backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer serta Karakternya

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

10 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer serta Karakternya

Selain anjing, kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling disukai. Ada beragam jenis kucing dengan karakteristik fisik menarik, mulai dari bulu lebat hingga bulu pendek. Ada pula kucing yang memiliki hidung pesek atau kuping bengkok. Belum lagi, warna dan corak bulunya juga bervariasi. 

Nah, jika Anda berniat memelihara kucing, sebaiknya ketahui, berbagai jenis kucing yang populer di kalangan pecinta anabul.

Daftar jenis kucing dan karakteristiknya

Mengetahui jenis kucing bisa membantu Anda mengetahui cara perawatan kucing yang tepat agar anabul dapat hidup dengan bahagia dan sehat.

Simak jenis dan ras-ras kucing yang populer dipelihara berikut ini.

1. Kucing kampung

kutu pada kucing

Kucing kampung merupakan jenis kucing peliharaan di Indonesia yang sangat mudah ditemui. Biasanya kucing ini hidup liar atau bebas di sekitar pemukiman manusia. 

Jenis kucing ini dapat memiliki berbagai warna bulu dan ciri-ciri fisik yang beragam.

Mereka biasanya dibiarkan bebas berkeliaran di sekitar lingkungan dan mengandalkan makanan dari tempat sampah, berburu, atau sisa-sisa makanan manusia.

Ada juga kucing kampung yang menjadi hewan peliharaan. Keuntungan memelihara kucing kampung yaitu tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga Anda tak perlu repot mempersiapkan banyak hal.

2. Persia

Persian cat kucing persia

Jenis kucing selanjutnya yang populer untuk dijadikan hewan peliharaan adalah kucing Persia. Wajahnya datar dan bulunya yang panjang menjadikan kucing ini banyak disukai orang.

Meski termasuk kucing ras berbulu panjang, kucing Persia tidak membutuhkan banyak perawatan khusus. Namun, karena bulunya yang panjang, Anda harus rutin menyisir rambut untuk menghindari rambut kusut dan kutu di badan mereka.

Dengan penampilannya yang anggun, kucing Persia ternyata sangat suka dipeluk dan tidur di pangkuan pemiliknya.

 3. British Shorthair

british shorthair

Jenis kucing lain yang populer dipelihara yaitu British Shorthair. Ia memiliki karakteristik berupa warna bulu abu-abu, bulunya tebal dan pendek seperti karpet, mata bulat besar, dan ukuran berwarna sedang.

Berbeda dengan jenis kucing pada umumnya, British Shorthair dikatakan hewan yang tenang dan pendiam. Mereka biasanya mudah terikat dengan pemiliknya, penyayang, dan mudah beradaptasi. Sayangnya, mereka tidak terlalu suka digendong.

British Shorthair bisa rukun dengan segala jenis binatang, seperti kucing, kelinci, dan burung. Hal ini cocok bagi Anda yang suka memelihara lebih dari satu jenis binatang untuk dipelihara.

4. Ragdoll

Kucing ragdoll

Ingin punya kucing yang mengikuti Anda ke mana pun, menyambut dengan hangat saat Anda pulang, atau kucing yang bisa diajak tidur bersama? Pilihlah jenis kucing Ragdoll. 

Kucing ini memiliki bulu panjang, berwarna cerah, dan kedua matanya berwarna biru. Dengan penampilan yang elegan ini mereka sangatlah clingy dan lebih suka bermain dengan manusia dibandingkan dengan sesama kucing.

Ragdoll juga termasuk dalam jenis yang baik hati, patuh, kooperatif, dan bisa bermain dengan anak-anak. 

5. Scottish Fold

kucing scotish fold

Dikutip dari The Cat Fanciers’ Association, Scottish Fold merupakan jenis kucing ras yang berasal dari Skotlandia.

Scottish Fold memiliki ciri-ciri unik yaitu telinga yang terlipat ke depan akibat mutasi genetik. Mukanya bulat dengan bulu lembut dan tebal serta mata yang besar. Sekilas, kucing ini terlihat seperti boneka beruang.

Dengan ekspresi yang manis, jenis kucing ini mudah beradaptasi dan mudah menunjukkan kasih sayang kepada pemiliknya. Kucing ini juga cukup tenang dan tidak mudah panik saat berada di lingkungan baru atau ada orang asing di dalam rumah.

Scottish Fold tidak butuh perawatan yang banyak. Cukup berikan makanan bernutrisi dan kasih sayang yang berlimpah agar ia tumbuh sehat dan bahagia.

6. Sphynx

Sphynx cat

Kucing Sphynx merupakan jenis kucing yang paling unik di antara semua kucing karena tidak memiliki bulu. Kucing ini mengalami mutasi genetik yang sudah terjadi sejak lama.

Kucing ini diberi nama Sphynx karena mirip dengan Sphynx, salah satu patung di Mesir.

Selain tidak memiliki bulu, ciri fisik lainnya yaitu matanya berbentuk lemon, telinganya besar, dan memiliki banyak lipatan tubuh. Karakternya sangat tenang, cuek, dan sangat pendiam.

Karena tidak berbulu, kucing ini memiliki perawatan khusus yaitu Anda harus sering menyeka kulitnya secara teratur.

7. Munchkin

Munchkin cat

Kucing Munchkin merupakan model kucing yang memiliki ciri-ciri fisik unik, yaitu kaki pendek atau kaki yang lebih pendek dari rata-rata kucing lainnya. 

Meski begitu, jenis kucing ini sangat cepat dan tangkas dalam bergerak. Ia sangat aktif berlarian ke seluruh rumah sekaligus dapat menyelinap ke sudut sempit karena badannya yang imut

Munchkin merupakan kucing yang penuh kasih sayang. Mereka tidak enggan menunjukkan rasa sayang pada pemiliknya, seperti minta dielus atau tidur dalam pangkuan pemiliknya.

Jenis kucing ini juga umumnya mudah beradaptasi dan bergaul dengan orang asing. Meski kadang menunjukkan rasa takut, lama-kelamaan ia akan mudah bermain dengan manusia yang baru ditemuinya.

8. Maine Coon

maine coon

Jika baru pertama kali bertemu dengan kucing Maine Coon, Anda mungkin agak kaget dengan ukurannya. Maine Coon disebut sebagai ‘kucing raksasa’.

Hal ini karena ukurannya yang lebih besar, tinggi, dan kuat daripada rata-rata kucing pada umumnya. Bulu kucing ini sangat lebat dengan dagu dan telinga yang runcing. 

Meski berukuran besar, maine coon merupakan kucing yang berkarakter lincah, manis, dan sangat ramah. Kucing ini pun sangat mudah bergaul dengan manusia maupun dengan hewan lainnya.

9. Kucing Bengal

Bengal cat

Jenis kucing Bengal banyak diminati karena motif di bulunya yang mirip macan tutul. Pola belang ini adalah salah satu ciri khas utama ras ini.

Warna bulu Bengal bisa beragam, termasuk belang cokelat atau putih salju dengan pola belang hitam,

Selain itu, karakternya begitu aktif, rasa ingin tahunya tinggi, dan sangat suka bermain. 

Kucing Bengal sangat mudah beradaptasi dan setia kepada pemiliknya. Ia juga tak enggan menunjukkan rasa sayang kepada pemiliknya, seperti minta dielus, tidur di pangkuan, atau minta diajak bermain.

10. Kucing Siam

Siamese cat

Jenis kucing lain yang populer dijadikan hewan peliharaan yaitu kucing Siam. Kucing ini sering disebut sebagai ‘pangeran kucing’ karena cara berjalannya, bentuk wajahnya, serta warna dan ketebalan bulunya. 

Selain itu, kucing Siam terkenal karena cerewet. Ia sering mengeong sebagai bentuk komunikasi pada manusia. Kucing Siam juga punya banyak energi sehingga Anda sebaiknya menyediakan banyak mainan untuk menghabiskan energinya.

Karena cukup aktif, kucing Siam terkadang lebih banyak menghabiskan makanan kucing untuk mengisi kembali energi mereka. 

Nah, itu tadi adalah jeni-jenis kucing yang umum dipelihara. Kucing bisa jadi teman setia dalam kehidupan sehari-hari.

Apa pun kucing yang Anda pilih untuk menjadi bagian dari keluarga, rawatlah kucing dengan penuh perhatian dan kasih sayang. Jangan lupa penuhi kebutuhan dasarnya, termasuk memberi vitamin kucing terbaik secara rutin agar anabul tetap sehat dan bugar. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan