backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

5 Jenis Olahraga yang Ampuh Menghilangkan Stres

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

    5 Jenis Olahraga yang Ampuh Menghilangkan Stres

    Apakah Anda sering mengalami stres belakangan ini? Jika Anda sudah kehabisan cara untuk menghilangkan stres, mungkin inilah saatnya untuk mulai mencoba olahraga.

    Olahraga telah terbukti sebagai salah satu metode penghilang stres yang paling ampuh. Namun, jenis olahraga seperti apa yang disarankan?

    Jenis olahraga yang ampuh untuk menghilangkan stres

    manfaat jalan cepat

    Semua jenis olahraga sebenarnya ampuh untuk membantu menurunkan stres. Bahkan, Anda pun tidak harus melakukan olahraga berat untuk membuat tubuh rileks.

    Sebagai langkah awal, berikut beberapa jenis olahraga yang bisa Anda coba.

    1. Jalan santai atau jalan cepat

    Jalan kaki bisa menjadi opsi olahraga yang paling mudah dan murah. Baik jalan santai maupun jalan cepat, keduanya membantu melepaskan ketegangan otot dan melatih pernapasan.

    Sembari berjalan kaki, Anda juga bisa menikmati pemandangan di sekitar. Olahraga penghilang stres ini juga terasa menyenangkan bila dilakukan bersama orang terdekat.

    Mulailah dengan berjalan kaki selama 10 menit sebanyak dua kali seminggu. Setelah 2–3 minggu, tingkatkan frekuensi dan durasi olahraga secara bertahap. 

    Untuk merasakan manfaat jalan kaki, sebaiknya Anda rutin melakukannya selama 30 menit setiap hari.

    2. Menari

    Menari membantu merilekskan otot dan meningkatkan kelincahan tubuh saat bergerak. Selain itu, setiap gerakan tari juga mampu meningkatkan detak jantung.

    Agar tarian tetap selaras, Anda bisa berusaha menyamakan gerakan dengan ritme musik. Hal ini terbukti membantu meningkatkan perasaan senang dalam pikiran Anda.

    Menurut studi dalam jurnal Psychology of Music (2017), kesukaan terhadap musik rap/hiphop, soul/funk, dan elektronika/dance berefek positif terhadap meningkatnya rasa semangat.

    Inilah alasan banyak orang memutar kedua genre musik ini saat berolahraga.

    3. Yoga

    Yoga telah terbukti sebagai olahraga untuk menghilangkan stres dengan meningkatkan energi, kebahagiaan, hubungan sosial, dan kualitas tidur bila dilakukan secara teratur.

    Latihan yoga yang memusatkan pikiran melalui pernapasan dalam juga merangsang respons relaksasi tubuh yang menjadi kunci utama untuk mengelola stres.

    Anda bisa melakukan yoga di rumah dengan panduan dari video. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, cobalah mengikuti kelas yoga dengan instruktur yang berpengalaman.  

    4. Tai chi

    tai chi untuk pemula

    Tai chi merupakan olahraga bela diri yang tidak hanya mengandalkan gerakan tubuh, tetapi juga fokus untuk mengendalikan gerakan-gerakan yang hendak Anda lakukan.

    Sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Physical Education, Sports and Health (2021) menunjukkan olahraga bela diri memiliki efek positif pada self-efficacy seseorang.

    Bahkan, kombinasi tai chi dan waktu tidur cukup juga dapat membantu mengurangi gejala stres, depresi, dan gangguan kecemasan yang Anda rasakan.

    5. Olahraga rekreasi

    Olahraga rekreasi terdiri dari berbagai jenis olahraga yang melibatkan individu atau kelompok.

    Terdapat beragam jenis olahraga rekreasi yang bisa dilakukan bersama teman, keluarga, atau pasangan, contohnya bulu tangkis atau tenis yang bisa dimainkan berpasangan.

    Jika ingin berinteraksi dengan orang banyak, cobalah bergabung dengan klub atau komunitas olahraga kelompok, seperti futsal atau sepak bola.

    Olahraga penghilang stres ini memerlukan gerak tubuh dan konsentrasi tinggi yang membantu menyehatkan jantung serta menjaga tekanan darah tetap normal.

    Bagaimana cara olahraga menghilangkan stres?

    olahraga penghilang stres

    Stres berhubungan langsung dengan berbagai fungsi tubuh, baik yang berkaitan dengan kesehatan mental maupun fisik.

    Jika Anda terus mengalami stres, bukan tak mungkin hal ini membuat kualitas hidup Anda menurun. Anda jadi lebih mudah terserang penyakit, kesulitan tidur, hingga tidak produktif saat bekerja.

    Belajar menghadapi stres merupakan langkah yang baik untuk meredakan gejala yang Anda alami. Salah satu caranya yakni dengan berolahraga.

    Berikut ini sejumlah alasan mengapa olahraga dikatakan sebagai penghilang stres yang ampuh.

    1. Mengurangi efek negatif stres

    Olahraga sesungguhnya adalah suatu bentuk stres bagi tubuh. Sederhananya, dengan membiasakan berolahraga, tubuh Anda akan belajar beradaptasi dan terbiasa saat menghadapi stres. 

    Aktivitas ini akan melatih tubuh untuk merespons gejala fisik stres dengan lebih baik, termasuk detak jantung yang lebih cepat, tekanan darah yang meningkat, dan otot yang menegang.

    Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka fungsi tubuh yang berubah akibat stres juga mampu Anda atasi dengan lebih baik.

    2. Memengaruhi tingkat hormon dalam tubuh

    Saat mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dan epinefrin. Apabila kedua hormon ini terus-menerus diproduksi, beberapa fungsi tubuh pun akan terganggu.

    Sebagai contoh, stres membuat tubuh mempersiapkan lebih banyak energi dengan meningkatkan kadar gula darah. Jika ini terjadi terus-menerus, risiko diabetes tipe 2 dan obesitas bisa meningkat.

    Olahraga juga membantu otak memompa serotonin dan endorfin. Dengan meningkatnya hormon tersebut, Anda bisa merasa lebih rileks, tenang, dan bahagia.

    3. Meningkatkan self-efficacy

    Self-efficacy adalah bentuk keyakinan diri untuk menyelesaikan dan menghadapi masalah. Orang yang sedang stres biasanya memiliki self-efficacy yang lebih rendah.

    Olahraga rutin tidak hanya mampu meningkatkan daya tahan serta kemampuan tubuh dalam menghadapi tekanan, tetapi juga dapat meningkatkan self-efficacy seseorang.

    Saat memiliki self-efficacy yang tinggi, Anda akan lebih yakin dalam menghadapi masalah dan berusaha untuk mencari jalan keluarnya.

    Semua jenis olahraga sebenarnya efektif untuk menghilangkan stres asalkan Anda melakukannya secara rutin dan teratur. Untuk menyiasatinya, cobalah melakukan jenis olahraga yang Anda sukai.

    Namun, jangan sampai Anda berolahraga secara berlebihan karena hal ini malah akan berdampak negatif bagi tubuh. 

    Apabila stres yang Anda alami belum pulih sepenuhnya, konsultasikan dengan dokter atau psikolog untuk menentukan penanganan yang sesuai.

    Kesimpulan

    • Olahraga memiliki manfaat secara psikologis, termasuk dalam menghilangkan stres.
    • Aktivitas ini membantu tubuh merespons gejala stres dengan lebih baik, meningkatkan self-efficacy, dan menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh.
    • Beragam jenis olahraga penghilang stres yang bisa Anda lakukan yaitu jalan kaki, menari (dance), yoga, tai chi, dan olahraga rekreasi.
    • Apabila stres tidak berangsur membaik, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan tenaga profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    Disclaimer

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

    General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan