backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Mengenal Kucing Ragdoll, Si Cantik yang Suka Bermain Air

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 22/01/2024

Mengenal Kucing Ragdoll, Si Cantik yang Suka Bermain Air

Jenis kucing yang beragam membuat Anda bisa memilihnya sesuai keunikan masing-masing. Jika Anda mencari kucing berbulu panjang yang suka bermain air, kucing Ragdoll bisa menjadi pilihan.

Sebelum memutuskan untuk mengadopsi Ragdoll cat, mari kenali berbagai sifat dan karakter uniknya di sini!

Fakta menarik seputar kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll pertama kali ditemukan pada tahun 1971 oleh seorang peternak sekaligus pencinta kucing bernama Ann Baker.

Anabul (anak bulu) ini merupakan hasil persilangan dari berbagai ras kucing. Namun, kini Ragdoll sudah menjadi ras kucing dengan ciri khas tersendiri.

Jika Anda masih ragu memelihara Ragdoll, berikut adalah berbagai fakta dan karakteristiknya yang bisa Anda pertimbangankan.

1. Suka bermain air

kucing ragdoll

Memandikan kucing sering kali menjadi tantangan bagi pemilik anabul. Nah, Anda tidak perlu mengkhawatirkan ini dengan kucing Ragdoll karena mereka dikenal menyukai air.

Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk memandikan kucing Ragdoll dengan air hangat agar mereka merasa nyaman.

Selain itu, pastikan untuk membersihkan kucing Anda secara teliti, termasuk di sela-sela kaki, belakang telinga, dan area bawah ekor mereka.

Jika merasa kesulitan untuk memandikan kucing, Anda juga bisa membawanya ke salon hewan.

2. Bersahabat dengan anak-anak

Ragdoll adalah kucing yang dikenal dengan sifatnya yang penyayang dan cenderung santai. Inilah alasan mengapa Ragdoll cocok untuk anak-anak.

Anabul ini juga bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang kurang menyukai hewan peliharaan yang terlalu aktif atau berisik.

Kucing bermata biru ini juga dikenal toleran dengan hewan lain. Maka, jika Anda sudah memiliki anjing atau hewan peliharaan lain di rumah, kucing Ragdoll bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Dijuluki puppy-like (mirip anak anjing)

Selain dikenal bersifat tenang, Ragdoll juga dinilai cukup cerdas karena bisa memahami perintah-perintah sederhana, termasuk mengambil barang yang dilempar.

Berkat kecerdasan tersebut, Ragdoll mendapat julukan puppy-like alias mirip dengan anak anjing.

Selain cerdas, kucing ini juga dikenal sabar karena mau menunggu pemiliknya pulang di depan pintu. Namun, untuk mendapatkan semua itu, Anda perlu secara aktif mengajaknya bermain.

4. Berumur panjang

Beberapa kucing Ragdoll mampu bertahan hidup selama lebih dari 20 tahun. Ini merupakan angka harapan hidup yang panjang jika dibandingkan dengan kucing peliharaan pada umumnya.

Meski begitu, ada berbagai faktor yang memengaruhi kualitas hidup Ragdoll, seperti asupan pola makan, lingkungan, perawatan, dan sterilisasi.

Prosedur steril kucing dinilai mampu mengurangi berbagai risiko penyakit sehingga membuat angka harapan hidupnya meningkat.

Tahukah Anda?

Ragdoll dinilai sudah dewasa ketika berusia empat tahun. Oleh karena itu, usahakan untuk segera mensterilkan kucing Anda sebelum usia tersebut.

5. Berukuran besar

ciri-ciri kucing sehat

Sama seperti Maine Coon, Ragdoll juga tergolong sebagai kucing peliharaan berukuran besar. Ragdoll jantan memiliki rata-rata berat badan sebesar 10 kg, sedangkan betina mencapai 7 kg.

Sementara itu, tinggi rata-rata kucing Ragdoll adalah 27 cm. Berat dan tinggi kucing tentu bisa bervariasi karena berbagai faktor.

Namun, sebaiknya jangan terobsesi memiliki kucing berukuran besar, apalagi dengan memberi mereka makan secara berlebihan.

Pasalnya, obesitas merupakan salah satu faktor utama berbagai penyakit pada kucing.

6. Punya tiga jenis corak tubuh

Kucing Ragdoll bisa dibedakan menjadi tiga jenis sesuai corak warna bulunya seperti berikut.

  • Bicolor: terdiri dari dua warna yang berbeda pada area wajah (berbentuk v terbalik), perut, dan keempat kaki.
  • Colorpoint: dominasi warna gelap, seperti kucing siam klasik. Hampir tidak ada bagian tubuh yang benar-benar berwarna putih.
  • Mit: dominasi warna putih, terutama pada area wajah. Ditandai dengan kaki bagian depan yang lebih gelap dari belakang.

7. Karakteristik Ragdoll

Mata biru merupakan salah satu ciri-ciri Ragdoll yang paling menonjol. Akan tetapi, warna ini bisa berubah jika kucing Anda merupakan hasil campuran atau mixed breed.

Mata berwarna biru ini berukuran cukup besar sehingga beberapa orang menilai Ragdoll seperti boneka.

Selain mata, telinga Ragdoll juga kerap mencuri perhatian. Kucing ini memiliki telinga berbentuk segitiga tegak dengan jarak daun telinga yang tidak terlalu jauh.

Dengan perilaku yang tenang dan bersahabat dengan penghuni lain di rumah, tidak heran jika Ragdoll menjadi salah satu jenis kucing yang banyak dipelihara.

Jika Anda memutuskan untuk memelihara Ragdoll, pastikan untuk memberinya makanan bergizi dan vaksin kucing lengkap supaya kesehatannya terjaga dan bisa berumur panjang.

Kesimpulan

  • Kucing Ragdoll merupakan salah satu kucing berbulu panjang dan berbadan besar yang sering dijadikan hewan peliharaan.
  • Kucing ini memiliki sifat yang cenderung santai dan penyayang. Mereka juga senang bermain air sehingga mudah dimandikan.
  • Ragdoll dibedakan dari corak bulunya, yaitu bicolor, colorpoint, dan mit.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 22/01/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan