akibatnya, keringat yang dikeluarkan akan semakin banyak. Selain itu, udara di kulit juga tidak dapat bersirkulasi dengan baik. Jadi, pilih pakaian yang lebih tipis, supaya kulit dapat bernapas lega dan Anda tidak kepanasan.

3. Pertimbangkan warna pakaian

memilih pakaian cuaca panas
Sumber: Freepik

Biasanya Anda memilih warna pakaian berdasarkan suasana hati atau acara yang akan Anda hadiri. Namun, saat cuaca panas, Anda lebih baik memilih pakaian dengan warna yang terang, seperti putih, light blue, pink atau kuning pucat. Kenapa?

Warna terang memiliki sifat memantulkan cahaya. Sementara warna gelap dapat menyerap cahaya. Jadi, memakai pakaian dengan warna terang jauh lebih sejuk ketimbang pakaian berwarna gelap.

4. Pilih yang ukurannya longgar

Selain warna, ketebalan, dan bahan, memilih pakaian yang tepat saat cuaca panas juga melibatkan ukurannya. Memakai pakaian yang ketat, membuat udara di kulit sulit bersirkulasi.

Selain itu, pakaian ini juga rentan menimbulkan gesekan antara kulit dan pakaian. Akibatnya, kulit bisa lecet jika Anda aktif bergerak. Jadi, pakaian longgar lebih direkomendasikan untuk dipilih ketika cuaca sedang panas.

5. Model pakaian dan aksesori lainnya

Tips memilih pakaian yang cocok saat cuaca panas selanjutnya adalah model pakaian. Ketimbang sweater, Anda lebih baik memilih kaus pendek, kemeja longgar, atau baju tanpa lengan.

Sebaiknya, pakai pakaian dalam, seperti tank top berbahan katun agar keringat yang mengucur tidak langsung mengenai pakaian luar.

Selain itu, pilih aksesori tambahan yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, misalnya topi berlidah lebar yang melindungi wajah dan leher Anda dari sinar matahari.

Selain bijak memilih pakaian saat cuaca panas, jangan lupa pakai tabir surya sebagai perlindungan utama untuk kulit Anda.

Sumber foto: Forbes.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hematohidrosis Adalah Keringat Berdarah, Apa Penyebabnya?

Seorang wanita berusia 21 tahun asal Italia dilaporkan mengeluarkan keringat darah dari wajah dan telapak tangannya. Lho, apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Hiperhidrosis, Kondisi Ketika Anda Terlalu Sering Berkeringat

Kalau Anda sering berkeringat meski sedang tidak kepanasan maupun kecapekan, mungkin Anda menderita kondisi hiperhidrosis. Apakah berbahaya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Mengenal Proses Pembentukan Keringat dan Fungsinya untuk Tubuh

Keringat (peluh) kerap dianggap sebagai suatu hal yang kotor dan bikin risih. Padahal, ada banyak manfaat berkeringat bagi kesehatan. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Keringat Anda Berlebihan? Mungkin Anda Mengidap Hiperhidrosis

Apakah berlari sebentar saja membuat baju Anda basah kuyup? Atau apakah telapak tangan Anda selalu berkeringat? Mungkin Anda menderita hiperhidrosis.

Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 11 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengeluarkan racun dari tubuh detoksifikasi

8 Cara Mengeluarkan Racun dari Tubuh (Detoksifikasi)

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
berkeringat lebih banyak

Siapa yang Berkeringat Lebih Banyak? Pria atau Wanita?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
kaki terasa panas, kaki panas

Berbagai Hal yang Bisa Menyebabkan Kaki Terasa Panas di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit