backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Jenis Kucing Bulu Panjang yang Lucu dan Menggemaskan

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 23/10/2023

10 Jenis Kucing Bulu Panjang yang Lucu dan Menggemaskan

Karena keindahannya, sebagian orang mungkin lebih memilih untuk memelihara kucing berbulu panjang daripada kucing berbulu pendek. Lalu, ras kucing apa saja yang memiliki bulu panjang dan lebat? Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Beragam jenis ras kucing berbulu panjang

Persian cat

Bagi beberapa kalangan, kucing berbulu panjang atau long hair dianggap memiliki kepribadian yang menarik, memesona, dan terkesan mewah sehingga cocok untuk peliharaan.

Apabila Anda tertarik untuk memelihara kucing yang punya bulu panjang, berikut ini beberapa ras kucing yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Persia

Jenis kucing berbulu panjang yang cukup populer di Indonesia adalah kucing persia. Salah satu ras kucing tertua ini berasal dari Iran atau dahulunya disebut sebagai Persia.

Selain bulunya yang lebat dan panjang, kucing persia memiliki wajah yang bulat dengan hidung pesek (flat nose). Mereka juga memiliki mata besar nan menggemaskan.

Kucing persia dikenal dengan sifatnya yang cenderung tenang dan lembut. Alhasil, jenis kucing ini cocok untuk bermain dengan siapa pun, termasuk anak-anak.

2. Himalaya

Masih satu bagian dalam ras kucing persia, kucing himalaya punya ciri unik pada pola bulunya.

Sebagian besar bulu kucing ini berwarna cerah. Namun, ada beberapa bagian dari tubuh kucing himalaya yang cenderung lebih gelap, seperti pada telinga, wajah, kaki, dan ekornya.

Kucing himalaya juga punya mata biru yang cantik. Selebihnya, kucing ini memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan kucing persia, seperti kepala bulat dan hidung pesek.

Dengan perawatan yang tepat, kucing himalaya diperkirakan mampu hidup selama 8–11 tahun.

3. Maine coon

Kucing maine coon pada dasarnya adalah kucing domestik yang berasal dari Amerika Serikat, tepatnya dari negara bagian Maine.

Selain bulu tubuh yang lebat dan ekor yang mirip kemoceng, jenis kucing ini umumnya dikenal dengan ukurannya sangat besar dibandingkan dengan ras kucing lain.

Dikutip dari laman The International Cat Association, kucing jantan dewasa biasanya berbobot 8–9 kilogram (kg) dan kucing betina dewasa sekitar 5,5–7 kg.

Keunikan lain dari kucing bulu panjang ini terletak pada jari kakinya. Terkadang, kucing maine coon bisa memiliki enam jari kaki atau disebut sebagai polidaktil (polydactyl).

4. Norwegian forest

Kucing norwegian forest berasal dari hutan-hutan di Norwegia dan kawasan Eropa Utara yang beriklim dingin. Itu sebabnya, ras kucing ini memiliki bulu yang panjang dan hangat.

Ras kucing ini memiliki tubuh yang besar dan kuat dengan bobot sekitar 5,5–8 kg. Mereka juga dibekali dengan mata besar dan penampilan yang tegas.

Sifat kucing norwegian forest cenderung aktif dan pemberani. Tak heran bila mereka dahulunya dipercaya oleh para viking untuk mengendalikan hama tikus di kapal.

Dengan sifatnya tersebut, kucing norwegian forest sangat cocok untuk Anda yang ingin sering bermain dengan hewan peliharaan di rumah.

5. Siberia

kucing siberia

Sesuai dengan namanya, kucing siberia adalah ras kucing yang berasal dari kawasan Siberia, Rusia yang dikenal memiliki musim dingin yang panjang.

Karena kondisi iklim yang ekstrem, kucing ini memiliki bulu panjang untuk menghangatkan diri.

Kucing siberia memiliki tubuh yang relatif besar. Kepalanya berbentuk bulat dengan mata yang besar serta telinga yang panjang dan runcing untuk mengawasi area sekitarnya.

Sebagai hewan peliharaan, kucing siberia dikenal penuh kasih sayang. Kucing ini juga lincah, senang bermain, dan suka mengikuti ke mana pun Anda pergi.

6. Angora

Jenis kucing berbulu panjang lainnya ialah angora. Ras kucing yang juga disebut turkish angora ini populer di kalangan pecinta kucing karena kecantikan dan keanggunannya.

Sifat kucing angora sangat ramah dan cerdas. Kucing ini suka bermain dan berinteraksi dengan manusia. Mereka juga dikenal sangat setia kepada pemiliknya.

Kucing ini memiliki penampilan yang gagah. Tidak heran, bila mereka dikenal mempunyai naluri berburu yang kuat sehingga jadi sangat aktif dan lincah sepanjang hari.

7. Ragdoll

Kucing ragdoll memiliki tubuh besar dengan bulu panjang dan lembut. Ras kucing ini sangatlah lembut dan sangat menyukai interaksi dengan manusia.

Nama “ragdoll” sendiri diperoleh sebab kucing ini bisa Anda peluk dan mainkan seperti boneka.

Sebagai salah satu ras kucing besar, jenis kucing ini cenderung menjadi teman yang setia, tidak bersifat agresif, dan sangat mudah beradaptasi.

Ras kucing ini sangat cocok Anda pelihara di rumah bila mempunyai anak-anak maupun hewan peliharaan lain, seperti anjing.

Tahukah Anda?

Ras kucing bulu panjang memiliki dua lapisan bulu (double coat), yakni undercoat dan topcoat.
  • Undercoat: lapisan bulu yang padat dan terletak dekat dengan permukaan kulit. Bulu ini akan membantu menahan panas dan melindungi kucing dari hawa dingin.
  • Topcoat: lapisan bulu yang lebih panjang dan berfungsi menutupi undercoat. Jenis bulu ini melindungi undercoat dan kulit kucing dari kotoran dan parasit.

8. Birman

Kucing birman berasal dari kawasan Burma atau yang kini dikenal sebagai Myanmar. Ciri khas dari ras kucing ini terletak pada bulu panjang dan pola warna yang dimilikinya.

Jenis kucing memiliki warna bulu cerah dengan beberapa bagian tubuh lebih gelap, misal pada wajah, telinga, kaki, ekor, dan kantong testis (skrotum) pada jantan.

Selain itu, ras kucing ini juga memiliki pola putih pada keempat ujung kakinya. Hal ini membuat mereka tampak seperti sedang memakai kaus kaki.

9. British longhair

Kucing british longhair bisa dikatakan sebagai saudara dari british shorthair, tetapi dengan bulu yang panjang. Ras kucing ini dikenal karena bulu abu-abu pada sekujur tubuhnya.

Dengan bentuk kepala dan tubuh yang membulat, kucing ini tampak sangatlah menggemaskan.

Ras kucing ini dikenal dengan kepribadiannya yang hangat serta menyenangkan. Kucing punya sifat mandiri sehingga perawatannya tidak begitu sulit.

Namun, Anda perlu memerhatikan penyakit kucing pada ras ini. British longhair berisiko terkena kelainan jantung yang disebut hypertrophic cardiomyopathy (HCM).

10. Cymric

Kucing cymric masih berkerabat dekat dengan kucing manx. Keduanya berasal dari Pulau Man atau Isle of Man yang terletak di kawasan Laut Irlandia.

Ciri paling menonjol dari ras kucing ini adalah bentuk ekornya yang sangat pendek dan bahkan hampir tidak terlihat. Kucing ini juga punya bentuk tubuh kekar dan bulu panjang.

Sifat dari kucing cymric sendiri cenderung cerdas dan aktif. Mereka selalu penuh dengan energi dan suka bermain dengan pemiliknya.

Perawatan kucing berbulu panjang mungkin perlu usaha ekstra. Saat merawat kucing ini, Anda harus memandikan dan menyisir bulu kucing secara rutin.

Selain itu, berikan juga makanan kucing yang mengandung gizi seimbang. Pertimbangkan juga untuk memberikan suplemen vitamin supaya kulit dan bulu kucing sehat.

Jangan lupa berkunjung dan konsultasi dengan dokter hewan secara berkala. Hal ini bertujuan agar kesehatan hewan peliharaan kesayangan Anda tetap terjaga.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 23/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan