Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Selain Dingin, Ini 9 Kondisi yang Menyebabkan Badan Tiba-tiba Menggigil

Selain Dingin, Ini 9 Kondisi yang Menyebabkan Badan Tiba-tiba Menggigil

Pada umumnya, tubuh Anda akan menggigil saat terkena udara dingin. Namun, badan yang tiba-tiba menggigil tanpa sebab perlu diwaspadai. Ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan karena artinya otot-otot tubuh Anda berkontraksi di luar kendali.

Beragam penyebab badan tiba-tiba menggigil

Menggigil merupakan respons alami tubuh untuk menghangatkan diri saat terkena udara dingin atau sedang berada di lingkungan dengan suhu rendah, misalnya di dataran tinggi.

Akan tetapi, ada pula orang-orang mengalami kondisi ini meskipun cuaca di sekitarnya normal, termasuk ketika mereka tidur.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab dari rasa menggigil yang muncul secara tiba-tiba.

1. Demam

demam dan badan menggigil

Dikutip dari laman Harvard Health, seseorang dikatakan mengalami demam bila suhu tubuhnya lebih tinggi dari 38 derajat Celcius.

Demam sebenarnya bukan penyakit, melainkan mekanisme sistem imun untuk melawan infeksi. Demam juga bisa terjadi saat organ tubuh mengalami peradangan atau reaksi alergi.

Kondisi ini bisa membuat badan Anda menggigil. Terkadang, muncul gejala mirip flu meskipun tidak semua orang mungkin mengalaminya.

Demam akan mereda dengan sendirinya. Akan tetapi, Anda bisa mempercepat pemulihan dengan minum air putih dan obat demam yang dijual bebas.

2. Gula darah rendah (hipoglikemia)

Rendahnya kadar gula darah atau hipoglikemia bisa membuat badan tiba-tiba menggigil. Ini merupakan respons tubuh yang lazim setelah Anda tidak makan dalam waktu lama atau tubuh tidak dapat mengelola gula darah dengan benar.

Selain menggigil, gula darah rendah juga ditandai dengan tubuh berkeringat, penglihatan kabur, rasa menggelitik di sekitar mulut, jantung berdebar, hingga kejang pada kasus yang parah.

Pengidap diabetes akan lebih sering mengalami badan menggigil akibat hipoglikemia, sebab tubuhnya tidak bisa menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Hipoglikemia pada pengidap diabetes juga dapat mengancam jiwa sehingga membutuhkan penanganan segera bila gejalanya parah.

3. Hilangnya efek bius setelah operasi

Badan bisa tiba-tiba mengigil setelah efek obat bius menghilang pasca-operasi. Meski belum jelas penyebab pastinya, suhu tubuh Anda dapat menurun selama operasi berlangsung.

Kamar operasi yang dingin membuat suhu tubuh menurun. Begitu operasi selesai dan Anda kembali sadar, tubuh akan menyesuaikan suhunya ke angka normal sehingga menimbulkan efek menggigil.

Obat bius juga bisa memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur suhu. Oleh sebab itu, proses kembalinya suhu tubuh normal usai operasi bisa memakan waktu lebih lama.

4. Efek samping obat-obatan

obat sakit perut melilit

Obat-obatan terkadang dapat menimbulkan efek samping, termasuk membuat badan tiba-tiba menggigil setelah Anda mengonsumsinya.

Kondisi ini mungkin Anda alami, baik saat menggunakan obat-obatan bebas, suplemen, produk herbal, dan bahkan obat-obatan yang diresepkan dokter dengan dosis yang salah.

Segera beri tahu dokter atau apoteker yang memberikan obat-obatan bila tubuh Anda tiba-tiba menggigil. Ini bermanfaat untuk mencegah efek yang lebih buruk terjadi.

5. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme ditandai oleh ketidakmampuan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon dalam jumlah yang diperlukan guna melangsungkan metabolisme tubuh.

Kondisi ini bisa meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap suhu dingin sehingga membuat badan menggigil tiba-tiba.

Selain menggigil, hipotiroid juga bisa memicu kenaikan berat badan, wajah bengkak, otot nyeri, kelemahan, sembelit, hingga kecenderungan mengalami depresi.

Dokter bisa mendiagnosis kondisi ini melalui tes darah. Hipotiroidisme bisa sembuh meski pengidapnya membutuhkan pengobatan setiap hari.

6. Kekurangan zat gizi

Penyebab menggigil tiba-tiba juga bisa berasal dari kurangnya zat gizi yang diperlukan tubuh.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh kurangnya asupan makanan bergizi, ketidakmampuan tubuh untuk menyerap zat gizi dengan baik, atau gangguan makan, seperti anoreksia.

Beberapa tanda tubuh kekurangan zat gizi antara lain kulit pucat, kelemahan, jantung berdebar, hingga siklus menstruasi yang tidak teratur pada wanita.

Kekurangan gizi bisa menyebabkan komplikasi bila tidak segera ditangani. Konsultasi dengan dokter Anda bila merasakan gejala-gejala di atas.

7. Aktivitas fisik ekstrem

cuaca panas

Aktivitas fisik ekstrem, seperti lari maraton, bisa memicu kenaikan suhu tubuh. Perubahan suhu tubuh inilah yang bisa membuat badan Anda tiba-tiba menggigil.

Faktor cuaca juga bisa memengaruhi kondisi ini. Beraktivitas dalam cuaca panas bisa menyebabkan dehidrasi, sedangkan cuaca dingin bisa memicu hipotermia.

Gejala lain yang bisa Anda rasakan setelah beraktivitas ekstrem yakni kelelahan, pusing, kram otot, mual, dan muntah.

Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hindari atau batasi durasi aktivitas berat saat cuaca terlalu panas atau dingin untuk menghindari masalah kesehatan ini.

8. Tremor

Tremor merupakan kontraksi otot yang tidak disengaja atau tidak terkendali. Ini memicu gerakan pada tubuh yang sering disalahartikan sebagai menggigil.

Kondisi ini pada dasarnya tidak disebabkan karena tubuh terkena udara dingin, melainkan akibat gangguan neurologis yang berhubungan dengan otak dan saraf.

Adapun beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terkait yakni stroke, multiple sclerosis, cedera otak, hingga penyakit Parkinson.

9. Rasa takut dan kecemasan

Badan yang tiba-tiba menggigil juga bisa terjadi saat Anda mengalami kondisi emosional yang menyebabkan rasa takut dan kecemasan parah.

Kondisi tersebut bisa mengakibatkan lonjakan adrenalin dalam tubuh. Adrenalin merupakan salah satu jenis hormon stres yang diproduksi tubuh saat menghadapi bahaya.

Rasa menggigil umumnya hilang seiring menurunnya adrenalin. Namun, kondisi ini bisa saja terjadi dalam jangka panjang bila Anda mengalami stres kronis.

Ringkasan

Tubuh yang menggigil tidak hanya disebabkan oleh udara dingin. Kondisi ini bisa menandakan beberapa masalah kesehatan, seperti infeksi, gula darah rendah (hipoglikemia), hipotiroidisme, tremor, kekurangan zat gizi, hingga rasa takut dan kecemasan berlebihan.

Kapan Anda perlu periksa ke dokter?

badan tiba-tiba menggigil

Selalu cermati gejala lain yang mungkin muncul saat badan Anda menggigil, sebab ini akan membantu dokter dalam menemukan faktor penyebabnya.

Dikutip dari Cleveland Clinic, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter bila badan tiba-tiba menggigil disertai gejala lain, seperti:

  • suhu tubuh di atas 40℃ atau di bawah 35℃ pada orang dewasa atau anak-anak berusia tiga tahun ke atas,
  • suhu tubuh di atas 39℃ pada anak-anak berusia tiga bulan hingga tiga tahun dan di atas 38℃ pada bayi di bawah tiga bulan,
  • nyeri dada atau rasa sakit yang tidak bisa dijelaskan,
  • kelelahan ekstrem,
  • sakit perut parah, dan
  • mengi atau kesulitan bernapas.

Masalah kesehatan serius terkadang menimbukan gejala yang sangat umum, salah satunya badan tiba-tiba menggigil meski suhu udara di sekitar tidak dingin.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Diagnosis lebih awal bisa mencegah keparahan dan komplikasi dari kondisi yang Anda alami.


Ingin mendapatkan berat badan ideal?

Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


Verifying...
health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chills: Causes & Treatment. Cleveland Clinic. (2021). Retrieved 31 May 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/21476-chills

What Causes Shivering?. MedicineNet. (2022). Retrieved 31 May 2022, from https://www.medicinenet.com/what_causes_shivering/article.htm

Treating fever in adults. Harvard Health. (2020). Retrieved 31 May 2022, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/treating-fever-in-adults

Low Blood Glucose (Hypoglycemia). National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. (2021). Retrieved 31 May 2022, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/preventing-problems/low-blood-glucose-hypoglycemia

Hypothyroidism (underactive thyroid). Mayo Clinic. (2020). Retrieved 31 May 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hypothyroidism/symptoms-causes/syc-20350284

Malnutrition. NHS UK. (2020). Retrieved 31 May 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/malnutrition/

Tremor or shaking hands. NHS UK. (2020). Retrieved 31 May 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/tremor-or-shaking-hands/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 7 days ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa