backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

3

Tanya Dokter
Simpan

Urat Tangan Menonjol dan Terlihat Jelas? Ini Penyebabnya!

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 29/10/2023

    Urat Tangan Menonjol dan Terlihat Jelas? Ini Penyebabnya!

    Beberapa orang mempunyai urat tangan yang menonjol. Kondisi ini juga sering tampak pada bagian leher hingga kaki. Lalu, apakah ini menandakan penyakit tertentu? Bagaimana cara untuk menghilangkannya? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

    Penyebab urat tangan menonjol dan tampak jelas

    Urat sebenarnya adalah pembuluh darah vena yang terletak dekat permukaan kulit. Pembuluh darah ini bertugas mengangkut darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung.

    Warna urat manusia yang timbul pada tangan atau kaki bergantung pada warna kulit orang tersebut.

    Pada orang berkulit cerah, pembuluh darah vena bisa terlihat lebih jelas dengan warna biru atau ungu. Sementara pada orang berkulit gelap, urat mungkin kurang terlihat jelas.

    Urat yang menonjol biasanya tidak menandakan kondisi serius. Meski begitu, hal ini dapat mengganggu penampilan sehingga banyak orang berusaha menghilangkannya.

    Berikut adalah beberapa kondisi yang menjadi penyebab urat tangan dan kaki tampak timbul pada permukaan kulit.

    1. Penuaan

    osteoporosis pada lansia

    Salah satu penyebab umum tangan dan kaki berurat adalah penuaan. Pembuluh vena ini biasanya tampak lebih jelas pada permukaan kulit orang lanjut usia atau lansia.

    Hal ini karena makin tua usia seseorang, lapisan kulitnya akan akan makin menipis sehingga menyebabkan vena tampak lebih jelas. 

    2. Kulit berwarna cerah

    Apabila warna kulit Anda cenderung cerah atau pucat, urat dan pembuluh darah di bawah permukaan kulit tangan akan lebih tampak jelas.

    Pembuluh vena memang mempunyai warna biru atau keunguan yang khas. Hal ini akan terlihat kontras dengan warna kulit Anda yang lebih pucat daripada kebanyakan orang.

    3. Tubuh kurus

    Orang bertubuh kurus mungkin juga memiliki urat yang menonjol pada kulit. Pasalnya, orang yang kurus memiliki lapisan lemak yang lebih tipis dibandingkan orang-orang pada umumnya. 

    Kulit dan lemak mereka tidak cukup tebal untuk menutupi garis-garis urat di bawah kulit. Alhasil, tangan atau kaki mereka tampak lebih berurat.

    4. Cuaca panas

    Suhu panas dari lingkungan sekitar juga dapat menyebabkan urat tangan menonjol. Kondisi ini dapat memengaruhi kinerja pembuluh vena dalam tubuh.

    Ketika cuaca panas, katup pada pembuluh vena akan bekerja lebih berat hingga pada akhirnya mengakibatkan garis-garis urat tampak lebih menonjol dan mencolok.

    5. Olahraga berat

    Apabila Anda sering mengangkat beban berat atau olahraga untuk membentuk otot, pembuluh darah akan menegang dan menonjol hingga tampak pada permukaan kulit.

    Ini lantaran otot tangan yang bekerja keras untuk mengangkat beban membutuhkan lebih banyak oksigen.

    Darah yang kaya oksigen akan mengalir lebih deras ke bagian tubuh tersebut. Inilah yang membuat pembuluh darah vena jadi melebar dan membesar.

    6. Efek samping obat-obatan

    Obat-obatan tertentu bisa membuat urat tampak lebih menonjol pada permukaan kulit. Terlebih lagi jika Anda sedang menjalani pengobatan dengan obat yang mengandung steroid.

    Beberapa obat yang diberikan melalui suntikan atau infus intravena (IV) juga bisa memicu peradangan vena. Akibatnya, pembuluh darah pun terlihat lebih jelas.

    7. Kehamilan

    penyebab varises setelah melahirkan

    Ibu hamil mungkin memiliki urat tangan yang lebih menonjol. Ini karena volume darah meningkat hingga 50% lebih banyak daripada sebelum hamil.

    Peningkatan volume darah tersebut berguna untuk menyuplai oksigen dan zat gizi bagi janin di dalam rahim.

    Karena volume darah meningkat secara drastis, pembuluh darah di dekat kulit pun membesar sehingga terlihat lebih jelas dan tampak seperti bercabang-cabang.

    8. Varises

    Tidak hanya pada kaki dan betis, varises juga bisa muncul pada tangan. Hal ini ditandai dengan pembuluh darah yang membengkak dan berkelok-kelok pada permukaan kulit.

    Terkadang, varises bisa disertai dengan rasa sakit. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari penyakit katup jantung, obesitas, menopause, kehamilan, hingga terlalu lama berdiri.

    9. Tromboflebitis superfisial

    Tromboflebitis superfisial (superficial thrombophlebitis) adalah kondisi pembengkakan vena di dekat permukaan kulit yang terjadi akibat pembentukan gumpalan darah.

    Kondisi ini kerap dipicu oleh efek samping infus intravena (IV) dan trauma pada pembuluh vena. Meski bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, kondisi ini biasanya tidak berbahaya.

    10. Trombosis vena dalam

    Urat tangan yang menonjol bisa juga dipengaruhi oleh trombosis vena dalam atau deep vein thrombosis (DVT), yakni penyakit bekuan darah pada vena dalam otot lengan.

    Apabila bekuan darah terlepas dan mencapai paru-paru, hal ini bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh vena pada paru-paru (emboli paru).

    Emboli paru dapat mengancam nyawa. Oleh sebab itu, pengidap DVT perlu mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

    Kapan harus periksa ke dokter?

    Kebanyakan kondisi yang menyebabkan urat menonjol pada tangan tidak berbahaya. Anda pun umumnya tidak membutuhkan penanganan medis atau pengobatan tertentu.

    Namun, Anda mungkin harus segera periksa ke dokter bila mengalami gejala-gejala berikut ini.

    • Perdarahan.
    • Muncul ruam yang tidak biasa pada permukaan kulit.
    • Urat tampak kemerahan, bengkak, nyeri, dan sakit, terutama saat disentuh.
    • Perubahan warna atau tekstur permukaan kulit, baik menjadi lebih kasar atau lunak.

    Tergantung pada seberapa serius gejala yang Anda alami, dokter akan menyarankan tindakan medis untuk menangani kondisi ini.

    Pengobatan urat tangan dan kaki yang timbul bertujuan untuk meredakan gejala, memperbaiki penampilan, serta mencegah komplikasi serius yang dapat ditimbulkan.

    Beberapa perubahan gaya hidup, yakni dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan berhenti merokok, juga dianjurkan bila Anda mengidap DVT atau kondisi serius lain.

    Apabila Anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang kondisi ini, konsultasikanlah dengan dokter.

    Kesimpulan

    • Urat adalah pembuluh darah vena yang terletak dekat permukaan kulit. Pembuluh ini dapat berwarna biru atau ungu, terutama pada orang yang berkulit cerah.
    • Urat tangan dan kaki yang timbul bisa disebabkan oleh penuaan, cuaca panas, olahraga berat, efek  samping obat-obatan, varises, hingga trombosis vena dalam.
    • Kondisi ini biasanya tidak berbahaya. Namun, segeralah periksa ke dokter bila Anda mengalami perdarahan, nyeri, atau perubahan warna kulit.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

    General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 29/10/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan