backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Terbaik Makanan Basah (Wet Food) Kucing

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 24/04/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Terbaik Makanan Basah (Wet Food) Kucing

Kini ada berbagai macam jenis makanan kucing, salah satunya makanan basah atau wet food. Bahkan, makanan basah sendiri juga memiliki macam yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang ingin mencoba memberikan wet food untuk peliharaan tersayang, mungkin akan sedikit sulit untuk menentukan yang bagus dan terbaik. Untuk membantu Anda, simak pilihan terbaik makanan basah (wet food) untuk kucing di bawah ini.

Cara kami memilih makanan basah untuk kucing

makanan basah kucing

Tidak seperti anjing, kucing lebih jarang merasa haus sehingga Anda mungkin menyadari bahwa kucing peliharaan jarang menghabiskan air minum yang diberikan.

Padahal, kucing juga memiliki kebutuhan cairan yang banyak, sama seperti kebanyakan makhluk hidup lainnya.

Jika kucing kekurangan cairan, Anda bisa melihat gejalanya dari warna urine yang lebih pekat.

Untuk mencegah kondisi tersebut, dilansir dari Cat Canton Rescue, kucing memerlukan makanan seperti daging yang memiliki kelembapan atau kandungan air sekitar 70—75%.

Oleh karena itu, makanan basah atau wet food bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kucing Anda.

Dalam mencari wet food yang tepat untuk kucing Anda, penting untuk selalu melihat kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya.

Hal ini untuk mencegah adanya reaksi yang tidak diinginkan di dalam tubuh kucing setelah makan wet food, misalnya alergi makanan atau tersedak.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan petunjuk penggunaan makanan, apakah bisa diberikan untuk kucing di semua usia atau khusus untuk kucing usia tertentu.

Sebagai contoh, wet food untuk kucing usia 1 tahun ke atas sebaiknya tidak diberikan untuk kucing di bawah usia tersebut, apalagi jika baru lahir.

Ini karena tekstur makan tersebut mungkin tidak akan cocok untuk anak kucing dan berisiko menyebabkan kucing tersedak.

Itu sebabnya, usahakan selalu teliti dalam memilih makanan untuk kucing Anda, termasuk jika Anda ingin memberikannya makanan basah atau wet food.

10 Rekomendasi makanan basah (wet food) terbaik untuk kucing

Bagi Anda yang memelihara kucing, berikut ini pilihan makanan basah terbaik yang dapat Anda berikan untuk kucing Anda sesuai dengan usia dan kebutuhannya.

1. WHISKAS Pouch Senior Rasa Tuna dan Mackerel

WHISKAS Pouch Senior Rasa Tuna dan Mackerel dirancang khusus agar gizinya lengkap dan seimbang untuk kucing senior berusia 7 tahun ke atas.

Makanan dengan rasa ikan tuna dan makerel ini diperkaya dengan omega 3 dan 6, lemak, dan zink guna menjaga agar bulu kucing sehat dan berkilau.

Makanan basah kucing ini juga lengkap dengan vitamin A dan taurin untuk membantu menjaga agar penglihatan kucing tetap sehat.

WHISKAS juga diisi dengan protein dari ikan asli, termasuk lemak, vitamin dan mineral, sehingga tubuh kucing diharapkan selalu bugar.

Selain itu, ada antioksidan berupa vitamin E dan selenium untuk sistem kekebalan tubuh kucing yang sehat.

2. FANCY FEAST Kitten Ocean Whitefish

Menyesuaikan dengan tingkat gizi yang ditetapkan oleh profil nutrisi makanan kucing The Association of American Food Control Officials (AAFCO), hadirlah Fancy Feast Kitten Tender Ocean Whitefish.

Sesuai namanya, Fancy Feast Kitten Tender Ocean Whitefish merupakan makanan kucing basah untuk anak kucing atau kitten yang diformulasikan khusus untuk pertumbuhannya sejak dini.

Selain memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lezat, makanan basah untuk anak kucing ini juga bergizi karena mengandung ikan laut serta sumber zat gizi lainnya, seperti hati ayam, mineral, susu, dan vitamin.

Anda bisa memberikan anak kucing Anda sesuai dengan takaran penyajian per hari, yaitu 1 kaleng untuk rata-rata 1,3—1,5 kg berat badan kucing dengan 2 kali pemberian makanan.

3. Sheba Pouch Tuna dan Crab Stick

Sheba Pouch Tuna dan Crab Stick diklaim terbuat dari bahan berkualitas dan memiliki rasa tuna dan crab stick yang lezat dengan aroma menggoda sehingga bisa memancing nafsu makan kucing Anda.

Bukan hanya itu, makanan basah ini dikatakan mengandung vitamin dan nutrisi yang penting yang dibutuhkan oleh kucing

Sheba Pouch Tuna & Crab Stick dapat diberikan untuk kucing dewasa usia 12 bulan ke atas.

4. LIFE CAT Salmon

Makanan basah Life Cat mengandung bahan anti diare untuk kitten sehingga mampu menjaga kesehatan pencernaan anak kucing yg masih sangat sensitif dan rentan.

Makanan kaleng untuk kucing ini terbuat dengan komposisi yang terdiri dari ikan salmon yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

Kandungan tersebut meliputi vitamin B12, vitamin D, vitamin A, vitamin E, dan masih banyak lagi nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kucing kesayangan anda.

Manfaat tersebut di antaranya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan pertumbuhan otot-otot kucing, merawat kulit kucing, dan meningkatkan kekebalan tubuh kucing.

5. Moochie Tuna Mousse With Salmon

Moochie Tuna Mousse With Salmon merupakan makanan basah untuk kucing tetapi juga sesuai dengan standar kesehatan makanan manusia (human grade).

Makanan basah ini diklaim kaya akan antioksidan, vitamin A dan E, protein, kalsium, dan prebiotik.

Selain itu, makanan ini bebas dari biji-bijian (grain free) agar tidak mudah tersedak serta tanpa pewarna dan pengawet sehingga lebih aman untuk kucing.

6. MAXlife Wet Kitten Food Mackerel Pouch

MAXlife Mackerel terbuat dari daging ikan asli dilengkapi dengan potongan ikan yang banyak dan aromanya seperti makerel segar.

Oleh karena itu, makanan basah ini diklaim memiliki kandungan protein, mineral, dan Vitamin E agar kucing peliharaan kesayangan Anda bisa mendapat asupan nutrisi yang seimbang dan terjaga.

Agar lebih aman untuk kucing, MAXlife mackerel juga dibuat tanpa pewarna tambahan dan bahan pengawet.

7. Supercat Tuna with Fish Roe Pouch

Supercat Tuna with Fish Roe Pouch dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan bergizi seimbang dengan rasa ikan tuna yang disukai kucing.

Sebagai makanan basah, Supercat Tuna with Fish Roe Pouch memiliki vitamin, mineral, dan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan kucing secara keseluruhan, termasuk sistem sistem pencernaan, saluran kemih, dan kekebalan tubuh.

Makanan ini juga dibuat dengan kandungan gizi yang lengkap dan seimbang untuk kucing agar kulit dan bulunya menjadi indah.

8. Happy Cat Minkas Duo Ayam dan Salmon

Happy Cat Minkas Duo Ayam dan Salmon adalah makanan basah untuk kucing dewasa di atas umur 1 tahun.

Makanan basah ini dilengkapi dengan irisan daging ayam dan ikan salmon yang dicampur dengan bumbu herbal yang bermanfaat.

Diklaim terbuat dari bahan yang berkualitas, Happy Cat memiliki kadar protein 10,2%, lemak 4,6%, serta diperkaya dengan vitamin dan mineral yang seimbang.

Bukan hanya itu, Happy Cat juga dibuat tanpa pewarna buatan, penguat rasa, maupun pengawet.

9. Royal Canin Mother dan Babycat Mousse

Sebagai makanan basah, Royal Canin Mother & Babycat Mousse dapat diberikan kepada kucing berusia 1 bulan yang baru belajar makan makanan padat.

Dibuat dengan formula khusus, makanan ini berfungsi untuk menyesuaikan dengan asupan nutrisi yang cocok untuk anak kucing.

Dengan nutrisi yang tercukupi, tubuh kembang kucing dapat berjalan dengan lebih baik. Hal ini dapat mendukung sistem imun tubuh, perkembangan otak, dan kesehatan sistem pencernaan.

10. Me-O Pouch Cat Food Chicken Chunk in Gravy

Dibuat dari daging dan ikan asli serta bahan-bahan alami, Me-O Pouch Cat Food diklaim memiliki nutrisi yang lengkap untuk kucing agar bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih sehat dan kuat.

Makanan basah ini cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa berusia di atas 1 tahun.

Rasa kaldu dan potongan daging ayam yang banyak dikatakan mampu membuat kucing makan dengan lebih lahap.

Dengan memilih makanan basah atau wet food yang bagus dan terbaik untuk kucing Anda, Anda bisa memastikan kucing Anda mendapat asupan nutrisi yang tepat. Kucing Anda pun bisa tumbuh dengan lebih sehat dan aktif.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 24/04/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan