backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Mengenal Kucing Maine Coon, si Raksasa yang Lembut

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 16/02/2024

Mengenal Kucing Maine Coon, si Raksasa yang Lembut

Salah satu ras kucing yang paling diminati karena bentuk mukanya yang unik dan ukuran tubuhnya yang besar adalah kucing Maine Coon (menkun). Meski tubuhnya besar, kucing ini mudah bersosialisasi dengan manusia. Apa lagi keistimewaan ras kucing Maine Coon?

Berbagai fakta kucing Maine Coon

Maine Coon dikenal sebagai salah satu kucing ras berbulu panjang terbesar. Meski ukuran tubuhnya jumbo, jenis kucing ini dikenal sangat ramah, penyayang, mudah beradaptasi, dan senang bermain.

Ras kucing ini berasal dari Maine, Amerika Serikat bagian timur laut. Daerah ini terkenal dengan musim dingin bersalju tebal.

Tak heran jika bulu kucing menkun tebal dan fisiknya begitu tangguh karena menyesuaikan dengan lingkungan aslinya.

Secara umum, ras kucing ini memiliki karakteristik unik yang terlihat dari ciri fisik, perilaku, dan kebutuhan hidupnya.

1. Ciri fisik

gambar wajah kucing maine coon

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Maine Coon merupakan ras kucing domestik terbesar.

Tinggi kucing ini berkisar antara 25 – 40 cm dengan panjang mencapai 1 meter. Berat kucing menkun mulai dari 3 – 8 kilogram.

Kucing ini berbadan tegap, tubuh berotot, dada lebar, serta kakinya kokoh. Hewan ini juga memiliki jari tambahan atau polidaktili pada cakarnya. Diduga hal ini untuk menjaga stabilitas tubuhnya saat berjalan atau berlari.

Maine Coon juga berbulu panjang, tebal, dan halus untuk menghalau dingin di lingkungan asalnya yang bersalju.

Kucing ini juga memiliki berbagai warna dan pola, mulai dari warna putih, krem, merah, biru, dan hitam. Sementara itu, motif bulunya bisa berupa tabby, bi-color, parti-color, tortoiseshell, shaded, dan calico.

Ciri khas lainnya yaitu telinganya yang besar dan runcing. Di ujung telinganya biasanya terdapat gumpalan bulu.

Tanda khas kucing menkun lainnya yaitu ekornya yang panjang dengan bulu yang sangat lebat. Bahkan, ekornya bisa sepanjang badannya sampai-sampai ekornya dapat membungkus sekeliling tubuhnya seperti selimut.

2. Perilaku kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon sering disebut dengan panggilan “Raksasa yang Lembut”. Ini karena sikap menkun yang sangat lembut dan suka menghabiskan waktu bersama manusia.

Perilaku kucing ini tidak terlalu mementingkan ruang privasi dan lebih sering bermain dan suka menjadi bagian dalam keluarga. 

Hewan ini juga sangat sabar menghadapi anak-anak walau anak-anak seringnya berperilaku agresif kepada kucing. Maine Coon tidak masalah saat digendong, dielus, atau dipegang-pegang.

Meski suka bergaul, kucing ini tidak suka berada di pangkuan manusia, mungkin karena ukuran tubuhnya yang sangat besar tidak proporsional dengan tubuh manusia.

Hewan ini juga dikenal karena sangat cerdas dan vokal. Mereka dikenal sering mengeong, berceloteh, dan berkicau, serta sering membalas obrolan pemiliknya.

3. Kebutuhan hidup

maine coon

Kebutuhan dasar kucing Maine Coon selain makanan yang cukup yaitu waktu bermain bersama keluarga. 

Mereka akan sangat sedih dan cemas ditinggal sendirian meski Anda bisa membiarkan mereka sendirian dalam jangka waktu tertentu.

Jadi, sebaiknya ada orang lain, atau bahkan hewan peliharaan lain, di rumah untuk menemani kucing ini.

Kebanyakan Maine Coon juga sangat suka dengan air. Sikapnya ini memudahkan pemiliknya saat memandikan kucing.

Namun, mereka juga akan bermain air saat pemiliknya mandi, cuci piring, cuci mobil, atau kegiatan apa pun yang melibatkan air.

Bisa dibilang, Maine Coon adalah kucing peliharaan yang cocok untuk keluarga dan anak-anak karena sifatnya yang sabar, perhatian, dan penuh kasih sayang.

4. Penyakit yang umum diderita

Maine Coon memiliki masa hidup 10 – 13 tahun. Rentang hidup ini lebih pendek dibandingkan ras kucing lainnya. Hal ini karena Maine Coon rentan mewarisi penyakit tertentu dari orangtuanya. 

Selain itu, usia kucing ini dipengaruhi oleh asupan nutrisi, gaya hidup, dan pemberian vaksin.

Beberapa masalah kesehatan yang umum dialami oleh kucing menkun sebagai berikut.

  • Kardiomiopati hipertrofik (penyakit jantung lemah).
  • Atrofi otot tulang belakang (penyusutan otot).
  • Penyakit ginjal polikistik.
  • Displasia pinggul (kelainan tulang).
  • Gingivitis kronis (radang gusi).

Apa ciri-ciri kucing Maine Coon?

  • Tubuh besar.
  • Bulu tebal dan panjang.
  • Ekor panjang hampir sepanjang tubuhnya.
  • Telinga ditumbuhi gumpalan bulu.
  • Terdapat jari tambahan di cakarnya (polidaktili).

Cara merawat kucing Maine Coon

gambar kucing maine coon mengeong

Merawat kucing menkun hampir sama seperti merawat kucing ras berbulu panjang lainnya. Hanya saja, porsi makan kucing ini memang cukup besar.

Ada beberapa hal lain juga yang harus Anda ingat dalam perawatan kucing raksasa. Dikutip dari PetMD, berikut ini cara merawat kucing Maine Coon yang perlu Anda ketahui.

  • Kucing menkun memiliki kumis panjang dibandingkan ras kucing domestik lainnya, sehingga membutuhkan mangkuk makanan dan air yang lebih lebar untuk mencegah kelelahan kumis.
  • Mandikan kucing secara rutin dan sisir bulunya dengan sisir logam dua hingga tiga kali seminggu. Anda juga bisa sesekali mencoba grooming kucing.
  • Untuk mencegah infeksi telinga, jagalah agar tetap bersih dan kering, terutama setelah mandi atau berenang.
  • Berikan makanan kucing berprotein tinggi dan bergizi seimbang tiga atau empat kali sehari. Hindari memberikan makan berlebihan untuk menghindari kucing obesitas.
  • Berikan vaksin kucing agar tidak mudah sakit. Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter hewan sebelum memberikan vaksin.

Setelah mengetahui karakteristik Maine Coon yang penyayang dan mudah beradaptasi, apakah Anda tertarik untuk memeliharanya?

Jika tertarik, anak kucing Maine Coon biasanya diperoleh dengan harga sekitar 12 – 15 juta rupiah. Sementara itu, harga kucing dewasa mulai dari 10 – 20 juta rupiah.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 16/02/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan