backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Fakta Menarik Kucing Hitam, Dikenal Bawa Keberuntungan!

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 03/11/2023

8 Fakta Menarik Kucing Hitam, Dikenal Bawa Keberuntungan!

Kucing hitam sering kali dikaitkan dengan hal berbau mistis dan menyeramkan. Namun, di beberapa negara seperti Jepang, jenis kucing ini justru menjadi simbol keberuntungan. Ingin tahu lebih lanjut? Simak fakta menarik lainnya dalam ulasan berikut. 

Fakta menarik tentang kucing hitam

Kucing hitam sering dianggap tidak menarik dibandingkan dengan anabul berbulu cerah lainnya. Tidak hanya itu, jenis kucing ini juga dipercaya oleh masyarakat membawa sial dan malapetaka.

Padahal, kucing hitam begitu penyayang dan suka bermain. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang black cat yang tak banyak orang tahu.

1. Pembawa keberuntungan

kucing hitam

Di beberapa negara seperti di Jepang, kucing hitam merupakan lambang kekayaan dan keberuntungan. 

Masyarakat Jepang percaya bahwa apabila sutradara melihat black cat di teater pada malam pembukaan, pertunjukan akan sukses.

Di Inggris, masyarakat percaya bahwa black cat yang berada di sebuah kapal menandakan keberuntungan. Sebaliknya, jika kucing ini berjalan di kapal kemudian pergi, hal ini menjadi pertanda buruk bahwa kapal akan tenggelam.

2. Kucing dianggap sebagai dewi

Pada zaman dahulu, masyarakat Mesir kuno menganggap bahwa semua jenis anabul, termasuk black cat adalah hewan yang suci. 

Bahkan, dewi Bastet, yaitu dewi Mesir yang melindungi rumah dari roh jahat dan penyakit sering digambarkan memiliki tubuh seorang wanita dan kepala kucing berwarna hitam.

Oleh sebab itu, membunuh kucing secara tidak sengaja dapat dihukum mati. Setelah mati, kucing akan dimurnikan seperti manusia dan dikuburkan. 

3. Mudah berburu di malam hari

Black cat memiliki kelebihan dibandingkan dengan anabul lainnya dalam hal berburu di malam hari.

Jenis kucing ini memiliki warna bulu yang gelap, sehingga akan membuatnya lebih mudah bersembunyi saat berburu makanan di malam hari. 

4. Lebih sehat dibandingkan kucing lainnya

Mengutip situs Humane Society of Macomb, kucing hitam memiliki gen yang dapat membantunya terhindar dari penyakit.

Hal ini karena gen yang memproduksi bulu hitam pada kucing sama dengan gen yang membantu tubuh melawan virus. 

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikkan bahwa jenis kucing ini lebih sehat dan tidak gampang sakit dibandingkan kucing lainnya. 

5. Bombay cat satu-satunya yang selalu memiliki bulu hitam

kucing bombay

Hitam merupakan warna bulu yang paling umum ditemukan pada kucing, mulai dari jenis kucing bulu panjang hingga berbulu pendek.

Namun, di antara banyaknya ras anabul dengan variasi bulu hitam, Bombay cat merupakan satu-satunya ras anabul yang selalu berwarna hitam.

Bombay cat memiliki bulu pendek berwarna hitam pekat dan berkilau. Jenis ras kucing ini juga umumnya dikenal aktif dan suka mencari perhatian. 

6. Dapat berubah warna

Warna hitam pada bulu anabul disebabkan oleh tingginya produksi pigmen melanin. Namun, seiring berjalannya waktu, bulu kucing dapat berubah. 

Terlalu banyak berada di bawah sinar matahari dapat menyebabkan helai bulu kucing sedikit berubah warna menjadi cokelat tua atau kemerahan.

7. Memiliki warna mata yang unik

Fakta menarik lainnya dari jenis kucing ini adalah matanya yang berwarna emas atau kekuningan. 

Sama seperti halnya pada warna bulu, warna mata pada kucing juga dipengaruhi oleh pigmen melanin. Hal ini membuat mayoritas jenis kucing ini memiliki warna mata kekuningan, tembaga, hingga hijau.

Tahukah Anda?


Anak kucing biasanya terlahir dengan mata berwarna biru, tetapi iris mata mereka berubah seiring bertambahnya usia. Perubahan biasanya terjadi saat anak kucing berusia 4 – 8 minggu dan akan menjadi permanen sata berusia 3 – 4 bulan. 

8. Kucing hitam jarang diadopsi

Studi dalam The Open Veterinary Science Journal mengungkapkan bahwa kucing hitam membutuhkan waktu lebih lama untuk diadopsi dibandingkan dengan kucing lainnya. 

Hal ini mungkin terjadi karena banyak orang takut memelihara kucing hitam. Kucing ini dianggap membawa sial dan malapetaka.

Namun, hal tersebut tidaklah benar. Mitos bahwa kucing pembawa kesialan sebenarnya muncul  pertama kali pada abad pertengahan.

Saat itu, banyak orang mengalami sakit tanpa diketahui penyebabnya karena ilmu pengetahuan masih belum berkembang.

Pada akhirnya, mereka mencoba mencari sesuatu yang harus disalahkan dari wabah penyakit tersebut. Mereka kemudian menyalahkan kucing hitam karena bulunya terlihat menyeramkan dan sering kali dikaitkan dengan iblis dan penyihir.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik tentang kucing hitam yang tidak banyak orang ketahui.  

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 03/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan