backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

4 Alasan Kenapa Kucing Suka Makan Rumput dan Risikonya

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 19/01/2024

4 Alasan Kenapa Kucing Suka Makan Rumput dan Risikonya

Pernahkah Anda melihat kucing makan rumput? Banyak pemilik kucing bertanya-tanya mengenai kebiasaan unik kucing yang satu ini. Ternyata, ada beberapa dugaan yang mendasari kenapa kucing suka makan rumput, termasuk alasan kesehatan.

Alasan kenapa kucing makan rumput

Kucing adalah hewan karnivora yang tidak bisa mencerna rumput seperti halnya sapi dan kuda. Dengan demikian, saat memakan rumput, kucing akan memuntahkannya atau mengeluarkannya bersamaan dengan feses.

Meski tidak dapat dicerna, kucing tetap memakan rumput. Apa alasannya?

Sebenarnya, hingga saat ini belum diketahui secara pasti kenapa kucing peliharaan suka makan rumput. Meski begitu, beberapa hal berikut mungkin jadi alasannya.

1.  Mengeluarkan hairball

hairball kucing

Karena kucing seringkali muntah setelah memakan rumput, banyak ilmuwan percaya bahwa nenek moyang kucing domestik makan rumput untuk mengeluarkan bahan lain yang tidak dapat dicerna oleh perutnya. 

Contohnya, kucing berbulu panjang mungkin lebih sering makan rumput untuk mengeluarkan hairball atau tulang kecil yang tidak dapat dicerna. 

Namun, studi dalam jurnal Animals mengungkapkan bahwa alasan kucing memakan rumput bukan untuk mengeluarkan hairball karena baik kucing berbulu panjang maupun kucing berbulu pendek sama-sama sering mengonsumsi rumput.

2. Mencegah parasit

Mengutip PetMD, salah satu alasan kenapa kucing makan rumput adalah untuk mencegah parasit. 

Banyak spesies hewan liar sengaja memakan rumput atau serat tanaman untuk membantu mengeluarkan parasit usus. Hal ini karena rumput akan membantu mendorong cacing keluar dari usus lewat muntah atau feses.

Beberapa jenis cacing parasit juga pernah ditemukan dalam kotoran serigala dan musang dengan dibungkus oleh rumput. 

Namun, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa kucing sengaja memakan rumput untuk tujuan ini. 

3. Mengatasi konstipasi

Kucing tidak dapat mencerna rumput. Oleh sebab itu, rumput yang ditelan akan keluar melalui feses atau muntahan. 

Hal ini dapat meningkatkan pergerakan makanan di dalam usus untuk membantu mengatasi konstipasi pada kucing. 

Selain itu, rumput memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi kesulitan buang air besar pada kucing.

Namun, masih belum diketahui secara pasti manfaat memakan rumput untuk mengatasi konstipasi pada kucing.

4. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Meskipun rumput tidak dapat dicerna oleh kucing, beberapa kandungan gizi di dalam rumput seperti serat atau asam folat mungkin dapat terserap dalam usus kucing. 

Oleh sebab itu, kucing mungkin memakan rumput untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan hal ini. 

Sebaiknya, penuhi asupan nutrisi kucing dengan makanan kucing yang mengandung zat gizi seimbang. Selain itu, pastikan takaran makannya.

Takaran makan untuk kucing umumnya disesuaikan berdasarkan dengan berat badannya.

Apakah rumput aman untuk kucing?

kucing makan rumput

Pada dasarnya, rumput aman untuk kucing dan bukan jenis makanan yang dilarang untuk kucing

Asalkan, rumput yang dimakan tersebut adalah rumput alami yang tidak terkontaminasi oleh pestisida atau zat kimia berbahaya lainnya. 

Jika anabul Anda suka makan rumput, jauhkan dari rumput yang telah diberi zat kimia agar tidak menyebabkan kucing keracunan.

Anabul mungkin juga perlu diawasi saat makan rumput untuk memastikan ia tidak mencerna tanah atau bahan tanaman lainnya yang mungkin berbahaya. 

Selain itu, ada satu jenis rumput yang disebut dengan rumput panah yang beracun untuk hewan apabila dimakan dalam jumlah banyak. Jenis rumput ini biasanya ditemukan di rawa-rawa atau dekat dengan laut.

Risiko makan rumput pada kucing

Meskipun rumput aman untuk kucing, memakan rumput dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan penyumbatan pada usus karena serat pada rumput sulit dicerna. 

Biji rumput juga dapat tidak sengaja terhirup dan tersangkut di hidung atau menyumbat telinga dan mata. 

Jika Anda melihat tanda kucing sakit setelah mengonsumsi rumput, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Ringkasan

  • Hingga saat ini belum diketahui secara pasti alasan kenapa kucing suka makan rumput. 
  • Beberapa teori menyebutkan bahwa kucing memakan rumput untuk mengeluarkan hairball atau parasit, mengatasi konstipasi, serta memenuhi kebutuhan nutrisi. 
  • Meski rumput aman untuk kucing, Anda tetap harus memperhatikan anabul saat memakan rumput. Pastikan rumput yang dimakan bebas dari pestisida.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 19/01/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan