Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tegang yang Bisa Dilakukan

    8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tegang yang Bisa Dilakukan

    Sakit kepala tegang merupakan jenis sakit kepala yang tergolong umum terjadi pada semua usia, termasuk remaja juga orang dewasa. Kondisi yang biasa disebut sebagai tension headaches ini terjadi ketika otot leher dan kulit kepala menjadi tegang juga berkontraksi. Sebelum kondisimu memburuk, ketahui cara mengatasi juga obat sakit kepala tegang seperti di bawah ini.

    Beragam cara mengatasi sakit kepala tegang

    Dikutip dari Mayo Clinic, sakit kepala tegang merupakan kondisi dengan rasa sakit yang menyebar, ringan, sampai sedang dan digambarkan seperti ada ikatan pada kepala. Walaupun sampai sekarang belum diketahui penyebab pastinya, namun Anda bisa mengatasinya baik dengan mengubah kebiasaan sampai mengonsumsi obat.

    1. Kurangi stres

    Stres bisa menjadi pemicu sakit kepala tegang. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi juga obat sakit kepala tegang di rumah yaitu melakukan hal yang menjadi penyebab stres terlebih dahulu. Luangkan banyak waktu untuk bersantai dan menenangkan pikiran. Anda bisa lakukan meditasi, latihan pernapasan dalam, atau olahraga seperti yoga.

    Selain itu, memijat pelan bagian kepala Anda yang sakit juga bisa membantu. Pijat dapat mengurangi stres dan meredakan ketegangan. Ini sangat efektif untuk melemaskan otot yang kencang di belakang kepala, leher, dan bahu.

    Belajar untuk mengenali dan menghindari situasi penyebab stres yang memicu sakit kepala juga bisa menjadi cara yang efektif. Beberapa hal-hal tersebut di atas, dapat menjadi cara mengatasi sakit kepala tegang di rumah yang efektif.

    2. Kompres dengan air hangat

    Cara mengatasi atau obat sakit kepala tegang berikutnya adalah melakukan kompres air hangat atau dingin di bagian kepala yang sakit. Hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi ketegangan otot yang menyebabkan sakit kepala.

    Kompres air hangat bisa Anda lakukan dengan menggunakan botol yang diisi air hangat atau handuk yang dibasahi air panas. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mencoba cara lain seperti meletakkan bantalan pemanas di leher atau bagian belakang kepala.

    Lalu, Anda pun bisa langsung mandi dengan menggunakan air hangat untuk merileksasi bagian tubuh yang tegang.

    3. Ubah kebiasaan

    Sakit kepala tegang juga bisa dipicu dari kebiasaan-kebiasaan yang tidak disadari. Oleh karena itu, beberapa perubahan ini mungkin membantu mengatasi sakit kepala tegang di rumah.

    • Pakai bantal yang lebih empuk dan nyaman serta ganti posisi tidur.
    • Jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer, luangkan waktu untuk meregangkan punggung, leher, dan bahu Anda di sela-sela waktu bekerja. Atur posisi duduk Anda, duduk dengan tegak dan pastikan kaki menempel di lantai.

    4. Perhatikan asupan air putih

    Secara medis, tubuh memerlukan air atau cairan agar organ di dalam tubuh berfungsi dengan baik. Mengonsumsi air putih juga dapat menghindari terjadinya dehidrasi atau kekurangan air. Apabila terjadi dehidrasi, tubuh bisa menjadi lemas, tidak fokus, meningkatkan risiko kelelahan, juga sakit kepala.

    Cara mengatasi sakit kepala tegang yang satu ini merupakan hal mudah namun terkadang terlupakan. Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka sakit kepala jenis ini pun bisa menyerang.

    Tidak hanya dengan air putih, Anda juga bisa menambah asupan air ke dalam tubuh dengan makanan atau buah dengan kandungan air yang cukup tinggi.

    5. Berolahraga secara teratur

    Dalam sebuah penelitian, menunjukkan bahwa olahraga bisa membawa dampak positif pada hidup Anda. Tidak hanya mampu untuk menurunkan berat badan, tetapi juga mencegah datangnya berbagai macam penyakit. Berolahraga secara teratur bisa menjadi cara mengatasi juga mengobati sakit kepala tegang.

    Hal ini dikarenakan olahraga juga bermanfaat untuk menghilangkan stres juga meregangkan tubuh. Lakukan secara rutin dan perhatikan area tubuh seperti rahang, leher, juga bahu yang cenderung menahan banyak ketegangan.

    6. Makan teratur dengan nutrisi seimbang

    Stres akan membuat Anda mengalami lupa makan dan berujung pada sakit kepala. Makan pada waktu yang tepat bisa menjadi cara mengobati sakit kepala tegang. Tetap makanlah dengan waktu yang teratur dan perhatikan pula asupan gizi untuk tubuh Anda.

    Perlu untuk diingat bahwa melewatkan waktu makan bisa menyebabkan sakit kepala yang berdenyut. Cobalah makan pada waktu yang sama setiap hari. Selain karbohidrat, perhatikan protein, buah-buahan, sayuran, juga biji-bijian.

    7. Menjaga waktu tidur yang cukup

    Mempunyai waktu tidur yang cukup merupakan hal yang penting serta menjadi salah satu obat sakit kepala tegang. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan, tetapi juga menjauhkan Anda dari stres yang menjadi penyebab sakit kepala tipe ketegangan.

    Berbagai penelitian mengaitkan kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala jenis migrain dan juga tipe ketegangan. Namun, batasi pula waktu tidur Anda dengan waktu yang benar-benar cukup. Hal ini dikarenakan kebanyakan tidur pun dapat membuat kepala Anda menjadi sakit kembali.

    8. Konsumsi obat pereda rasa sakit

    Cara mengatasi atau mengobati sakit kepala tegang yang satu ini merupakan hal yang bisa Anda lakukan apabila ingin meredakan rasa sakitnya dengan cepat. Apalagi, Anda pun bisa membeli obat sakit kepala tanpa perlu resep dari dokter.

    Namun, jangan lupa untuk berhati-hati karena obat sakit kepala yang diminum secara berlebihan pun dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala jenis lain. Berikut beberapa jenis obat yang bisa Anda konsumsi saat sakit kepala tipe ketegangan menyerang:

    • Aspirin. Sebagai obat sakit kepala, obat ini bekerja dengan cara menghalangi hormon prostaglandin. Saat sakit kepala melanda, hormon yang membantu memberikan sinyal rasa sakit ke otak bertambah banyak jumlahnya. Maka dari itu, aspirin yang juga berfungsi sebagai obat anti peradangan dapat menghalangi aktivitas enzim yang membentuk hormon tersebut.
    • Ibuprofen. Obat ini dapat digunakan bersama aspirin dan naproxen atau obat-obatan analgesik seperti celecoxib dan diclofenac untuk meredakan rasa sakit. Sama halnya dengan aspirin, jika digunakan sebagai obat sakit kepala maka obat ini bekerja dengan cara menghalangi enzim siklooksigenase. Umumnya, ibuprofen dapat digunakan untuk mengatasi tension headache dan migrain.
    • Naproksen. Obat ini termasuk ke dalam golongan obat nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID), sama dengan ibuprofen, yaitu obat-obatan yang digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Cara kerjanya adalah dengan menghalangi enzim sikloogsigenase untuk memproduksi prostaglandin.
    • Ketorolac. Obat sakit kepala yang satu ini merupakan golongan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) yang cara kerjanya adalah memblok produksi substansi alami tubuh yang menyebabkan inflamasi.

    Apabila obat pereda rasa sakit atau nyeri tidak juga bekerja secara maksimal, ada kemungkinan dokter akan memberikan resep obat untuk merelaksasi otot. Hal ini dapat membantu menghentikan kontraksi otot sehingga tidak terasa tegang.

    health-tool-icon

    Kalkulator Detak Jantung

    Cari tahu berapa detak jantung istirahat (RHR) maksimum untuk usia Anda dan bagaimana intensitas olahraga dan faktor lain memengaruhi detak jantung.

    Laki-laki

    Wanita

    Anda mengecek untuk ....

    Detak jantung istirahat Anda .... (bpm/denyut per menit)

    60

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Managing tension headaches at home https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000421.htm diakses 7 Desember 2018.

    Tension Headaches: Diagnois& Treatment https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tension-headache/diagnosis-treatment/drc-20353982 diakses 7 Desember 2018.

    Tension headache – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2020). Retrieved 3 March 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tension-headache/diagnosis-treatment/drc-20353982

    Higeura, Valencia. Tension Headaches. (2020). Retrieved 3 March 2020, from https://www.healthline.com/health/tension-headache#treatment

    Lava, Neil. (2020). Can I Prevent Tension Headaches?. Retrieved 3 March 2020, from https://www.webmd.com/migraines-headaches/prevent-tension-headaches#1

    Cirina, Erica. Lack of Sleep Headache: Treatments and More. (2020). Retrieved 3 March 2020, from https://www.healthline.com/health/lack-of-sleep-headache

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui Mar 03, 2020
    Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri
    Next article: