backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Apakah Memberikan VCO untuk Kucing Aman? Ini Jawabannya

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 27/11/2023

Apakah Memberikan VCO untuk Kucing Aman? Ini Jawabannya

Banyak produk virgin coconut oil (VCO) untuk kucing dijual di pasaran. Ada yang berbentuk botol minyak atau kapsul lunak suplemen. VCO biasanya diberikan sebagai suplemen untuk meningkatkan kesehatan anabul atau dioleskan untuk mengatasi jamuran dan bulu rontok. Namun, apakah pemberian VCO sudah terbukti aman untuk kucing? Berikut penjelasan lengkapnya. 

Apakah VCO aman untuk kucing?

Minyak kelapa atau VCO aman diberikan untuk kucing sebagai suplemen dalam jumlah sedikit. Namun, minyak kelapa sebaiknya tidak diberikan secara berlebihan, karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sakit perut, menceret, atau diare. 

Sementara itu, belum terdapat bukti penelitian yang menunjukkan bahwa minyak kelapa atau VCO bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, seperti infeksi jamur atau alergi.

VCO bermanfaat sebagai suplemen kucing karena memiliki kandungan medium-chain triglycerides (MCTs) yang diketahui baik untuk sistem pencernaan dan mampu menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing.

Sebuah studi dalam American Journal of Veterinary Research melakukan penelitian untuk mengetahui manfaat medium-chain triglycerides (MCTs) untuk kucing. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplemen dengan kandungan MCT lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh kucing. 

Selain itu, penambahan MCT dalam makanan kucing juga tidak menyebabkan reaksi efek samping, baik pada kucing yang sehat maupun kucing dengan gangguan metabolisme.

Meski begitu, minyak kelapa juga mengandung kalori yang tinggi dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan serta reaksi alergi, terutama jika ternyata kucing peliharaan Anda sensitif dengan minyak herbal ini.     

Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan jika Anda masih ragu dengan reaksi pemberian minyak kelapa pada kucing Anda. 

Manfaat VCO untuk kucing

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan virgin coconut oil untuk kucing.

1. Baik untuk pencernaan

jenis makanan kucing

Minyak VCO dalam bentuk suplemen baik untuk pencernaan karena kandungan MCT di dalamnya mudah dicerna dan diserap tubuh kucing. Karena mudah larut air, minyak kelapa juga aman dikonsumsi oleh kucing dengan masalah pencernaan. 

Selain itu, mengutip situs Veterinarians, kandungan asam kaprilat di dalam suplemen minyak kelapa dapat membantu menghilangkan bakteri, parasit, dan jamur berbahaya pada usus kucing, sehingga penyerapan vitamin dan mineral dapat berjalan dengan baik. 

2.  Mengobati infeksi jamur pada kucing

Infeksi jamur merupakan salah satu penyakit pada kucing yang cukup umum terjadi. Kondisi ini dapat mengakibatkan kerontokan pada bulu kucing.

Hasil penelitian dalam jurnal International Conference in One Health menunjukkan mengonsumsi minyak kelapa dan minyak ikan dalam bentuk suplemen dapat membantu mengobati infeksi jamur serta meningkatkan pertumbuhan rambut. 

3. Membantu mengatasi hairball

bahaya bulu kucing, bahaya bulu kucing untuk bayi

Bola rambut (hairball) dapat masuk ke dalam pencernaan kucing ketika kucing menjilat tubuhnya.

Struktur protein utama rambut, yakni keratin tidak dapat dicerna oleh tubuh. Akibatnya,  beberapa helai bola rambut mungkin dapat tertinggal diperut dan dalam jangka panjang dapat menumpuk dan mengganggu sistem pencernaan

Salah satu cara untuk mengatasi hairball adalah dengan mengoleskan minyak kelapa. Minyak herbal ini dapat membantu mengurangi kerontokan dan pembentukan hairball pada kucing.  

4. Menjaga kesehatan bulu dan kulit kucing

Mengoleskan minyak VCO ke kulit kucing juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing. Hal ini karena minyak kelapa ini dapat melembabkan kulit dan meredakan iritasi akibat gigitan serangga. 

Selain itu, minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu mencegah infeksi pada kulit kucing. 

Cara menggunakan VCO untuk kucing

Berikut ini beberapa cara menggunakan minyak VCO untuk kucing. 

  • Topikal: oleskan minyak kelapa ke kulit kucing dalam jumlah yang sedikit saja untuk membantu mengatasi berbagai permasalah kulit. 
  • Suplemen: Untuk kucing berukuran sedang, berikan ¼ hingga ½ sendok teh setiap satu kali atau dua kali sehari. Jika kucing peliharaan Anda baru pertama kali mengonsusmi VCO, berikan paling tidak ⅛ sendok teh setiap hari. 
  • Makanan kucing: Jika kucing kesulitan untuk mengonsumsi suplemen VCO karena baunya, Anda bisa mencampurkannya dengan makanan kucing.

Ringkasan


  • Minyak kelapa aman dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau dioleskan ke kulit untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit pada kucing.
  • Minyak herbal ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit kucing serta baik untuk sistem pencernaan.
  • Namun, minyak kelapa dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian kucing.
  • Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memutuskan untuk memberikan VCO bagi kucing Anda. 

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 27/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan