backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Mengenal Kucing Bombay, dari Ciri hingga Perawatan yang Tepat

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 06/03/2024

Mengenal Kucing Bombay, dari Ciri hingga Perawatan yang Tepat

Kucing bombay adalah salah satu ras kucing yang menarik perhatian dengan pesonanya yang khas. Dikenal karena sifatnya yang ramah, kucing ini telah menjadi hewan peliharan favorit bagi sebagian orang. 

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memeliharanya, ketahui terlebih dahulu seperti apa karakteristik dan perawatannya yang tepat agar anabul dapat tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit. 

Apa itu kucing Bombay?

Bombay cat atau kucing Bombay adalah jenis kucing yang punya warna bulu hitam pekat dan matanya yang berwarna emas atau kuning.

Dengan ciri dan pesona khasnya tersebut, kucing yang biasa disebut dengan kucing India ini dinilai memberikan kesan misterius, menawan, elegan.

Bukan cuma warna dan matanya yang khas, Kucing Bombay memiliki tubuh yang kekar dan proporsional serta dengan kepala bulat dan telinga yang tegak. 

Selain itu, mereka juga dikenal memiliki sifat yang ramah, cerdas, dan penyayang terhadap pemiliknya.

Tahukah Anda?

Kucing Bombay dibiakkan pertama kali pada tahun 1950-an dari seekor kucing Burmese dan American Shorthair berkulit hitam.  

Apa saja ciri dan karakteristik kucing Bombay?

Kucing Bombay memiliki sejumlah ciri dan karakteristik yang membuatnya unik dan menarik bagi para pencinta anabul. 

Selain tubuh yang kekar dan proporsional, apalagi ciri-ciri dari anabul ini? Berikut penjelasannya.

1. Ciri fisik 

Merangkum dari TICA. berikut ini adalah beberapa ciri unik dari kucing Bombay yang membedakannya dengan jenis kucing lain. 

  • Bulu. Salah satu ciri paling mencolok dari kucing Bombay adalah warna bulunya yang hitam pekat. Bulu mereka biasanya berkilau dan halus, memberikan kesan elegan dan misterius.
  • Mata. Bombay cat memiliki mata yang besar, bulat, dan berwarna emas atau kuning. Kontras antara mata mereka yang cerah dengan bulu hitamnya menambah daya tarik dan pesona pada penampilan mereka.
  • Kepala. Ciri khas lain dari kucing Bombay adalah kepala mereka yang bulat dengan pipi yang lebar.
  • 2. Kepribadian 

    Berikut ini adalah beberapa kepribadian yang umumnya dimiliki oleh kucing India. 

    • Ramah. Kucing ini cenderung bersahabat dengan orang lain. Mereka dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dan menunjukkan ketertarikan pada interaksi sosial.
    • Penyayang. Bombay cat biasanya memiliki ikatan emosional yang kuat dengan pemiliknya. Mereka suka berada di dekat pemiliknya, mencari perhatian, dan sering kali menunjukkan tingkat keterikatan yang tinggi.
    • Cerdas. Kucing ini juga dikenal karena kecerdasan mereka yang tinggi. Mereka dapat dengan cepat mempelajari perintah serta berpartisipasi dalam permainan yang melatih pikiran.
    • Aktif. Meskipun cenderung tenang, kucing Bombay juga aktif dan suka bermain. Mereka menikmati bermain dengan mainan, memanjat, dan berpartisipasi dalam aktivitas interaktif dengan pemiliknya.
    • Sensitif. Kucing warna hitam ini memiliki kemampuan untuk merasakan perasaan pemiliknya. Mereka dapat menunjukkan empati dan responsif terhadap perubahan suasana hati dan kebutuhan pemiliknya.

    Berapa harga kucing Bombay?

    Sebenarnya harga kucing Bombay bisa berbeda-beda tergantung usia dan faktor lainnya. Namun secara umum, kucing ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp6.000.000 hingga Rp27.000.000. Untuk informasi pastinya, sebaiknya konfirmasi langsung ke pet shop terdekat. 

    Bagaimana cara merawat kucing Bombay?

    kucing bombay

    Setelah mengetahui karakteristiknya, ada baiknya bagi Anda untuk tahu cara merawat kucing Bombay agar bisa tumbuh sehat dan lincah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

    1. Rawat bulunya 

    Sisir bulu kucing Bombay atau India secara teratur untuk menjaga kilau dan kebersihannya. Lakukan ini setidaknya beberapa kali seminggu menggunakan sisir khusus kucing. 

    Meskipun bulunya cenderung tidak rontok secara berlebihan, tetaplah memberikan perhatian ekstra pada bulu anabul ini untuk menghindari penumpukan bulu rontok yang berlebihan guna membantu mencegah masalah kulit.

    2. Mandikan secara rutin

    Selain menyisir bulu secara rutin, Anda juga perlu untuk memandikan kucing secara teratur guna menjaga tubuhnya tetap bersih dan menghilangkan bulu yang kusut. 

    Anda harus menggunakan sampo khusus kucing dan pastikan untuk membilasnya dengan baik.

    Perlu Anda ketahui, kucing umumnya tidak suka dimandikan, jadi pastikan untuk membuat pengalaman mandi seaman dan senyaman mungkin.

    3. Berikan makanan bergizi

    Berikan makanan kucing yang seimbang dan berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

    Pilih makanan yang dirancang khusus untuk kucing dewasa dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan. 

    Sebaiknya, berikan takaran makan pada anabul ini sesuai dengan berat badan dan aktivitas fisik yang mereka lakukan. Pastikan juga untuk memberikan air bersih dan segar setiap hari.

    4. Perhatikan kesehatan gigi

    Gigi kucing jenis ini biasanya membutuhkan perawatan gigi yang rutin. Pasalnya, kucing rentan mengalami masalah pada giginya. 

    Oleh karena itu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menyikat gigi kucing secara teratur menggunakan pasta gigi khusus kucing.

    Anda juga bisa berikan mainan khusus untuk mengunyah yang dapat membantu membersihkan gigi mereka.

    5. Berikan kasih sayang dan perhatian 

    Perlu diingat kembali, Bombay cat adalah hewan yang penyayang dan membutuhkan perhatian dari pemiliknya. 

    Jadi, pastikan Anda meluangkan waktu untuk memberinya kasih sayang dengan mengajak kucing bermain bersama setiap harinya. 

    6. Perhatikan kelengkapan vaksin 

    Sama seperti merawat kucing mana pun, memperhatikan kelengkapan vaksin juga dapat melindungi kucing dari berbagai penyakit yang berbahaya.

    Beberapa vaksin untuk kucing, termasuk kucing Bombay, adalah sebagai berikut.

    • Vaccine feline viral rhinotracheitis (FVR): Merupakan vaksin untuk melindungi kucing dari virus herpes yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas.
    • Vaksin calicivirus (C): Melindungi kucing dari virus calicivirus yang juga dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas serta masalah mulut dan infeksi mata.
    • Vaccine panleukopenia (P): Juga dikenal sebagai vaksin distemper kucing, vaksin ini melindungi kucing dari virus yang menyebabkan penyakit serius dan berpotensi fatal.
    • Vaksin rabies: Ini adalah vaksin wajib yang melindungi kucing dari virus rabies, yang dapat ditularkan kepada manusia melalui gigitan.

    7. Periksakan ke dokter hewan secara rutin 

    Selain beberapa cara di atas, membawa kucing ke dokter hewan juga perlu Anda lakukan guna mendukung kesehatannya tetap terjaga. Pastikan juga ia mendapatkan vaksinasi yang diperlukan. 

    Dengan memberikan perawatan yang baik dan kasih sayang, Anda dapat memastikan bahwa anabul ini dapat tumbuh dengan sehat, bahagia, dan memiliki kualitas hidup yang baik.

    Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai perawatan kucing Bombay yang tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter hewan. 

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    drh. Hevin Vinandra Louqen

    Kesehatan · None


    Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 06/03/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan