home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol atau tampak jelas di permukaan kulit adalah masalah yang kerap dialami orang lanjut usia (lansia). Ini karena semakin tua, lapisan kulit akan semakin menipis sehingga urat jadi tampak lebih jelas. Namun, bagaimana kalau masih muda uratnya sudah tampak menonjol di tangan, kaki, atau leher? Apakah urat yang menonjol dengan jelas merupakan pertanda penyakit atau kondisi tertentu? Simak jawabannya berikut ini.

Penyebab urat menonjol dan tampak jelas

Pada kebanyakan kasus, urat yang tampak bukanlah kondisi yang serius atau berbahaya meskipun Anda masih muda. Berikut adalah beberapa alasan urat Anda tampak jelas pada permukaan kulit. Perlu diketahui urat ini adalah pembuluh darah vena.

1. Warna kulit Anda cerah

Jika warna kulit Anda cerah atau pucat, urat dan pembuluh darah Anda jadi cenderung lebih tampak jelas pada permukaan kulit. Pasalnya, urat memang memiliki warna biru, merah, atau keunguan yang khas sehingga akan terlihat kontras dengan warna kulit Anda yang pucat.

2. Tubuh kurus

Orang yang tubuhnya kurus juga lebih rentan mengalami urat menonjol pada kulit. Pasalnya, orang yang kurus memiliki lapisan lemak yang lebih tipis dibanding orang-orang pada umumnya. Akibatnya, kulit dan lemak pun tak cukup tebal untuk menutupi garis-garis urat di bawah kulit.

3. Olahraga

Urat yang menonjol pada kulit juga bisa disebabkan oleh aktivitas fisik atau olahraga, khususnya angkat beban. Apabila sehari-hari Anda sering mengangkat beban berat atau berolahraga yang membentuk otot, pembuluh darah Anda akan menerima tekanan yang berat. Karena tekanan tersebut, urat jadi menegang dan menonjol hingga tampak pada permukaan kulit.

Selain itu, ketika Anda sedang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang cukup berat, bagian tubuh yang bekerja keras akan membutuhkan kadar oksigen yang lebih banyak. Untuk itu, darah yang menjadi sumber oksigen pun mengalir lebih deras ke bagian tubuh tersebut. Inilah yang membuat urat Anda jadi tampak lebih besar dan menonjol, terutama di bagian lengan.

4. Efek samping atau reaksi obat

Obat-obatan tertentu bisa menyebabkan urat Anda tampak lebih menonjol pada permukaan kulit. Apalagi kalau Anda sedang menjalani pengobatan dengan obat yang mengandung steroid. Namun, beberapa obat juga bisa membuat lapisan kulit Anda jadi lebih pucat atau tipis. Akibatnya, urat pun jadi terlihat lebih jelas.

5. Kehamilan

Ibu hamil mengalami peningkatan jaringan pembuluh darah. Ini karena saat kehamilan, volume darah dalam tubuh meningkat hingga mencapai 50%. Peningkatan ini berguna untuk menyuplai oksigen serta zat gizi bagi janin dalam kandungan. Karena itu, pada permukaan kulit Anda mungkin urat jadi lebih jelas dan tampak bercabang-cabang.

6. Varises

Varises terjadi ketika pembuluh vena mengalami pembengkakan, terutama di bagian kaki. Kondisi ini cukup umum, apalagi di kalangan wanita. Kadang varises disertai dengan rasa sakit. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari penyakit katup jantung, obesitas, menopause, kehamilan, hingga kelamaan berdiri.

Kapan urat yang menonjol harus periksa ke dokter?

Pada umumnya urat menonjol tidak membutuhkan penanganan medis atau pengobatan tertentu. Akan tetapi, Anda mungkin harus periksa ke dokter jika mengalami gejala-gejala berikut ini.

  • Perdarahan
  • Urat jadi kemerahan, bengkak, nyeri, dan sakit terutama ketika disentuh
  • Muncul ruam pada kulit
  • Perubahan warna atau tekstur permukaan kulit (jadi lebih kasar atau lunak)

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Veins Showing Through Skin. http://www.newhealthadvisor.com/Veins-Showing-Through-Skin.html Diakses pada 14 Februari 2017.

Varicose Veins and Spider Veins. http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/cosmetic-procedures-spider-veins#1 Diakses pada 14 Februari 2017.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Irene Anindyaputri Diperbarui 07/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Satya Setiadi