Infografik: Tuberkulosis (TBC) di Indonesia

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Tuberkulosis atau TBC di Indonesia adalah salah satu jenis penyakit infeksi yang menyerang banyak orang, bahkan sering kali berakhir dengan kematian. Sayangnya, kewaspadaan tentang penyakit ini masih minim.

Tak jarang penderita tidak menyadari bahwa dirinya mengidap TBC, sehingga ia tak melakukan tindakan penting untuk mencegah penularan bakteri tuberkulosis pada orang-orang di sekitarnya. Akibatnya, semakin banyak orang yang tertular TBC.

Apa itu TBC?

TBC atau tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut dapat ditularkan dari orang ke orang lewat udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, namun virus ini bisa juga menyebar ke bagian lain di tubuh, termasuk tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, hingga alat kelamin.

Jenis tuberkulosis yang paling sering diderita adalah infeksi TBC laten. Artinya, pasien memiliki bakteri TBC di dalam tubuhnya, namun bakteri tersebut dalam keadaan “tertidur” atau belum aktif secara klinis. Bakteri TBC akan aktif dan mulai menunjukkan gejala setelah beberapa minggu, bahkan beberapa tahun, tergantung kondisi kesehatan dan daya tahan pasien.

TBC di Indonesia

Di Indonesia, TBC adalah penyakit infeksi yang paling banyak berakhir dengan kematian. Simak informasi lainnya tentang TBC berikut ini:

tuberkulosis tbc di indonesia

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca